Tipe-Tipe Orang dalam Organisasi, Kamu yang Mana?

Tipe-Tipe Orang dalam Organisasi

Tipe-Tipe Orang dalam Organisasi, Kamu yang Mana?

Kalian tim organisasi apa tim rebahan, nih? Kalo tim organisasi pasti pernah nemuin orang dengan berbagai macam tipe, karakteristik, bahkan sifat yang enggak mungkin sama antara satu orang dengan orang lainnya. Artikel ini akan membahas tentang tipe-tipe orang yang sering ada dalam organisasi. Kalian sendiri masuk tipe yang mana ya kira-kira? Yuk baca artikelnya!

1. Tipe Orang yang Sangat Berambisi Menjadi Leader

Tipe pertama ini biasanya muncul bukan dari pemimpin dalam organisasi tersebut melainkan malah dari anggotanya. Pernah enggak sih kalian nemuin tipe yang satu ini? Hanya berstatus sebagai anggota biasa, tapi berlagak seperti leader gitu. Tapi bagi suatu tim atau organisasi yang memiliki orang dengan tipe kayak gini ternyata ada bagusnya juga loh. Pasalnya, berkat kehadiran orang seperti ini, suatu organisasi akan tetap semangat dan enggak akan keluar dari track.

Baca juga: Duka Abadi Mahasiswa Organisasi: Di-ghosting sampai Pontang-Panting Sendiri

2. Tipe Cinlok Saat Berorganisasi

Biasanya kebanyakan orang itu ikut berorganisasi dengan tujuan mencari relasi. Memang nyatanya dalam suatu organisasi enggak hanya terdiri dari satu dua orang saja, ada banyak orang, entah itu laki-laki maupun perempuan, yang tergabung dalam satu organisasi. Dalam sebuah organisasi, tentunya untuk dapat membentuk sebuah team work yang bagus harus ada komunikasi yang baik antara berbagai pihak. Dari sinilah gejolak asmara kadang mulai meronta-ronta. Benih-benih asmara yang mulai muncul itu biasanya akan ditindaklanjuti oleh kedua belah pihak. Sebab, kenapa tidak? Jika semesta saja sudah mendukung dengan cara mempertemukan mereka dengan cara yang tak terduga.

Tapi, yang bikin nyebelin itu ketika ngeliat mereka asik berdua-duaan di tengah gempuran tugas dan rapat. Serasa dunia milik berdua, bukannya fokus sama organisasi, malah sibuk ayang-ayangan sampai melupakan tugas yang seharusnya menjadi tanggung jawabnya.

Hayo, ada yang kayak gini enggak di organisasi? Atau sekarang baru nemu partner yang supportive?

3. Tipe Orang yang Diam-Diam Menghanyutkan

Tipe ketiga ini dikenal sebagai tipe orang yang pendiam, cuek, dingin, kayak enggak punya kontribusi besar buat timnya gitu. Tapi jangan salah, tipe yang satu ini justru tipe orang yang paling bisa diandelin, loh. Buktinya, coba minta ide atau pendapat dari dia, pasti tipe ini tiba-tiba bakal ngasih kejutan dengan menyumbangkan gagasan-gagasan atau ide-ide yang enggak pernah terpikirkan oleh anggota lain.

Baca juga: Alasan ‘Menjadi Fans Manchester United’ Harus Masuk dalam Syarat Organisasi Kampus

Memang, sebagian orang dengan tipe ini agak susah jika diminta untuk menyampaikan pendapatnya secara lisan di hadapan semua orang. Biasanya mereka harus disenggol dulu biar buka suara. Keuntungan memiliki anggota dengan tipe dalam gini dalam tim yaitu kita enggak bakal terlalu bingung saat tim kita butuh yang namanya tema. Pola pikir dia yang sangat mendalam akan menguntungkan bagi timnya.

4. Tipe Orang yang Arogan

Kalo tipe yang ini tipe paling ngeselin bin nyebelin, sih. Soalnya dia tu kayak paling berkuasa dan enggak jarang juga suka bertingkah laku sesuka hati. Punya anggota tim seperti ini memang akan menguji kesabaran banget saat ngadepin tingkah lakunya yang absurd dan maunya menang sendiri. Kalo kalian nemuin orang dengan tipe kayak gini dalam tim kalian, solusinya adalah coba lebih sering untuk berkomunikasi dengan dia secara baik-baik dari hati ke hati biar lebih bisa saling mengerti antara satu sama lain.

Baca juga: 4 Kelakuan Norak Mahasiswa Tua kepada Mahasiswa Baru

5. Tipe Penengah, Pengayom, dan Bijaksana

Adanya perbedaan pendapat dan pemikiran kayaknya menjadi suatu yang wajar ya dalam sebuah organisasi. Karena memang kenyataannya organisasi itu menggabungkan banyak pikiran, banyak kaki, banyak tangan, dan juga banyak mulut yang masing-masing punya keinginan tersendiri. Oleh karena itu, si tipe kelima ini jelas sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi.

Tipe yang ini emang cocok banget deh kalo diajak bahas-bahas tugas atau rapat. Soalnya, ketika suatu waktu terjadi pertengkaran, tipe ini biasanya akan menjadi pendingin di tengah situasi perdebatan yang mulai memanas. Dan memang tugas dari tipe ini adalah buat mendinginkan suasana dan menenangkan para anggotanya.

6. Tipe Orang yang Cuma Numpang Nama

Tipe ini adalah tipe orang yang paling ngeselin. Bukannya bantuin mikir atau apa kek, eh malah cuma nontonin anggota yang lain yang lagi sibuk ngerjain tugas. Dia kira temennya lagi main drama kali ya, makanya cuma diem aja sambil nonton. Paling nyebelin lagi sih kalo nanya pendapat ke dia, pasti yang keluar dari mulutnya cuma he’eh, iya, setuju, ngikut aja lah. Hadeh.. Orang diminta mengeluarkan suara malah cuma iya-iya aja.

Baca juga: Beorganisasi tapi Suka Ngrasani

Kalo dalam tim kamu ada tipe kayak gini mending segera buat keputusan mengenai peraturan, hak, dan kewajiban supaya organisasi bisa lebih jelas, terarah, dan mengalir dengan inovasi-inovasi baru yang sangat luar biasa dari para anggotanya.

Itulah gaes tipe-tipe orang yang sering banget ada dalam suatu organisasi. Udah bisa nyimpulin belum, kalian itu masuk tipe yang mana? Hihihi

Editor: Widya Kartikasari
Illustrator: Umi Kulzum Pratiwi Nora Putri

Mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan di salah satu Universitas Islam.

Artikel dari Penulis