Kapito.Id memuat tulisan-tulisan ringan yang dibuat dari hasil galau, merenung, mimpi basah dan lain-lain. Kapito.Id menerima tulisan untuk beberapa ragam rubrik, berikut:

Ndakik. Rubrik upaya telaah kehidupan anak muda dari sudut teori sok ndakik dan serius yang semoga tidak sampai membuat penulisnya njungkel.

Ngegas. Kelompok tulisan yang terdiri dari kritik satire, kritik langsung, maupun kritik malu-malu khas anak muda. Yang hobi baper skip aja Rubrik ini dah.

Nulis. Kumpulan tulisan yang berisi tentang serba-serbi dunia kepenulisan. Apakah itu tips, penjelasan tentang PUEBI, atau hal-hal lain yang masih berhubungan dengan dunia kepenulisan.

Peci. Kumpulan tulisan seputar agama yang tak dimaksudkan menyinggung siapapun, kalau ada yang tersinggung ya monmaap.

Sans. Rubrik berisi kegiatan harian anak muda. Bisa curahan cipta, rasa, maupun karsa akan aktivitas rutin yang disampaikan dengan bahasa yang sans saja.

Sosok. Kumpulan tulisan yang berisi tentang biografi tokoh. Bebas tokoh siapapun yang ingin dibahas.

__________________________

Berikut persyaratan yang perlu diperhatikan:

1. Kirim naskah tulisan kamu ke email editor@kapito.id dengan subjek email “Kirim Artikel Kapito“. Serta format pengiriman di badan email berisi: nama penulis dan judul tulisan. Kami yang akan menentukan rubrik tulisan.

2. Naskah dikirim dalam format .doc atau .docx dengan nama file nama_judul tulisan dan panjang tulisan 500 sampai 1000 kata.

3. Seluruh tulisan yang masuk merupakan hak milik kontributor. Untuk pengiriman tulisan pertama kali sertakan profil singkat, akun media sosial, deskripsi singkat diri, dan foto diri di bawah tulisan yang dikirim. (Contoh deskripsi singkat: Mahasiswa di salah satu universitas negeri di kota Surabaya, Prestasi dapat sampoo-an tanpa menutup mata).

4. Tidak ada honorarium bagi kontributor, sebab kami masih miskin, nanti kalau kami sudah kaya kami akan berikan. Maka dari itu tolong bantu kami menjadi kaya dengan mengirim naskah sebanyak-banyaknya.

5. Sebelum tulisan ditayangkan, editor berhak menyunting tulisan kontributor.

6. Dilarang mengirim satu tulisan dengan waktu bersamaan ke media lain dan dilarang juga mengirim tulisan yang sudah diterbitkan di media lain.

7. Jika selama sepekan tulisan belum ada kabar seperti si Do’i yang tak jelas kabarnya, maka penulis boleh menerbitkan atau mengirimkan tulisannya ke media lain.

8. Sebab seluruh proses redaksi Kapito.Id masih dilakukan secara manual, tulisan baru diterbitkan 3-5 minggu setelah konfirmasi terbit di email. Bagi yang ingin mengirim tulisan bersifat momentum noted miaow~

__________________________

Kriteria tulisan yang diharapkan:

1. Tulisan memiliki pokok bahasan yang jelas dan menarik.

2. Tulisan tidak menghina atau merendahkan martabat pihak tertentu.

3. Tulisan yang disertai data akan lebih keren.