Search
Close this search box.

5 Jenis Hobi yang Bisa Menghasilkan Cuan

5 Jenis Hobi yang Bisa Menghasilkan Cuan

5 Hobi yang Bisa Menghasilkan Cuan – Kalian kerap bingung karena tidak punya hobi? Eittss, tenang. Ini beberapa rekomendasi hobi yang bisa kalian pelajari dan tekuni mulai dari sekarang. Selain agar kalian punya sesuatu untuk mengisi waktu luang, beberapa rekomendasi hobi ini bisa menghasilkan cuan juga, loh. Lumayan ‘kan buat tambah-tambah beli jajan.

Hobi yang bisa menghasilkan cuan bukanlah hobi yang harus dilakukan dengan turun ke lapangan atau kerja fisik, seperti hobi memancing terus ikannya dijual. Bukan gitu, guys. Kamu pasti enggak mau panas-panasan, maunya rebahan, tetapi duit mengalir terus, ‘kan? Makanya, coba tekuni salah satu hobi rekomendasi berikut agar Kamu bisa dapat cuan dari hobi sambil rebahan.

5 Hobi yang Bisa Menghasilkan Cuan

1. Fotografi 

Kalau kalian melihat teman yang hobinya cekrak-cekrek, enggak usah diledekin. Justru dari kebiasaannya yang cuma jepret gambar itu bisa menghasilkan cuan, terlebih ketika hasil jepretannya itu sudah kayak fotografer handal, sekalinya di-upload di platform tertentu, pasti dompet autotebal. Makanya, mulai berlatih, deh, jadi fotografer. Mulai dari belajar pegang kamera, lanjut foto hal-hal di sekelilingmu, hingga jangan lupa cari angle atau sudut yang bagus belajar belajar fitur-fitur kamera, seperti ISO, S, F, dan sebagainya biar hasilnya makin ciamik. 

Kalau sudah bisa memotret dengan bagus, lanjut posting di media sosial biar semua orang tau kalau kamu bisa memotret dengan hasil yang bagus. Jangan lupa juga gunakan hashtag yang populer dan sesuai dengan karyamu supaya yang melihat lebih banyak. Siapa tau begitu mem-posting, langsung ada calling-an buat sewa jasa foto kamu. Atau kalau enggak, coba aja jual jepretanmu itu ke platform tertentu.

2. Videografi

Videografi ini perlu skill tingkat dewa, lo, guys. Jadi, hobi ini perlu kreativitas kalian sendiri ya, bukan cuma menggunakan template-template yang tinggal memasukkan foto atau video terus langsung jadi. Kalau caranya kayak gitu sih semua orang juga bisa melakukan sendiri tanpa harus membayar kamu.

Yang dimaksud videografi di sini itu ketika kamu menghasilkan konten berupa video hasil kreatifitas kamu sendiri. Entah itu video hasil rekaman dari kameramu sendiri atau video dari berbagai sumber terus kamu potong-potong dan dijadikan satu terus ditambah dengan backsound, apalagi kalau transisi antara video sama musiknya itu nyambung pasti bakal dapat banyak like

Kalau kalian mau belajar skill videografi sih sebenarnya gampang, coba aja merekam video kegiatan sehari-harimu mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi. Enggak perlu panjang-panjang durasinya. Selain agar mempercepat proses import file ke aplikasi, juga agar tidak memakan ruang penyimpanan. Setelah itu, coba edit dengan memakai lagu yang sedang viral agar bisa fyp, ehe. Kalau sudah, ya tinggal posting aja. Masalah bagus enggaknya biar netizen yang menilai, kita cukup berkarya aja buat mengembangkan diri dan kantong. 

3. Memasak

Jangan hobi makan aja dong. Soalnya, makan itu ngabisin duit. Kalau mau makan dan dapat duit, ya masak, lah. Selain menyenangkan, memasak juga bisa menghemat pengeluaran untuk makan. 

Kalau kamu hobi masak, kamu bisa dapat cuan dari dua arah, nih. Pertama, kamu menjual hasil masakan kamu, entah itu ke tetangga, temen, titip di warung, ataupun di jual secara online. Kedua, konten video memasak. Kalau lagi masak jangan lupa sambil ngonten, guy. Siapa tau nanti bakal ada banyak orang yang merasa terbantu dengan resep masakanmu dan mereka mau memberikan like dan juga subscribe.

4. Menggambar atau membuat karya seni

Yang suka corat-coret di buku, mulai diarahkan deh itu coretannya. Coba cari referensi gambar di internet, entah K-Pop, One Piece, atau apa saja yang penting belajar menggambar karakter atau objek yang jelas. Entah itu kertas sama pensil, kanvas dan cat, atau dengan aplikasi. Semua sama-sama butuh skill dan sama-sama kerennya, guys.

Karya seni yang mempunyai ciri khas tersendiri, unik, dan menarik biasanya akan jauh lebih mudah dilirik orang. Karena dia artinya orangnya konsisten dan bisa menciptakan dunianya sendiri. Plagiat dalam berkarya juga dilarang loh guys. Makanya, kalau kamu sudah bisa teknik-teknik menggambar yang bagus, jangan lupa untuk mencari ciri khas dari hasil karyamu.

5. Menulis atau mengarang sesuatu

Meski sebagian orang masih memandang rendah akan hal ini, tetapi percayalah, di luaran sana banyak pekerjaan menjanjikan yang memerlukan skill ini. Mulai dari content writer, jurnalis, novelis, blogger, dan lain-lain. Kalau kamu ingin mendapat cuan dari menulis, coba submit hasil tulisanmu ke media-media online yang memberikan honorarium bagi penulisnya. Keuntungan punya hobi dan skill menulis itu selain mendapat cuan, namamu juga akan diketahui oleh banyak orang. Nah, Kamu tertarik untuk menekuni hobi yang mana, nih? Keren-keren semua ‘kan rekomendasinya. Kalau sudah punya salah satu hobi di atas, jangan lupa untuk terus diasah ya agar menjadi skill tersendiri buat dirimu sendiri dan menghasilkan cuan juga.

Editor: Widya Kartikasari
Visual Designer: Al Afghani

Bagikan di:
Mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan di salah satu Universitas Islam.

Artikel dari Penulis