5 Manfaat Wisuda bagi Mahasiswa

5 Manfaat Wisuda bagi Mahasiswa

5 Manfaat Wisuda bagi Mahasiswa – Pada umumnya bagi setiap pembelajar, kelulusan adalah momen paling bersejarah dalam hidupnya, terlebih lagi bagi para mahasiswa. Bagi mahasiswa, wisuda merupakan proses berakhirnya masa studi yang ditempuh setelah berjuang dalam menyelesaikan skripsinya. Ini juga merupakan momen peresmian gelar akademik yang selama ini dinanti-nantikan dan dikejar kurang lebih empat tahun belakangan. 

Prosesi wisuda tentunya memberikan kesan yang berbeda-beda bagi setiap wisudawan. Selain merupakan hari perayaan atas gelar akademik yang telah diraih, hari wisuda juga menjadi momen terakhir berkumpul bersama teman-teman seperjuangan. Wisuda juga menjadi salah satu bukti bahwasannya kita telah berhasil melewati proses studi yang cukup panjang dan terbilang tidak mudah. 

Nah, berbicara tentang wisuda, kali ini kita akan bahas tentang hal-hal menarik dari efek samping wisuda bagi mahasiswa. Kira-kira apa saja ya manfaat dari wisuda? Yuk, simak ulasan berikut ini!

5 Manfaat Wisuda bagi Mahasiswa

1. Menyebabkan Perasaan Bahagia

Tak dapat dipungkiri lagi, wisuda sudah pasti membuat pelakunya merasa sangat bahagia. Sebab, selain menjadi bukti dari keberhasilannya dalam menyelesaikan studi, juga terdapat kepuasan sendiri di dalam hati karena telah berhasil meraih gelar akademik yang selama ini dikejar.

So, tunggu apalagi, percepatlah dalam menyelesaikan kuliahmu agar gelar sarjana yang kamu impikan selama ini dapat segera terwujud. Selain itu juga agar kalian bisa mendapat perasaan bahagia atas wisuda yang telah dilaksanakan.

Baca juga: Serius Mau Lulus Kuliah Telat? Pertimbangkan Lagi!

2. Terbebas dari Beban Skripsi

Tugas kuliah yang paling berat, paling menjadi beban, dan paling dikeluhkan oleh sebagian mahasiswa adalah menyelesaikan tugas akhir atau yang biasa kita kenal dengan skripsi. Skripsi memang menjadi tugas yang sangat sulit, karena ini akan menjadi syarat bagi para mahasiswa untuk memperoleh gelar akademiknya. Bagi kamu yang telah berhasil melewati tahap ini, pasti pikiran kamu akan jadi lebih tenang dan lebih plong, karena akhirnya kamu terbebas dari beban yang begitu berat selama menjadi mahasiswa.

Jika kalian ingin segera terbebas dan terhindar dari beban yang begitu berat ini segera selesaikan skripsimu, jangan ditunda-tunda lagi ya gaes.

Baca juga: 4 Tips untuk Mahasiswa Agar Cepat Rampung Skripsi

3. Biaya Kuliah Hilang

Bisa merasakan duduk di bangku perkuliahan merupakan suatu kesempatan besar dalam hidup. Nyatanya, banyak orang yang ingin kuliah namun tak bisa merealisasikannya. Salah satu alasan terbesar mereka adalah biaya. Dan sudah menjadi rahasia umum kalau biaya kuliah itu tidak sedikit. Nah, bagi kamu-kamu yang sudah wisuda pasti rasanya enteng banget kan? Karena enggak perlu pusing-pusing lagi masalah UKT.

Terlebih lagi bagi mahasiswa yang masih mengandalkan uang orang tua selama kuliah, pasti rasanya enggak enak banget kan menjadi beban buat mereka. Jadi, segera tinggalkan beban yang ada dengan lulus secepatnya.

4. Membuat Orang Tua Tersenyum Bangga

Selain wisuda dapat memberikan efek bahagia bagi pelakunya, ternyata juga memberikan efek bahagia untuk teman-teman dan keluarga. Terlebih untuk kedua orang tua, mereka akan merasakan kebahagiaan dan bangga atas pencapaianmu. Tak jarang juga para orang tua biasanya sampai meneteskan air mata saat menyaksikan prosesi penyerahan ijazah dari rektor atau jajaran dosen kepada anaknya. Hal tersebut menjadi salah satu tanda bahwa mereka sangat gembira dan bangga atas pencapaian anaknya.

Maka dari itu, jika kamu ingin membuat orang tuamu bangga, jangan pernah putus semangat dalam mengejar gelar sarjanamu. Karena, bagi sebagian orang tua, melihat anaknya wisuda dan meraih gelar sarjananya adalah impian terbesar dalam hidupnya yang tidak semua orang dapat menempuhnya. Kamu yang telah menyandang gelar mahasiswa, bersyukurlah, karena mereka mau memberikan support sampai kamu berada di titik yang membanggakan tersebut.

Baca juga: Curhatan Seorang Gapyear Alias si Pengangguran dan Tips Melaluinya

5. Pacar juga Bahagia (Buat yang Punya)

Salah satu momen yang enggak bisa dilupakan selama kuliah adalah lulus dari perguruan tinggi tersebut atau dikenal dengan wisuda. Bagi para wisudawan/i yang telah memiliki pasangan hidup, melihat pasangannya telah berhasil mendapatkan gelar sarjana atau magister tentu menjadi suatu hal yang paling membahagiakan. Kebahagiaan lulus dari perguruan tinggi saat wisuda, rasanya akan lebih lengkap jika ditemani oleh orang-orang terkasih, termasuk si pacar, ya kan? Hehe.

Support yang selama ini didapat dari orang-orang terdekat termasuk pasangan tentu menjadi booster tersendiri bagi kita selama menjalani proses pendidikan. Oleh karena itu, bukan cuma kamu dan keluarga aja yang bangga atas kelulusanmu, sang kekasih pun juga pasti akan ikut senang dan bangga menyaksikan kamu memakai toga saat hari wisudamu. 

Menyandang gelar sebagai sarjana atau magister adalah impian yang luar biasa, namun sayangnya banyak yang tak seberuntung kamu, yang bisa menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi. Oleh karena itu, para lulusan setingkat perguruan tinggi sampai detik ini oleh sebagian orang masih dianggap sebagai salah satu pencapaian terbaik dalam hidup, sebab ternyata tak semua orang dapat menempuhnya.

Momen finish dari segala perjuangan mahasiswa selama kuliah adalah wisuda. Kebahagiaan akan wisuda ini bukan hanya kamu saja yang merasakannya, melainkan teman-teman, keluarga, terlebih orang tua, dan pacar (bagi yang punya) juga pasti akan ikut merasakan bahagia dan gembira. 

Jadi, kita pun harus bangga dengan pencapaian itu, karena tidak semua orang seberuntung kita, bisa menikmati peran menjadi seorang mahasiswa dan sarjana.

Editor: Firmansah Surya Khoir
Visual Designer: Al Afghani

Bagikan di:
Mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan di salah satu Universitas Islam.

Artikel dari Penulis