Menakar Peluang 4 Karakter dari Serial Naruto pada Ajang Pemilihan Presiden (Pilpres)

Menakar Peluang 4 Karakter

Menakar Peluang 4 Karakter dari Serial Naruto pada Ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) – Alkisah, ada sebuah negara yang akan menyelenggarakan semacam pemilihan umum (pemilu). Hajatan bernuansa politik tersebut bertujuan untuk memilih presiden yang telah habis masa jabatannya. Beliau tidak dapat mencalonkan dirinya kembali karena telah menjadi presiden sebanyak dua periode.

Agar pemerintahan tetap berjalan sebagaimana mestinya, tentu dibutuhkan sosok presiden yang benar-benar baru. Nantinya, dia harus membawa negara ke arah yang lebih baik. Jika tidak, minimal presiden tersebut bisa menjaga stabilitas di dalam negara.

Setelah melalui blusukan alias survei ke berbagai penjuru yang tidak terduga, saya menemukan beberapa nama yang menarik untuk didaulat sebagai calon presiden (capres). Nama-nama tersebut berasal dari beberapa desa ninja. Berikut empat nama yang saya rasa cocok untuk menjadi presiden berikutnya:

Naruto Uzumaki

Di era kiwari ini, Naruto sedang mengemban jabatan sebagai pemimpin alias Hokage di sebuah desa yang bernama Konohagakure. Dibandingkan dengan nama-nama lainnya, dia adalah sosok yang paling berpeluang untuk menjadi presiden. 

Dia sendiri memiliki satu jurus yang sangat berguna untuk modal pilpres nanti, yakni Talk no Jutsu. Jurus tersebut mampu mengubah hati dan perasaan lawan bicaranya. Mulai dari Zabuza, Neji, Gaara, hingga gelombang demonstrasi perusahaan Kaminarimon sudah merasakan dahsyatnya jurus tersebut

Talk no Jutsu tentu akan sangat berguna ketika Naruto akan berkampanye nanti. Dia berpotensi untuk mendapatkan banyak pemilih hanya melalui lantunan kata-katanya. Meskipun demikian, dirinya tetap perlu mewaspadai manuver dari lawan-lawannya.

Baca juga: Empat Himah dari Anime Boruto: Naruto Next Generation Episode Matinya Kurama

Shikamaru Nara

Shikamaru adalah “dark horse” alias kuda hitam di dalam bursa calon presiden ini. Untuk sekarang, ia sedang mengemban jabatan sebagai penasihat dari Hokage ketujuh, Naruto Uzumaki. Setidaknya ada dua keunggulan yang ditawarkan oleh ayah dari Shikadai tersebut.

Keunggulan pertama dan yang paling pasti dimiliki oleh Shikamaru adalah kemampuan taktikal dan analisisnya. Dengan tingkat intelegensi (IQ) yang mencapai 200, ia mampu menyusun strategi di berbagai situasi. Termasuk di dalam kondisi genting seperti di medan pertarungan.

Kemampuan tersebut tentu akan sangat berharga dan berguna bila digunakan di tingkat nasional. Dia bisa menawarkan berbagai solusi terhadap berbagai permasalahan yang menimpa negara. Termasuk di dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang tengah merajalela seperti sekarang.

Di samping itu, keunggulan lain yang dimiliki oleh Shikamaru adalah pengalaman memimpinnya. Dia pernah pernah ditugaskan untuk menjadi ketua dari tim pencarian Sasuke Uchiha. Lalu di Perang Dunia Shinobi keempat, Shikamaru berhasil membimbing dan meyakinkan rekan-rekannya di tim 10.

Gaara

Sosok Kazekage kelima ini tak bisa dikesampingkan begitu saja untuk menjadi capres. Gaara sudah memimpin desa ninja sebesar Sunagakure sejak ia masih remaja hingga Boruto eksis. Jika diperkirakan dan dikalkulasikan, dia sudah menjadi Kazekage selama kurang lebih 18 tahun lamanya.

Dari segi kepribadian, Gaara memiliki kemiripan dengan Naruto. Bahkan ia sendiri sedikit mampu menguasai Talk no Jutsu milik Naruto. Pada Perang Dunia Shinobi keempat, jurus tersebut digunakannya untuk menghilangkan tensi perselisihan antara ninja dari desa Iwagakure dan Sunagakure.

Perpaduan pengalaman serta kepribadiannya tersebut membuat Gaara terasa sebagai pesaing terkuat dari Naruto Uzumaki di dalam ajang pilpres nanti. Terlebih dia sendiri memiliki kemampuan analisis yang begitu bagus. Dengan demikian, Gaara bisa menarik hati masyarakat sewaktu masa kampanye nanti. 

Kakashi Hatake

Kakashi adalah Hokage keenam yang pernah menjabat di desa Konohagakure. Dia sendiri memerintah selama kurang lebih 10 hingga 12 tahun. Lama jabatan tersebut tentu bisa membuatnya lebih siap apabila dirinya nanti terpilih menjadi presiden. 

Sama seperti Gaara dan Shikamaru, Kakashi memiliki kemampuan analisis yang terbilang baik. Dia tidak akan memutuskan sesuatu dengan tergesa-gesa. Semua dilakukan berdasarkan pertimbangan logika dan juga perasaan yang matang.

Di bidang militer, Kakashi memiliki pengalaman yang begitu segudang. Dia pernah menjadi kapten dari organisasi Anbu dan juga komandan dari divisi ketiga pasukan aliansi ninja di Perang Dunia Shinobi keempat. Dengan demikian, Kakashi bisa menawarkan keamanan bagi rakyatnya. 

Well, saya sendiri tidak memasukkan karakter populer seperti Sasuke Uchiha. Meskipun tangguh dan punya kepribadian yang kuat, dia kurang begitu cocok jika diberi jabatan sebagai pemimpin di suatu wilayah. Pasalnya, Sasuke lebih senang bekerja di balik layar.

Meskipun demikian, Sasuke sangat layak bila diberi jabatan sebagai wakil presiden (wapres). Oleh karena itu, dia bisa mencalonkan dirinya sebagai wapres. Kalau tidak, ya minimal Sasuke bisa didapuk sebagai komisaris di suatu perusahaan. Hehehe.

Editor: Firmansah Surya Khoir
Designer: Design by Ghani

Saya adalah seorang penulis pemula sekaligus pelukis amatir.

Artikel dari Penulis