Drama Korea tentang Kesehatan Mental, Wajib Nonton!

Drama Korea tentang Kesehatan Mental

Drama Korea tentang Kesehatan Mental, Wajib Nonton!

Tidak melulu soal cinta-cintaan, drama Korea tidak pernah main-main dalam menunjukkan kualitasnya, terutama tentang ide cerita. Hampir semua ragam genre dan jalan cerita dapat kita temukan di drama Korea. Mulai dari cerita tentang kerajaan, anak sekolah, detektif, thriller, kedokteran, musik, hingga tema yang saat ini sedang banyak dibicarakan banyak orang: kesehatan mental.

Berikut beberapa judul drama Korea yang mengangkat tema kesehatan mental yang wajib kalian tonton.

It’s Okay to Not Be Okay

Drama yang dibintangi oleh Kim Soo-hyun dan Seo Yo-ji ini relatif sama seperti drama korea pada umumnya yang selalu mengangkat cerita cinta. Selain itu, drama ini juga mengangkat tema tentang kesehatan mental. Seperti pada tajuknya, It’s Okay to Not Be Okay, K-Drama satu ini secara garis besar membawa pesan untuk lebih bisa menerima diri apa adanya.

Drama romantis antara Moon Gang Tae (diperankan Kim Soo-hyun) dan Ko Moon Young (diperankan Seo Yo-ji) ini bercerita tentang dua karakter yang berbeda. Moon Gang Tae adalah seorang pekerja kesehatan komunitas di bangsal psikiatri yang berkepribadian sabar, mampu berempati dengan orang lain, dan mampu bereaksi dengan cepat. Sayangnya, ia tak memiliki waktu untuk menjalin hubungan romantis. Sementara Ko Moon Young merupakan seorang penulis sastra anak populer yang menderita gangguan kepribadian anti sosial, tampak egois, kasar, arogan, serta tidak pernah tahu rasanya cinta.

Baca juga: Awal Semula Kegemaranku Nonton K-Series

Kemudian ketika keduanya saling bertemu, Moon Gang Tae mulai menyadari akan hadirnya rasa cinta kepada Ko Moon Young. Namun, ia menyangkal rasa itu. Sedangkan Ko Moon Yong tidak menyadari rasa cinta yang mulai hadir itu. Pada akhirnya, keduanya saling jatuh cinta serta saling mendukung satu sama lain untuk menyembuhkan luka emosional masing-masing.

Banyak pelajaran hidup yang dapat kita petik setelah menyaksiran drama ini. Salah satunya yaitu, memaafkan dan mengakui kesalahan supaya hidup kita lebih enjoy tanpa adanya beban. Ada pula pelajaran untuk melatih emosi, serta yang paling besar, drama ini mengandung pesan: memiliki kekurangan, bersedih itu tidak apa-apa.

“Ketika merasa lelah, istirahatlah. Ketika bersedih, menangislah. Tidak apa-apa untuk rehat sejenak”.

(Direktur Rumah Sakit Jiwa OK, Oh Ji-wang)

Drakor It’s Okay to Not Be Okay dapat ditonton melalui platform Netflix.

Kill Me Heal Me

Kill Me Heal Me merupakan drama korea yang mengisahkan tentang kehidupan Cha Do Hyun (Ji Sung) yang terdiagnosis salah satu penyakit kejiwaan, yaitu D.I.D (Dissociative Identity Disorder) atau gangguan kepribadian ganda karena kejadian traumatis di masa lalu. Cha Do Hyun ini berusaha menyembuhkan penyakit traumatisnya dengan mencari dokter psikiatri. Akhirnya ia bertemu dengan seorang perempuan bernama Oh Ri Jin (Hwan Jung Eum) yang merupakan seorang dokter kejiwaan. Bersama dengan pasiennya itu, Ri Jin mempelajari setiap kepribadian Do Hyun sambil berusaha untuk memecahkan misteri atas sebab traumatis yang ia derita.

Seiring berjalannya waktu, lama kelamaan mereka berdua saling jatuh cinta. Namun, Do Hyun yang memiliki kepribadian ganda ini secara drastis berubah menjadi Shin Se Gi, perangainya berubah menjadi seorang yang berkepribadian mudah marah dan memberontak. Singkat cerita, akhirnya mereka memiliki hubungan cinta segitiga dengan seseorang yang salah satunya memiliki kepribadian ganda tersebut.

Baca juga: Nonton Film: Self Healing Mandiri dengan Cara Paling Asik

Pelajaran yang dapat kita ambil dari seorang Do Hyun yang tengah berjuang menghadapi penyakitnya ini adalah belajar untuk berbuat baik kepada orang lain. Sebab, segala apa yang kita lakukan maupun kita ucapkan dapat berdampak buruk bagi orang lain. Selain itu, drama ini juga memberi pesan bahwa kita harus memberikan dukungan dan perhatian terhadap seseorang yang terdiagnosa penyakit mental. Jangan malah menghakimi mereka. Karena penyakit mental itu sama pentingnya dengan penyakit fisik yang harus segera disembuhkan. Jadi, jangan ragu untuk membawa penderita atau menghubungi profesional jika mereka membutuhkannya.

Drakor Kill Me Heal Me dapat ditonton melalui platform Rakuten Viki

Good Doctor

Drakor Good Doctor ini wajib banget kamu tonton. Pasalnya, Good Doctor adalah drama korea tentang kesehatan mental dan mendapat penghargaan sebagai drama terbaik dari BaekSang Arts Awards 2014, salah satu ajang penghargaan tertinggi di Korsel.

Drama ini menceritakan seorang pria muda bernama Park Shi On (Jo Woon) yang merupakan seorang sarjana dengan autisme dan savant syndrome atau cacat perkembangan. Namun, ia adalah seorang yang cerdas meskipun autismenya menjadikan ia memiliki kapasitas mental seperti anak usia 10 tahun. Buktinya, ia mampu lulus dari sekolah kedokteran dengan keterampilan medis yang luar biasa. Kecerdasannya itu menjadikan Shi On diangkat menjadi seorang ahli bedah anak.

Shi On kecil hidup dalam kesepian, savant syndrome yang diidapnya membuat anak-anak lain tidak mau berteman dengannya. Kesendirian Shi On semakin menjadi kelam karena ayahnya sendiri suka main tangan. Beruntungnya, Shi On memiliki kakak laki-laki yang selalu berusaha membuat Shi On bahagia dan selalu melindunginya. bahkan, kakaknya membuat perjanjian bersama dengan teman-teman sebaya Shi On agar mereka mau bermain bersama adiknya itu.

Baca juga: Lima Tips agar Self Healing dengan Menulis Semakin Efektif

Singkat cerita, mereka pun akhirnya bermain bersama di dalam sebuah tambang. Namun, nahasnya tambang itu tanpa secara sengaja runtuh. Shi On menjadi satu-satunya korban yang selamat dan dapat keluar dari tambang hidup-hidup. Dokter Choi Woo Seok (Cheon Ho Jin), yang merupakan bagian dari tim penyelamat yang di kirim ke dalam tambang, menyadari bahwa Shi On adalah anak yang istimewa. Dan dokter Choi jugalah yang pada akhirnya berhasil membuat Shi On menjadi dokter bedah.

Hal yang harus kita contoh dari karakter Shi On dalam drama ini adalah sikap pantang menyerah dan selalu berusaha untuk membuktikan ia adalah seorang dokter yang kompeten, meskipun menderita autis.Itulah beberapa rekomendasi drakor tentang kesehatan mental yang wajib kalian tonton, supaya kita lebih bisa berempati lagi terhadap orang-orang penderita gangguan jiwa. Ingat! Jangan pernah menghakimi mereka, sebab sebetulnya hanya support dari kitalah yang mereka butuhkan untuk dapat memulihkan penyakit yang dideritanya itu.

Drakor Good Doctor dapat ditonton melalui platform VIU

Editor: Widya Kartikasari
Illustrator: Natasha Evelyne Samuel

Mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan di salah satu Universitas Islam.

Artikel dari Penulis