Lima Tips agar Self Healing dengan Menulis Semakin Efektif

Lima Tips agar Self Healing

Lima Tips agar Self Healing dengan Menulis Semakin Efektif – Hari ini, menulis bagi kamu pegiat dan pecinta literasi, bisa saja menjadi salah satu bentuk self healing. Akan tetapi, apakah menulis benar-benar efektif dalam upaya self healing?

Barangkali itulah alasan kamu tertarik untuk mengetahui tips agar self healing dengan menulis semakin efektif ini.

Kabar baiknya, kamu sudah berada di artikel yang tepat! Karena di sini kita akan mengupas tuntas 5 tips untuk memaksimalkan keefektifan self healing dengan menulis. Yuk, simak!!

1. Kesadaran dan niatkan untuk self healing dalam kegiatan menulismu.

Hal penting dari kegiatan menulis yang dilakukan dengan tujuan self healing ialah bagaimana cara tepat untuk mengekspresikan perasaanmu dengan baik. Oleh karena itu, perlu kesadaran dan niat kuat untuk self healing dalam tulisanmu. Jika tidak, kamu mungkin akan kebingungan dan tidak fokus pada tujuan utamamu dalam menulis.

2. Menulis secara jujur dan apa adanya di buku harian pribadimu.

Salah satu tujuan self healing ialah untuk membantu melepaskan diri dari beban-beban pikiran atau perasaan yang kerap kali mengganggu pikiran di dalam batok kepala. Hal ini diharapkan bisa memunculkan rasa kelegaan yang dapat mengurangi berbagai beban hidup yang dirasakan.

Untuk mencapai tujuan penting self healing ini, kamu juga harus bersikap jujur dan apa adanya melalui torehan tulisan yang kamu buat di buku harian pribadimu.

Baca juga: Nonton Film: Self Healing Mandiri dengan Cara Paling Asik

3. Sebaiknya lakukan self healing dengan menulis secara manual.

Saat kamu menulis secara manual, kamu akan lebih ekspresif menuliskan kata-kata atau kalimat. Tulisan yang kamu buat dari hasil ketikan akan cenderung kaku dan kurang ekspresif. Untuk lebih jelasnya, mungkin kamu bisa praktikkan sendiri dan rasakan perbedaannya.

4. Miliki buku harian atau jurnal pribadi yang dikhususkan untuk self healing.

Jika kamu berusaha untuk self healing dengan cara menulis, salah satu hal utama yang perlu kamu persiapkan ialah buku harian atau jurnal pribadi. Ingatlah untuk memiliki buku harian atau jurnal pribadi untuk self healing. Jangan campur aduk dengan tulisan yang digunakan untuk tujuan lain, misalnya untuk belajar atau keperluan bekerja.

5. Jangan lupa cantumkan tanggal dan waktu setiap kali kamu menulis di buku harianmu.

Hal penting lain yang perlu diingat ialah selalu mencatat waktu dan tanggal saat kamu menulis di buku harian. Ini juga tips penting yang diharapkan bisa membantu self healing agar semakin efektif dan bermanfaat. Kelihatannya memang sepele ya, tetapi dengan menuliskan tanggal dan waktu, kamu dapat memahami bagaimana perkembangan self healing tersebut dari waktu ke waktu.Menulis merupakan salah satu jalan self healing bagi segelintir orang. Melalui torehan tulisan, seseorang bisa mencurahkan segenap perasaannya. Menulis bisa membuat seseorang biasanya menjadi lebih baik setelah menulis dan menuangkan segala perasaan yang ada dalam bait-bait aksara di dalam buku harian dan jurnal pribadi self healing yang dimilikinya.

Editor: Widya Kartikasari
Illustrator: Salman Al Farisi

Gadis kelahiran Jakarta, 14 Oktober 1999, telah menempuh pendidikan tinggi di salah satu perguruan tinggi swasta Universitas Mpu Tantular Jakarta, Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi dengan Konsentrasi Perpajakan. Gadis ini telah menyandang gelar Sarjana Ekonomi tahun 2021.

Artikel dari Penulis