Beberapa Istilah dalam Dunia Perkuliahan, CAMABA Harus Tahu!

Istilah dalam Dunia Perkuliahan

Beberapa Istilah dalam Dunia Perkuliahan, CAMABA Harus Tahu!

Sebelumnya, saya ucapkan selamat buat kalian yang kemarin lolos seleksi masuk ke perguruan tinggi, baik jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Dan buat yang belum lolos, tetap semangat dan jangan putus asa, ya! Kalian masih punya kesempatan di jalur mandiri. Saya doakan kalian bisa masuk di kampus pilihan, amiiin.

Di awal-awal masa perkuliahan, saya yakin  kalian pasti akan mengalami culture shock, karena kehidupan perkuliahan dan sekolah sangat berbeda. Mulai dari sistem perkuliahan, dinamika organisasi, bahkan dalam percakapan dengan kakak tingkat pun kalian akan mendengarkan istilah-istilah yang masih asing terdengar di telinga kalian.

Untuk itulah, sebagai, ehm, senior atau kating di dunia perkuliahan, saya akan beberkan beberapa istilah yang biasa kita gunakan dalam dunia perkuliahan yang spesial saya tulis buat para camaba (calon mahasiswa baru). Agar kalian bisa lebih mudah memahaminya, saya telah menyusunnya urut secara alfabetis. Yuk simak uraian berikut!

1. DPA

DPA adalah singkatan dari Dosen Pembimbing Akademik. DPA merupakan sebutan untuk dosen yang ditugaskan untuk memberikan pertimbangan, petunjuk, dan persetujuan kepada mahasiswa bimbingannya dalam menentukan mata kuliah dalam rencana studinya, jumlah SKS yang akan diambil, ujian, dan skripsi tugas akhir.

2. DO

DO adalah singkatan dari Drop Out. Drop Out berarti dikeluarkannya mahasiswa dari kampus karena beberapa alasan, seperti membuat masalah yang berkaitan dengan kriminalitas, tidak membayar UKT, IPK minim terus, dan lain-lain.

3. HMJ atau HMPS

HMJ adalah singkatan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan, dan HMPS adalah singkatan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi. Ada juga yang menyebut Hima Prodi, yaitu organisasi kemahasiswaan di tingkat program studi atau jurusan yang menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler bersifat penalaran dan keilmuan. Organisasi ini merupakan unit terkecil dari organisasi yang ada di kampus. sama seperti OSIS (di SMA), tetapi anggotanya hanya mahasiswa dari jurusan yang sama.

Baca juga: Alasan ‘Menjadi Fans Manchester United’ Harus Masuk dalam Syarat Organisasi Kampus

4. IP

IP adalah singkatan dari Indeks Prestasi, yaitu nilai semua mata kuliah per semester.

5. IPK

Sedangkan IPK adalah singkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif. IPK merupakan akumulasi akhir dari seluruh IP yang didapat mahasiswa dari semester awal hingga akhir.

Jadi, perbedaan yang mencolok antara IP dan IPK adalah IPK menggambarkan hasil belajar selama masa perkuliahan. Sementara IP cuma menggambarkan hasil satu semester saja.

6. Kating

Kating adalah singkatan dari Kakak Tingkat. Kating merupakan kakak kelas kalian yang ada di lingkungan kampus, baik itu kakak tingkat di lingkup jurusan atau prodi, fakultas, maupun universitas. Yang akan meng-ospek kalian di awal masuk dunia kampus juga tidak lain tidak bukan adalah para kating ini.

Baca juga: 4 Kelakuan Norak Mahasiswa Tua kepada Mahasiswa Baru

7. Kaprodi

Kaprodi adalah singkatan dari Ketua Program Studi, pimpinan paling tinggi dalam struktur program studi.

8. KHS

KHS atau Kartu Hasil Studi merupakan daftar yang memuat nilai-nilai setiap mata kuliah yang diperoleh pada semester sebelumnya.

9. NIM

NIM (Nomor Induk Mahasiswa) merupakan nomor identitas mahasiswa selama masa studinya berlangsung. Nomor yang akan menjadi id kalian di kampus. Hafalkan ya, karena akan banyak membantu kalau hafal NIM. Misalnya, password wifi kampus.

10. IRS

IRS adalah singkatan dari Isian Rencana Studi yang juga disebut dengan KRS (Kartu Rencana Studi). Isinya adalah daftar mata kuliah yang akan diambil mahasiswa di semester yang akan datang. Di dalam kartu ini akan terdapat nama mata kuliah, jumlah SKS, dan nama dosen pengajar.

11. Ormawa

Ormawa atau Organisasi Mahasiswa adalah organisasi yang lebih condong ke kegiatan sosial dan juga tak lepas dari politik. Beberapa Ormawa diantaranya adalah BEM, BEM F, dan HMPS.

Baca juga: Tipe-Tipe Orang dalam Organisasi, Kamu yang Mana?

12. PBAK

Singkatan dari Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan ini merupakan kegiatan untuk memperkenalkan tentang dunia perkuliahan yang akan dijalani oleh para mahasiswa baru. PBAK ini bersifat wajib di setiap universitas, karena sertifikat PBAK digunakan sebagai salah satu syarat bisa mengikuti wisuda sarjana, bergabung dengan organisasi mahasiswa, dan pengajuan beasiswa di kampus. Jadi, maba yang enggak dapat sertifikat PBAK harus mengulang PBAK bersama adik tingkat tahun depannya.

13. PJ Matkul

Singkatan dari Penanggung Jawab Mata Kuliah ini juga bisa disebut koordinator mata kuliah yang tugasnya menginformasikan segala hal terkait suatu mata kuliah yang dikoordinatorinya. 

14. Sempro

Sempro atau Seminar Proposal merupakan penyampaian rencana penelitian untuk tugas akhir mahasiswa yang terdiri dari bab 1 sampai bab 3 yang dipresentasikan di depan dosen pembimbing, penguji, dan beberapa mahasiswa. Umumnya, sempro dilakukan di semester 7 atau paling cepat akhir semester 6.

15. SKS

Singkatan dari Satuan Kredit Semester ini merupakan beban studi di setiap mata kuliah atau bisa juga dibilang durasi kegiatan belajar mengajar setiap mata kuliah. Rata-rata mata kuliah memiliki 2 atau 3 SKS. Sangat jarang menemui mata kuliah dengan 1 SKS. 1 SKS sama dengan 50 menit.

16. UKM

UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa adalah organisasi kemahasiswaan yang lebih fokus pada pengembangan bakat, minat, dan keahlian tertentu yang dimiliki. Mayoritas UKM bergerak pada bidang non-akademik. Setiap universitas biasanya memiliki berbagai macam jenis UKM, mulai dari bidang seni, olahraga, keagamaan, kewirausahaan, dan masih banyak lagi.

17. UKT

Singkatan dari Uang Kuliah Tunggal, yaitu biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa di tiap awal semester.

18. WD

WD merupakan singkatan dari Wakil Dekan. Dekan adalah pemimpin fakultas, maka WD adalah wakilnya.

Itulah beberapa istilah atau singkatan yang banyak digunakan di dunia perkuliahan. Semoga bermanfaat. Sekali lagi saya ucapkan selamat buat yang sudah LTMPT (Lolos Tes Masuk Perguruan Tinggi), baik jalur SNMPTN/SPAN PTKIN maupun jalur SBMPTN/UM PTKIN. Selamat dan semangat menempuh hidup baru wkwkwk.

Editor: Widya Kartikasari
Illustrator: Natasha Evelyne Samuel

Mahasiswi jurusan IPII yang dapat disapa di instagram @salmafarikha_.

Artikel dari Penulis