Biografi Sulistyo Basuki, Profesor Pertama Ilmu Perpustakaan di Indonesia

Biografi Sulistyo Basuki

Biografi Sulistyo Basuki, Profesor Pertama Ilmu Perpustakaan di Indonesia – Mahasiswa ataupun alumni jurusan ilmu perpustakaan pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Prof. Sulistyo Basuki atau yang lebih biasa disapa Pak Sulis ini. Sulistyo Basuki merupakan seorang Guru Besar Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan juga merupakan Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan Program Pascasarjana Universitas Indonesia. 

Hebatnya, di tengah-tengah kesibukan beliau sebagai seorang pengajar, beliau juga merupakan seorang penulis yang sangat aktif. Tulisan-tulisan yang dibuatnya tak jauh dari ruang lingkup ilmu perpustakaan itu sendiri. Karya-karya dari beliau ini banyak dijadikan sebagai bahan referensi dan pegangan dasar oleh mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan di universitas yang ada di seluruh Indonesia. Berikut biografi Sulistyo Basuki.

Biografi Sulistyo Basuki

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Sulistyo Basuki merupakan anak pertama dari pasangan suami istri bernama Bapak Hardjito dan Ibu Moeridjah Hardjito. Beliau lahir di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, 11 September 1941. Kedua orang tua Pak Sulis ini merupakan guru pensiunan Sekolah Rakjat di Blitar. Ibu Pak Sulis sendiri juga pernah merangkap sebagai pustakawan ketika beliau menjadi guru bantu di Meisjes Vervolgschool Wlingi.

Baca juga: Biografi Cak Durasim, Legenda Kesenian Ludruk Sekaligus Tokoh Perlawanan Melalui Seni Pertunjukan

Pendidikan Pak Sulis dimulai di:

  1. Frobel School (setingkat SD) di Sumbawa Besar (1948)
  2. Sekolah Rakjat di Blitar (1954)
  3. SMP bagian B Blitar (1957)
  4. SMA bagian C di Blitar (1960)

Kemudian setelah lulus dari SMA, beliau mulai menekuni bidang ilmu perpustakan. Inilah yang menjadi cikal bakal pendidikan arsiparis di Indonesia. Selama di bangku perkuliahan, beliau memperoleh beberapa gelar, diantaranya:

  1. Sarjana Muda Universitas Indonesia (1963)
  2. Sarjana Sastra Universitas Indonesia (1974)
  3. Master in Science in Library Science  di Case Western Reserve Univerity, Amerika Serikat (1980)
  4. Master of Arts (History) di Case Western Reserve Univerity, Amerika Serikat (1980)
  5. Doctor of Philoshopy di Case Western Reserve Univerity, Amerika Serikat (1984)
  6. Diangkat sebagai profesor di Universitas Indonesia (1995)

Gelar doktor yang diraih oleh Pak Sulis sejak tahun 1980 ini menjadikan beliau sebagai putra Indonesia pertama yang meraih gelar doktor dalam bidang Information and Library Science. Sedangkan gelar profesor di bidang ilmu perpustakaan beliau dapatkan sejak tahun 1995.

Pengalaman Kerja

Bekerja pada bidang yang sesuai dengan passion atau jurusan kuliah memang menjadi dambaan tersendiri bagi setiap orang. Bidang pekerjaan yang dijalani oleh Pak Sulis pun tidak jauh dari dunia perpustakaan yang telah beliau pelajari selama di bangku perkuliahan. Pak Sulis merupakan seorang pengajar dan penulis aktif. Beliau pernah mengajar di bidang ilmu perpustakaan di beberapa perguruan tinggi, di antaranya:

  1. Pengajar Program Manajemen Dokumen dan Informasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (1992-sekarang)
  2. Pengajar Program Pascasarjana Program Studi Ilmu Perpustakaan Pengutamaan Kearsipan di Universitas Indonesia (1995-sekarang)
  3. Pengajar Program Pascasarjana Konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Informasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Selain itu, beliau juga pernah bergabung di beberapa lembaga bidang kearsipan dan dokumen yang ada di Indonesia. Salah satunya yaitu beliau pernah menjadi Kepala Pusat Sumber Daya Manusia dan Pemasyarakatan Arsip Nasional RI.

Baca juga: Biografi P. Ramlee, Seniman Agung Asal Malaysia

Buku-buku Karya Pak Sulis

Kita tahu bahwa menjadi seorang pengajar bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Namun di tengah-tengah kesibukan Pak Sulis, beliau masih bisa menyempatkan waktu untuk menulis. Karya-karya hasil tulisan beliau pun juga tak jauh dari bidang ilmu perpustakaan, bahkan buku-buku karya Pak Sulis ini menjadi pegangan dasar bagi mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan di universitas yang ada di Indonesia. Di antara karya-karya Pak Sulis yaitu :

  1. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991
  2. Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: PT Remaja Roasdakarya, 1994
  3. Administrasi Arsip: Sebuah Pengantar. Jakarta: 2001
  4. Manajemen Arsip Dinamis: Pengantar Memahami dan Mengelola Informasi dan Dokumen. Jakarta: Gramedia, 2003
  5. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI, 2006

Begitu banyaknya karya yang telah beliau hasilkan, sudah sepatutnya kita memberikan apresiasi kepada beliau. Tak banyak pengajar yang bisa menyempatkan waktunya untuk berkarya terlebih menulis sebuah buku. Hingga kini karya-karya beliau pun masih bermanfaat bagi masyarakat terkhusus mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan.

Panutan Bangsa

Menjadi seorang pengajar terkadang dituntut untuk memiliki metode pembelajaran sendiri yang efektif agar apa yang disampaikan bisa diterima oleh para pelajarnya dengan baik dan mudah. Pemahaman siswa ataupun mahasiswa terhadap materi yang disampaikan oleh pengajar sebenarnya ditentukan oleh pengajar. Ketika pengajar tersebut dalam menyampaikan materinya menggunakan bahasa yang dimengerti oleh siswa/mahasiswanya, maka materi tersebut juga akan mudah diterima oleh mereka. Namun pada kenyataannya di dunia pendidikan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan pengajar justru menjadi kesalahan dari pelajar itu sendiri. 

Berbeda dengan Pak Sulis, ketika beliau mengajar dan menyampaikan materi kepada mahasiswanya di kelas. Apabila beliau mendapati mahasiswanya kebingungan dalam memahami materi yang beliau sampaikan, beliau pun malah menyalahkan dirinya sendiri dengan kata “Yang bodoh pasti saya karena tidak bisa menyampaikan ide dengan baik”. Pak Sulis langsung mengintrospeksi dirinya sendiri, bukan malah menyalahkan yang lain. Seharusnya hal ini bisa menjadi panutan bagi setiap guru atau dosen. Sebab pada dasarnya kapasitas setiap anak itu sama, tidak ada yang bodoh.

Demikianlah biografi Sulistyo Basuki, sang profesor pertama di bidang ilmu perpustakaan di Indonesia.

Editor: Firmansah Surya Khoir
Illustrator: Salman Al Farisi

Bagikan di:

Artikel dari Penulis