Rekomendasi 4 Profesi yang Bisa Dicoba Cristiano Ronaldo Jika Pensiun Nanti

Rekomendasi 4 Profesi

Rekomendasi 4 Profesi yang Bisa Dicoba Cristiano Ronaldo

Jika Pensiun NantiPada tahun 2022, Cristiano Ronaldo genap berusia 37 tahun. Usia tersebut jelas tidak bisa dikatakan muda bagi seorang atlet. Apalagi untuk seorang pesepakbola yang butuh stamina, kecepatan, serta fisik yang prima di atas lapangan hijau. 

Walaupun umurnya tidak lagi terbilang muda untuk seorang atlet, Mas Ronaldo masih sanggup bermain di liga sekelas Premier League. Istimewanya, klub yang dibela beliau di tanah Inggris adalah Manchester United. Tentu kita semua pasti tahu bagaimana reputasi dari klub tersebut.

Mas Ronaldo boleh saja masih merasa prima di usianya yang sudah 30 plus. Akan tetapi, akan tiba masanya di mana beliau harus menggantungkan sepatunya. Jika Mas Ronaldo pensiun sebagai pesepakbola, setidaknya ada empat rekomendasi profesi yang bisa dijajal.

1. Pelatih

Menjadi pelatih klub atau timnas adalah profesi paling mainstream yang biasanya dilakoni oleh para pesepakbola pasca pensiun. Ada banyak pesepakbola yang sukses menjadi pelatih seperti Zinedine Zidane, Johan Cruyff, hingga Pep Guardiola. Meskipun demikian, banyak juga mantan pesepakbola top yang kemudian gagal menjadi pelatih.

Baca juga: Alasan ‘Menjadi Fans Manchester United’ Harus Masuk dalam Syarat Organisasi Kampus

Jika dilihat dari rekam jejak karirnya, Mas Ronaldo nampaknya punya bakat untuk menjadi pelatih. Hal ini dapat dilihat pada final Euro 2016. Ketika ditarik keluar lapangan karena cedera, mantan pemain Real Madrid tersebut masih menyempatkan diri untuk mendukung rekan-rekannya di timnas Portugal. Saking bersemangatnya, beliau tidak segan untuk memberi semacam instruksi di samping pelatih.

Di samping itu, Mas Ronaldo juga dikenal sebagai sosok yang memiliki karakter serta etos disiplin yang sangat kuat. Kedua modal tersebut bisa digunakan oleh beliau untuk menggembleng para pemain binaannya menuju level top.

Jika Mas Ronaldo kelak memutuskan terjun sebagai pelatih, ada baiknya dia tidak menjadikan Manchester United sebagai klub pertama yang dilatihnya. Beban yang teramat besar akan menantinya saat melatih The Red Devils. Apalagi jika skuad yang dilatihnya nanti memiliki banyak masalah.

Jika Mas Ronaldo tetap ngotot untuk menjadi pelatih Manchester United, beliau bisa mencobanya dari level junior. Berbeda dengan level tim senior, tekanan serta sorotan di level junior relatif terasa lebih rendah. Jika dirasa sudah mumpuni, baru beliau bisa mencoba melatih Manchester United yang sesungguhnya.

Di samping itu, Mas Ronaldo bisa mencoba untuk melatih klub-klub medioker atau papan tengah pada awal karir kepelatihannya. Klub-klub tersebut biasanya tidak memiliki target untuk meraih trofi. Paling-paling target yang diberikan adalah terhindar dari zona degradasi.

2. Selebgram

Sebagai publik figur yang memiliki 400 juta lebih pengikut di Instagram, tentu sangat disayangkan jika Mas Ronaldo tidak memaksimalkan potensi tersebut. Oleh karena itu, beliau bisa mencoba peruntungan sebagai full-time selebgram jika pensiun nanti.

Selain meng-endorse produk, Mas Ronaldo juga bisa membuat konten hiburan atau bahkan edukasi tentang kiat-kiat menjadi pesepakbola top di akun Instagramnya. Dibandingkan dengan saya, Mas Ronaldo tidak perlu pusing untuk membuat kontennya viral. Toh banyak orang yang mencari serta mengagumi dirinya.

3. Pemain Film

Dengan wajah yang tampan serta popularitas yang begitu tinggi, kehadiran Mas Ronaldo tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah film. Mas Ronaldo sendiri punya segudang modal dalam hal tampil di depan kamera. Dalam hal ini, beliau pernah membintangi beberapa iklan produk. Salah satunya adalah iklan Extra Joss di pertengahan era 2000-an.

Baca juga: Tantangan Menjadi Minoritas di Tengah Kota yang Mayoritas Rival

Saat memutuskan terjun sebagai seorang aktor untuk pertama kali, Mas Ronaldo bisa memilih film bertema sepak bola. Setidaknya kemampuan Mas Ronaldo mengolah bola bisa membantu ketika ada adegan di lapangan hijau. 

4. Wirausahawan

Sebagai opsi terakhir, Mas Ronaldo bisa menjadi wiraushawan pasca gantung sepatu nanti. Dalam hal ini, beliau bisa mengembangkan bisnis yang telah dibangunnya secara full-time. Untuk saat ini, pemegang Ballon d’Or lima kali tersebut memiliki beberapa bisnis seperti klinik transplantasi rambut dan CR7 Underwear.Terlepas dari rekomendasi karir pasca pensiun yang diberikan di atas, pilihan akhir tetap ada di tangan Mas Ronaldo. Bukan di tangan netizen yang jauh di mata seperti saya ini. Kalau Mas Ronaldo mau mengikuti rekomendasi karir yang diberikan pada artikel ini, ya syukur.

Editor: Widya Kartikasari
Illustrator: Made Mirah

Saya adalah seorang penulis pemula sekaligus pelukis amatir.

Artikel dari Penulis