Hobi Menulis? Ini 5 Karir yang Paling Cocok untuk Kamu, Yuk Simak!

Karir yang Paling Cocok

Hobi Menulis? Ini 5 Karir yang Paling Cocok untuk Kamu, Yuk Simak!

Salam Literasi!!

Sebagai seorang penulis tentunya kegiatan menulis dan membaca menjadi asupan kamu tiap hari di luar dari hal makan dan minum.

Nah, ternyata hobi kamu ini punya banyak peluang untuk menjajal beberapa profesi yang berhubungan dengan kepenulisan loh teman-teman.

Yuk simak, artikel ini akan mengupas tentang topik yang sangat bermanfaat bagi kamu yang hobi menulis. Berikut 5 karir yang paling cocok untuk kamu teman-teman yang hobinya menulis:

1. Jurnalis

Jurnalis menjadi karir yang pertama untuk teman-teman menulis. Karena jurnalis itu sendiri adalah seseorang yang bekerja menulis laporan secara objektif lalu dituliskannya.

Baca juga: Tips Menulis Opini di Media

Setelah menulis laporan secara objektif barulah tulisan tersebut dimuat di media massa seperti koran, televisi, majalah atau internet.

Berkarir menjadi seorang Jurnalis ini mampu menulis sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan dengan tujuan menjelaskan apa permasalahan yang sedang terjadi di sekelilingnya.

Tidak hanya itu, seseorang yang berkarir dalam jurnalis wajib memiliki rasa peka terhadap situasi lingkungan kapanpun dan di manapun harus mengikuti perkembangan berita.

Di sini juga kamu akan dihadapi dengan jadwal kerja yang fleksibel dan hectic, sebab berita bisa datang kapan saja.

Buat kamu yang memiliki passion untuk berkarir menjadi jurnalis, tentu hal ini tidak akan menjadi beban akan tetapi menjadi tantangan bagi diri sendiri.

Belajarlah dari rekan-rekan jurnalis profesional, jangan ada kata sungkan belajar. Karena dari situ kamu akan mendapatkan relasi dan ilmu yang luas.

2. Blogger atau Reviewer

Karir menjadi Blogger atau Reviewer, kamu harus menulis di blog yang kamu punya dengan ragam pembahasan yang mampu mendatangkan banyak pembaca.

Pendapatannya berasal dari iklan yang masuk untuk ditampilkan pada halaman blog kamu.

Baca juga: Rekomendasi Platform Blog untuk Menulis

Selain blogger kamu juga bisa merangkap sebagai online reviewer. Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat membuat pekerjaan ini semakin banyak diminati.

Adapun tugas dari reviewer sendiri ialah menulis review jujur  untuk keperluan periklanan.

Yang menyenangkan, review akan memperoleh pengalaman mencoba produk klien mulai dari makanan, restoran, hotel dan penginapan sampai pada jasa kecantikan.

3. Content Writer

Tidak terdengar asing, beberapa tahun belakangan ini pasti kamu kerap mendengar atau membaca lowongan mengenai content writer.

Content writer itu sendiri tugasnya bertanggung jawab dalam merancang strategi konten melalui beragam media dengan tujuan mengenalkan atau mempromosikan produk.

Umumnya content creator mengerjakan konten di media sosial, membuat artikel, membuat deskripsi produk, membuat konten EDM, sampai membantu strategi SEO.

Untuk membuat content  tidak sulit, kamu hanya butuh waktu untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, kemudian mengulasnya dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta gaya tulisan yang menarik.

Banyak juga content writer yang memilih kerja freelance agar bisa bekerja lebih fleksibel.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Content Writer

4. Novelis

Jika kamu memiliki hobi menulis cerita fiksi dan punya ide yang imajinatif, tidak ada salahnya jika kamu terjun sebagai novelis. 

Selain ide kreatif, kamu juga harus bisa mengembangkan alur cerita agar pembaca tertarik mengikuti tulisanmu dari awal sampai akhir.

Terlebih sekarang ada banyak jalan bisa kamu pilih demi menjadi novelis. Kamu bisa menggungah hasil ceritamu di platform cerita online wattpad misalnya. Tidak menutup kemungkinan ada penerbit yang melirik hasil karya tulismu.

5. Editor

Sebagai seseorang yang sudah terbiasa dengan tulisan, pasti kamu punya kemampuan memahami aturan ejaan yang baik dan benar.

Di era digital sekarang ini, media-media online semakin menjamur, pastinya mereka juga membutuhkan editor. Atau kamu bisa coba menjadi editor di penerbit buku pilihanmu. 

Jangan jadikan karya kamu hanya sebagai koleksi pribadi, coba kamu kumpulkan menjadi portofolio yang menarik. 

Mulailah menjajal 5 profesi yang dirangkum dalam artikel satu ini.

Semoga bermanfaat. Salam Literasi!!

Editor: Firmansah Surya Khoir
Illustrator: Made Mirah

Gadis kelahiran Jakarta, 14 Oktober 1999, telah menempuh pendidikan tinggi di salah satu perguruan tinggi swasta Universitas Mpu Tantular Jakarta, Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi dengan Konsentrasi Perpajakan. Gadis ini telah menyandang gelar Sarjana Ekonomi tahun 2021.

Artikel dari Penulis