Mengenal GenBI, Komunitas Andalan Negeri

Mengenal GenBI Komunitas Andalan Negeri

Mengenal GenBI, Komunitas Andalan Negeri – GenBI merupakan singkatan dari Generasi Baru Indonesia. Seperti diketahui, GenBI adalah sebuah komunitas yang anggotanya terdiri dari mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia. Anggota dari GenBI ini memiliki sapaan akrab, yaitu GenBIers, sapaan ini digunakan untuk memudahkan komunikasi antar sesama anggota GenBI, terutama bagi mereka yang belum pernah bertemu dan belum mengenal satu sama lain. Pengertian banget, ya!

Komunitas ini berdiri pada 11 November 2011 dan tersebar dari Sabang sampai Merauke, tepatnya di perguruan tinggi yang sudah bermitra dengan Bank Indonesia. Per November 2020, beasiswa Bank Indonesia ini sudah tersebar di 175 Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia dengan total anggota komunitas GenBI mencapai 10.545 mahasiswa. GenBI sendiri berada langsung di bawah naungan Bank Indonesia.

Lalu, bagaimana awal terbentuknya Komunitas Generasi Baru Indonesia ini? Komunitas ini bermula dari obrolan santai saat acara buka bersama, usai acara penandatanganan perjanjian kerjasama pemberian beasiswa antara Bank Indonesia dengan Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Negeri Jakarta. Pada 3 Agustus 2011, muncul wacana untuk membentuk wadah berhimpun (komunitas) untuk menjalin komunikasi dan interaksi, saling menginspirasi, memotivasi, serta menjalin sinergi antar sesama mahasiswa penerima Beasiswa Bank Indonesia. Akhirnya pada saat itu muncullah beberapa kesepakatan, di antaranya adalah nama dan lambang untuk Komunitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia adalah Generasi Baru Indonesia (GenBI), membentuk tim perumus dan kelompok kerja yang bertugas untuk merencanakan pertemuan umum, deklarasi yang akan dilaksanakan pada 11 November 2011 (11-11-11), serta menyusun rancangan Konstitusi Organisasi (Statuta, AD dan ART).

Adanya komunitas Generasi Baru Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial serta menumbuhkan semangat pengabdian pada masyarakat sehingga para Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia dapat menjadi pemimpin yang menjulang keatas dan mampu mengakar ke bawah hingga terbangunnya mental pembelajaran yang bertitik pada proses perbaikan diri yang berkelanjutan.

Baca juga: Beasiswa Bank Indonesia, Rekomendasi untuk Kalian Para Mahasiswa!

Tujuan ini sesuai dengan visi dan misi komunitas GenBI. Visi komunitas ini adalah menjadi komunitas beasiswa yang dapat memfasilitasi pengembangan intelektual dan memberikan kontribusi positif dalam proses transformasi masyarakat secara berkelanjutan. Sedangkan misi komunitas adalah INITIATE (menggagas berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik), ACT (menjadi garda terdepan dalam melakukan aksi nyata untuk pembangunan bangsa), SHARE (peduli dan berkontribusi untuk pemberdayaan masyarakat), dan INSPIRE (berbagi inspirasi dan motivasi untuk menjadi energi bagi negeri).

Mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia tidak hanya menerima bantuan berupa uang saku saja, mereka juga direkrut serta dituntut aktif dalam komunitas GenBI ini. Di dalam komunitas mereka diarahkan untuk 3 hal utama, apa saja?

Pertama, mereka menjadi garda terdepan yang membantu Bank Indonesia menyosialisasikan kepada masyarakat kebijakan-kebijakan terbaru dari Bank Indonesia.

Kedua, mereka dibimbing agar kelak bisa menjadi agen perubahan bagi masyarakat di berbagai bidang juga role model di kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat

Ketiga, mereka disiapkan untuk menjadi pemimpin yang bijak dan bertanggung jawab di masa depan, seperti saat mereka mengemban tugas di komunitas.

Hadirnya komunitas GenBI ini terbukti mampu menggali dan memaksimalkan potensi mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia melalui program kerja yang dijalankan, baik di bidang pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. GenBI memiliki slogan “Energi untuk  Negeri”, juga sebagai harapan agar komunitas ini bisa terus berkontribusi dan mampu mewujudkan program kerja Bank Indonesia untuk Indonesia yang lebih maju juga tetap menjadi komunitas andalan negeri.

Editor: Widya Kartikasari
Illustrator: Natasha Evelyne Samuel

Halo, kenalkan namaku Evi Umi Azizah, aku berasal dari Kota Blitar. Saat ini, aku sedang melanjutkan studi di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Kenalan lebih dekat yuk, dengan mengunjungi akun twitter di @azizah1_evi dan akun instagramku di @eviaziizah.

Artikel dari Penulis