Beasiswa Bank Indonesia, Rekomendasi untuk Kalian Para Mahasiswa!

Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia, Rekomendasi untuk Kalian Para Mahasiswa! – Berbicara mengenai beasiswa pasti tidak asing di kalangan mahasiswa. Sepertinya sudah menjadi tradisi bagi mahasiswa untuk berburu beasiswa. Bukan apa-apa, tetapi beasiswa yang didapatkan memang bisa mendukung mereka dalam berkarir di dunia perkuliahan. Dengan beasiswa juga bisa membuat kawan-kawan kita yang kurang mampu bisa terbantu dan melanjutkan pendidikan. Membuka asa dan harapan untuk masa depan yang baik. Dan salah satu rekomendasi beasiswa yang mahasiswa harus coba yaitu beasiswa Bank Indonesia. 

Program beasiswa Bank Indonesia ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2011 dengan sasaran mahasiswa jenjang S-1. Pada tahun 2020 terdapat perluasan beasiswa ke jenjang D3 dan di tahun 2021 beasiswa Bank Indonesia juga memperluas jangkauan penerima pada jenjang D4 untuk PTN, PTS, dan Politeknik yang memiliki perjanjian kerjasama dengan pihak Bank Indonesia.

Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan oleh mahasiswa saat mereka berhasil mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia ini. Lalu apa saja benefit yang kalian dapatkan saat mendapatkan beasiswa ini?

1. Tunjangan sebesar 1.000.000 rupiah setiap bulan. 

2. Selain akan mendapatkan tunjangan yang lumayan besar, para mahasiswa penerima Beasiswa BI  juga difasilitasi untuk tergabung dalam komunitas penerima Beasiswa BI. Komunitas ini bernama GenBI (Generasi Baru Indonesia), dalam komunitas ini, para penerima Beasiswa BI mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana, dan terarah guna meningkatkan kompetensi individu serta mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan agar mampu menjadi insan unggul dan berdaya saing.

Baca juga: 4 Tips Buat Kamu Mahasiswa Rantau dengan Dompet yang Tipis

Tapi, yang namanya beasiswa pasti ada syarat dan ketentuan untuk mendapatkannya dong. Enggak bisa langsung dapat tanpa adanya perjuangan. Ada 2 seleksi yang harus kalian siapkan untuk mendapatkan beasiswa ini. Pertama adalah seleksi berkas dan kedua seleksi wawancara. Di bawah ini beberapa syarat umum yang bisa kalian persiapkan sebelum mendaftar sebagai calon penerima beasiswa Bank Indonesia.

  1. ‌Mahasiswa aktif dari universitas yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia
  2. ‌Setidaknya telah menyelesaikan 40 sks atau 3 semester di universitas
  3. ‌Dari latar belakang ekonomi keluarga kurang mampu
  4. ‌IPK minimal 3,25
  5. ‌Usia maksimal 23 tahun saat menerima beasiswa
  6. ‌Isi formulir biografi online atau langsung dari kampus
  7. ‌Tidak sedang menerima beasiswa lain
  8. ‌Memiliki pengalaman dalam melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat
  9. ‌Calon penerima beasiswa menerima surat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi seperti rektor atau asisten rektor.

Jika berkas-berkas yang kalian kirim sesuai dengan ketentuan dan sudah dinyatakan lolos, kalian akan melakukan seleksi kedua yaitu seleksi wawancara. Tahap seleksi wawancara ini adalah tahap terakhir dari rangkaian seleksi beasiswa Bank Indonesia. Jadi, kalian yang mau mendaftarkan diri harus lebih giat dalam belajar dan aktif di organisasi, baik internal ataupun eksternal kampus. 

Satu hal yang menjadi sedikit masalah, bahwa beasiswa Bank Indonesia hanya bisa didapatkan oleh mahasiswa yang kampusnya sudah bekerja sama dengan Bank Indonesia. Maka dari itu, jika kalian ingin mendaftarkan diri, sebaiknya kalian cek dulu apakah kampus kalian sudah menjadi salah satu mitra dari Bank Indonesia. 

Itu tadi penjelasan sekilas tentang beasiswa Bank Indonesia dan semoga membantu.

Editor: Firmansah Surya Khoir
Illustrator: Umi Kulzum Pratiwi Nora Putri

Halo, kenalkan namaku Evi Umi Azizah, aku berasal dari Kota Blitar. Saat ini, aku sedang melanjutkan studi di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Kenalan lebih dekat yuk, dengan mengunjungi akun twitter di @azizah1_evi dan akun instagramku di @eviaziizah.

Artikel dari Penulis