Tips Menjalani Tes Wawancara Akhir Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia

Tips Menjalani Tes Wawancara

Tips Menjalani Tes Wawancara Akhir Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia – Banyak yang mengatakan bahwa beasiswa Bank Indonesia menjadi salah satu beasiswa yang menjadi incaran mahasiswa. Kenapa bisa seperti itu? Selain mendapatkan benefit berupa uang saku satu juta rupiah setiap bulannya yang akan cair setiap satu semester. Mereka juga akan mendapat banyak benefit dan tergabung dalam sebuah komunitas bernama GenBI (Generasi Baru Indonesia) yang bertugas menyosialisasikan kebijakan-kebijakan terbaru dari Bank Indonesia. Komunitas tersebut juga membantu mereka mengeksplorasi diri mengembangkan minat dan bakat mereka. 

Halo, perkenalkan namaku Evi Umi Azizah. Aku salah satu awardee beasiswa Bank Indonesia dari Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Aku ingin memberitahu kalian bahwa tahapan seleksi beasiswa Bank Indonesia itu ada 2 yaitu: 

Pertama, tahap pengumpulan berkas. Berkas apa saja yang harus disiapkan? Kalian bisa membaca artikel yang aku tulis sebelumnya ya.

Tahapan seleksi kedua atau yang terakhir adalah tahap wawancara. Seleksi wawancara ini dilakukan langsung oleh pihak Bank Indonesia. Seperti yang pernah aku jalani pada hari Kamis 2 Maret 2022. Saat itu aku dan teman-teman calon penerima beasiswa Bank Indonesia dari UNU Blitar melakukan seleksi wawancara ini dengan pihak Bank Indonesia Kediri. Jika ditanya mengapa dari pihak Bank Indonesia Kediri? Karena, Universitasku termasuk dalam komisariat di bawah pantauan Bank Indonesia Kediri. Lanjut, aku tergabung di tim 2 dengan 5 mahasiswa lainnya dan kami diwawancara langsung oleh perwakilan Bank Indonesia Kediri yaitu Ibu Wahyu Sri Setyati, Bapak Syahrul S. Riza, dan Bapak Rachmad H. S. 

Baca juga: Pentingnya Batas Jumlah Kata dalam Menulis

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tidak jauh berbeda saat kami melakukan wawancara pertama kali tahun lalu. Masih seputar perkenalan diri, kebanksentralan, kontribusi yang kita berikan pada universitas, dan karena kami sudah pernah menerima beasiswanya kami diberi pertanyaan tambahan yaitu “apa yang sudah kami berikan pada GenBI selama satu periode kemarin?”. 

Banyak yang berpikir bahwa seleksi wawancara ini adalah seleksi yang mengerikan. Seperti terdapat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan memberatkan dan membuat kena mental gitu ya, Hehe.  Nyatanya tidak semenakutkan itu kok, di awal mungkin kalian akan merasa takut karena belum bisa menyesuaikan diri. Namun, saat kalian sudah enjoy pasti rasa takut itu sudah tidak terasa, karena pihak dari Bank Indonesia akan membuat vibes wawancara yang menyenangkan dan friendly

Perlu diketahui, bahwa orang yang nantinya mewawancarai kita biasanya adalah bagian HDR dari fasilitator beasiswa. Sebagai bagian dari Human Resource Development yang berhubungan dengan masyarakat, tentu anggotanya pastilah ramah dan kalem. Jadi santai aja dan nikmati sesi wawancara tersebut. 

Lalu, apa saja yang harus kalian siapkan saat kalian sudah mendapat pengumuman bahwa kalian diterima di seleksi berkas? Yang pasti, jangan lupa belajar yang rajin, baca referensi-referensi tentang kebanksentralan. Jangan lupa mengabarkan kepada orang tua kalian ya biar sekalian didoakan gitu, hehe. Jangan lupa tetap berdoa. Saat wawancara, biasanya hal yang membuat kita menjadi gugup adalah faktor dari dalam diri kita sendiri yang tidak percaya diri dan belum terbiasa dengan kegiatan seperti ini. Sedikit tips dari aku, agar kalian bisa lebih percaya diri saat wawancara. Pertama, gunakan baju yang rapi dan sopan agar sedap dipandang, karena penampilan kita nanti akan bisa memberikan penilaian tersendiri buat pewawancara. Kedua, tetap rileks, jangan panik, dan tetap kendalikan diri kalian. Ketiga, jangan lupa berdoa dan memohon doa restu dari orang tua juga ya! Karena doa orang tua kita itu doa yang mudah dikabulkan oleh Tuhan. Semoga bermanfaat dan membantu ya. Miaowww

Editor: Firmansah Surya Khoir
Illustrator: Natasha Evelyne Samuel

Halo, kenalkan namaku Evi Umi Azizah, aku berasal dari Kota Blitar. Saat ini, aku sedang melanjutkan studi di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Kenalan lebih dekat yuk, dengan mengunjungi akun twitter di @azizah1_evi dan akun instagramku di @eviaziizah.

Artikel dari Penulis