Alasan Pentingnya Positive Self Talk bagi Diri Sendiri

Self Talk

Alasan Pentingnya Positive Self Talk bagi Diri SendiriSelf talk, kata yang mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Kadang bisa muncul di lingkungan keseharian maupun di media sosial. Pernahkah kalian melakukan self talk pada diri sendiri? Berdialog batin pada diri sendiri baik secara sadar maupun tidak sadar.

Pentingnya Self Talk

Self talk sangat berperan mempengaruhi perasaan kita terhadap diri sendiri dan cara pandang kita bagaimana melihat dunia pada umumnya. Hidup memang tidak mudah. Ada saja tantangan, masalah atau hambatan silih berganti. Konflik yang ada, masalah yang belum kelar atau hambatan-hambatan lainnya. Semua hal di atas, tentunya bisa menjadi pemicu timbulnya perasaan sedih dan tertekan. 

Sejenak, cobalah merenung dengan mengesampingkan semua hal. Pelan-pelan, mulailah untuk berbicara pada diri sendiri. Apakah aku hari ini baik-baik saja? Apakah aku perlu rehat sebentar sebelum berjuang lagi? Atau apakah ada di dalam diriku yang perlu diperbaiki? Berbicara pada diri sendiri, sesuatu hal yang sederhana tapi justru memiliki manfaat besar.

Baca juga: Quarter Life Crisis dan Prasangka Baik

Positive Self Talk

Dilansir dari laman Tirto.id, self-talk memiliki dua jenis. Pertama yaitu positive self-talk. Self-talk ini akan memberikan dampak positif. Kita berdialog dengan diri sendiri dengan kalimat positif. Self-talk yang positif bisa membuat diri kita lebih percaya diri dan bisa meredakan kecemasan. Alhasil dengan self-talk positif, seseorang bisa merasa lebih baik, lebih percaya diri dan optimis. Sesekali yuk ucapkan kalimat positive self-talk ini ke diri kita sendiri. Ucapkan secara lisan, lirih dan perlahan. Hayati setiap kata-katanya sambil mengelus dadamu dengan tangan kanan. Coba rasakan sensasinya secara alami.

Terima kasih untuk diriku yang telah mampu bertahan sejauh ini dalam berbagai keadaan. Terimakasih untuk diriku, telah menjadi pribadi tangguh dan kuat melewati berbagai tantangan. Terimakasih untuk diriku telah menjadi sahabatku saat suka dan duka, ketika tidak ada orang lain menemani. Terimakasih untuk diriku, aku menghargai setiap usaha yang kulakukan.” Beberapa contoh kalimat positive self-talk  yang bisa diterapkan untuk diri sendiri.

Negative Self Talk

Kedua yaitu negative self-talk. Self-talk ini cenderung memberikan prasangka negatif. berdialog dengan diri sendiri yang sifatnya hopeless, pesimis bahkan menyalahkan diri sendiri. Self-talk ini, bisa menghalangi perkembangan potensi dan kemampuan diri. Yang menjadi masalah, jika seseorang cenderung melakukan narasi negatif pada diri sendiri secara terus menerus bisa berujung ke arah depresi.

Mengenal dan memahami diri sendiri itu penting. Mencintai dan menghargai diri sendiri juga tak kalah penting. Dalam hidup, jangan biarkan hal-hal negatif bisa mempengaruhimu baik secara fisik maupun mental. Bisa mengontrol diri dari pemikiran-pemikiran negatif dan dari tindakan negatif adalah salah satu bentuk self love dan penghargaan untuk diri sendiri.

Seberat apapun masalah menghadang, sebesar apapun tantangan di depan kalau diri sendiri punya keyakinan dan berusaha sebaik mungkin untuk melaluinya, maka semuanya akan baik-baik saja. Toh kesedihan dan duka yang terjadi di muka bumi ini hanya sementara bukan untuk selamanya. karena di dalam hidup baik kesedihan maupun kebahagiaan sudah ditakar sesuai porsinya. Mustahil jika berat sebelah. Sebaliknya sekecil apapun masalah yang dihadapi, saat diri sendiri membiarkan pikiran-pikiran negatif mengontrol dan mempengaruhi, maka akan muncul dampak negatif juga. Teringat sebuah quotes dari pahlawan emansipasi wanita R.A KartiniBanyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.”

Editor SEO: Daliana Fehabutar
Illustrator: Salman Al Farisi

Bagikan di:
Seorang gadis pluviophile yang berdomisili di Lamongan, Jawa Timur. Penulis tergabung dalam anggota komunitas Literasi Competer Indonesia, Kepul, dan Tirastime. Beberapa karyanya termuat dalam buku antologi dan media. Selain aktif menulis, penulis juga menekuni bidang fotografi di komunitas PAC (Photography Art Community). Di tahun 2015, penulis pernah menjadi 40 penulis terbaik tingkat nasional kategori puisi di penerbit sabana pustaka. Di tahun 2022, karya fotografinya menjadi The Winner of voting members di komunitas Macro and Flower Photography. Penulis juga tergabung dalam komunitas she build Peace untuk belajar tentang isu-isu perempuan dan perdamaian. Penulis bisa disapa melalui akun ig @indranys345.

Artikel dari Penulis