Yuk Ketahui Manfaat Menulis!

Manfaat Menulis

Yuk Ketahui Manfaat Menulis! – “Apa sih enaknya nulis?” jika ada yang bertanya seperti ini, enaknya dijawab bagaimana? Padahal manfaat menulis itu banyak sekali, tentu setiap dari kalian yang membaca tulisan ini pasti pernah menulis. Baik itu saat Taman Kanak-kanak, SD hingga mahasiswa maupun pekerja.

Menulis juga tidak terpaku hanya kepada tugas saja, kalian bisa menulis dengan bebas tanpa ada tuntutan, misalnya menulis di buku harian, menulis pengalaman di blog. 

Media menulis juga tidak hanya dikertas saja sekarang. Ada banyak platform digital yang bisa kalian gunakan untuk menulis.

Menulis juga dapat dijadikan sebuah profesi, seperti penulis buku, blogger, penulis skrip, copywriter, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya apa sih manfaat dari menulis, padahal kelihatan membosankan. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat jika kalian menulis.

Manfaat Menulis

1. Menjadi lebih produktif

Tentu dengan menulis maka kebiasaan produktif akan muncul seiring dengan berjalannya waktu. Dengan menulis setiap sehari sekali, satu halaman, satu paragraf dapat membuat kalian lebih produktif.

Atur jadwal menulis juga akan mendukung produktifitas kalian, daripada tidak melakukan apa-apa, lebih baik menulis untuk mengisi waktu luang kan? 

Selain itu, kebiasaan rutin menulis juga nantinya dapat menular dalam kegiatan yang lainnya.

Baca juga: Rekomendasi Platform Blog untuk Menulis

2. Meningkatkan kreativitas

Menulis juga membutuhkan ide-ide yang segar, namun bisa juga dari keresahan yang sedang kalian alami. Dengan sering melakukan kegiatan menulis, maka kreativitas kalian juga secara tidak langsung akan semakin terasah.

3. Tempat menuangkan pengalaman

Menulis juga sebagai kegiatan yang dapat digunakan untuk media penyimpan kenangan. Kalian bisa berbagi pengalaman lewat tulisan kepada orang lain.

Selain itu, menulis juga dapat membantu kalian untuk mencurahkan isi hati. Dengan begitu masalah yang ada dapat kalian keluarkan dan akan ada rasa lega yang muncul. 

4. Sebagai media pembelajaran

Menulis tentu saja juga digunakan sebagai media pembelajaran. Menulis akan membantu kalian untuk mengingat setiap materi yang diberikan oleh guru atau dosen.

Dengan menulis kalian juga otomatis akan belajar, contohnya adalah riset yang dilakukan oleh blogger untuk mencari materi tulisan, riset seorang penulis novel tentang cerita yang akan ditulisnya.

Mereka sangat membutuhkan riset dan terus belajar agar riset yang didapat baik.

5. Melatih daya ingat

Menulis juga melatih daya ingat, dengan menulis kalian akan menyalin setiap kata yang dibaca. Otomatis kalian akan membaca dan lebih memahami tulisan yang disalin.

Selain itu, catatan tersebut juga dapat kalian simpan dan dipergunakan lain waktu.

6. Sebagai media komunikasi

Komunikasi juga tidak hanya dilakukan secara lisan saja, komunikasi di media sosial, website berita semuanya mengunakan tulisan.

Itulah mengapa menulis bermanfaat, karena dapat memengaruhi orang lain hanya lewat tulisan yang kita tulis.

Bukankah SMS, chat WA, caption Instagram adalah salah satu contoh tulisan sebagai media komunikasi yang berada digenggaman kalian.

7. Penghasil cuan

Selanjutnya adalah manfaat yang sangat menguntungkan. Menulis dapat menghasilkan cuan jika kalian serius menekuni bidang tulis menulis ini.

Menjadi blogger, jurnalis, copywriter, penulis Novel, Puisi dan masih banyak lagi profesi menulis yang bisa kalian jadikan sumber penghasilan. Tentu itu semua bukanlah hal yang mudah, perlu kerja keras dan ketekunan. 

Selain itu penghasilan penulis juga tidak seberapa apalagi penulis buku, karena biasanya hanya mendapat royalti 10% dari satu buku yang terjual. 

Baca juga: Hobi Menulis? Ini 5 Karir yang Paling Cocok untuk Kamu, Yuk Simak!

Maka dari itu, kerja keras itu penting dan tetaplah menulis, perbaiki tulisanmu maka uang akan mendatangimu.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dari menulis. Menulis juga merupakan salah satu pekerjaan yang mulia.

Ada banyak penulis yang bisa sukses dari menulis seperti Raditya Dika, Tere Liye, Andrea Hirata, dan masih banyak lagi penulis lain. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk nulis, selain sebagai media pembelajar dan komunikasi, bahkan bisa menghasilkan cuan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat kalian semangat menulis lagi. Sekian, terima kasih.

Illustrator: Salman Al Farisi

Bagikan di:
Seorang gamer yang pensi karena sadar akan pentingnya membaca dan menulis. Mencari arti kata kebahagiaan, merangkak menjadi seorang podcast enjoyer juga.

Artikel dari Penulis