Jadi Penulis Tidak Harus Lulusan Sastra, Semua Bisa Menjadi Penulis

Jadi Penulis Tidak Harus Lulusan Sastra

Jadi Penulis Tidak Harus Lulusan Sastra, Semua Bisa Menjadi Penulis – Pernah denger gak sih kalau jadi penulis itu harus dari lulusan sastra atau harus dari lulusan jurnalistik? Apakah pernyataan itu memang benar? Lalu bagaimana nasib kita semua yang tidak berasal dari jurusan-jurusan tadi?

Sebenarnya, penulis adalah pekerjaan yang bisa dilakukan semua orang. Menjadi penulis juga tidak harus bersekolah terlalu tinggi, juga bisa berasal dari jurusan apa saja. Tidak terbatas hanya dari jurusan sastra ataupun Jurnalistik.

Menjadi penulis juga tidak dibutuhkan bakat yang mumpuni, jika kalian memang ingin jadi seorang penulis yang profesional. Satu hal yang pasti dibutuhkan adalah kerja keras. Kerja keras dalam belajar dan terus menulis.

Memang jika dari lulusan jurnalistik atau sastra kemungkinan menjadi penulis juga besar, karena ilmu kepenulisan tentunya sudah didapat di bangku perkuliahan setiap harinya. Namun tidak menjamin seorang lulusan sastra itu dapat menjadi penulis. Karena pada akhirnya tetap akan kembali kepada orangnya sendiri apakah memang berminat menjadi seorang penulis atau tidak. Lalu apa tips untuk kita yang tidak memiliki privilese dari jurusan sastra ataupun jurnalistik tadi? Berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan.

Baca juga: Buat Apa Sih Kita Harus Belajar Menulis Berita?

Sekali lagi, penulis adalah pekerjaan yang dapat dilakukan oleh semua orang. Kalian hanya perlu memiliki beberapa hal berikut sebagai bekal menjadi seorang penulis.

1. Memiliki tekad yang kuat

Menjadi penulis berarti kalian harus meluangkan waktu untuk menulis, jangan malah menunggu waktu luang, ini dua hal yang berbeda.

Menjadi seorang penulis juga harus siap berjuang dalam kesendirian dan ruang lingkup imajinasi diri sendiri. Taklukan diri sendiri dan jangan hiraukan orang lain yang tidak mendukungmu.

Dengan tekad yang kuat dan keinginan yang serius, kalian pasti bisa menjadi seorang penulis suskes. Hanya perlu kesabaran, kerja keras, dan konsistensi.

2. Menjadi pembaca dan pembelajar yang aktif

Menjadi penulis juga menuntut kalian menjadi pembelajar yang terus menerus belajar setiap waktu karena menulis juga membutuhkan sebuah riset, yang sama artinya kalau kalian harus terus belajar.

Baik itu tulisan fiksi ataupun nonfiksi, melakukan riset merupakan kegiatan yang penting. Terus menerus membaca dan kalian mendapat berbagai macam manfaat seperti ilmu yang baru, imajinasi yang tak pernah terbayangkan, atau kosa kata yang bahkan baru kalian ketahui.

Baca juga: Menulis Tangan atau Mengetik di Laptop, Lebih Baik Mana?

3. Peralatan yang mencukupi

Tentu saja kalian membutuhkan media agar dapat menjadi seorang penulis yang professional, kalian bisa menggunakan laptop ataupun smartphone sebagai media menulis.

Namun tidak menutup kemungkinan jika kalian ingin menggunakan buku tulis untuk menulis, teruslah menulis. Jika tidak ada laptop, bisa menggunakan buku lalu pinjam laptop teman kalian untuk memindah kalimat yang telah dirangkai dalam buku. Semua ada jalannya asalkan ada minat dan niat.

4. Konsisten menulis

Yang terpenting selanjutnya adalah konsistensi kalian dalam menulis. Jika satu, dua halaman saja sudah bosan dan menyerah. Lebih baik pikirkan kembali keinginan kalian untuk menjadi seorang penulis.

Karena menulis berarti melawan kesepian dalam diri sendiri juga, temukan hal lain yang membuat semangat. Buat jadwal agar dapat teratur dalam menulis.

Tetapkan hari yang sesuai atau waktu di mana kalian akan meluangkan waktu hanya untuk menulis, buat progres setiap waktu dan jangan mudah menyerah.

Baca juga: Rekomendasi Hiburan yang Dapat Meningkatkan Semangat Menulis

5. Tidak mudah menyerah

Dan yang terakhir tentu saja jangan mudah menyerah. Tak peduli dari mana asal sekolahmu, asal rumahmu, pekerjaan orang tuamu, bulatkan tekad dan jangan mudah putus asa dalam mencapai keingian kalian menjadi penulis.

Tak perlu menjadi lulusan sastra atau jurnalistik agar dapat mahir menulis. Selalu belajar dan konsisten akan membuat kalian sukses dalam hal kepenulisan ataupun bidang yang lain.

Itulah beberapa tips atau bekal agar kalian dapat menjadi seorang penulis tanpa harus menjadi lulusan sastra ataupun jurnalistik.

Semoga dapat bermanfaat. Sekian, terima kasih.

Editor SEO: Daliana Fehabutar
Illustrator: Salman Al Farisi

Bagikan di:
Seorang gamer yang pensi karena sadar akan pentingnya membaca dan menulis. Mencari arti kata kebahagiaan, merangkak menjadi seorang podcast enjoyer juga.

Artikel dari Penulis