Rekomendasi Platform Blog untuk Menulis

Rekomendasi Platform Blog untuk Menulis

Rekomendasi Platform Blog untuk Menulis

Jika dahulu orang-orang biasa menulis di buku tulis atau buku diari, sekarang semua orang dapat menulis dengan bebas di media digital atau blog melalui berbagai macam platform yang tersedia. Kemudahan ini dapat kalian akses secara gratis.

Dengan menulis di blog, tulisan kalian akan tersimpan dan orang lain juga bisa membacanya. Tema yang kalian tulis juga terserah keinginan kalian. Tulisan bisa bertema kehidupan sehari-hari, parenting, olahraga, teknologi, masakan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, bahkan kalian juga bisa mendapatkan penghasilan jika tulisan blog kalian banyak pengunjung. Hal ini bisa didapatkan dengan bantuan Google AdSense atau Content Placement.

Berikut ini adalah rekomendasi platform blog untuk menulis:

1. Blogspot atau Blogger

Yang pertama adalah Blogspot atau Blogger. Blogspot merupakan salah satu tempat kalian untuk membuat konten tulisan secara gratis. Selain dapat diakses dengan mudah dan gratis, platform ini merupakan platform yang dimiliki oleh Google. Kalian bisa mengaksesnya melalui alamat blogspot.com ataupun blogger.com di browser. Keduanya akan mengarah ke situs yang sama. Fitur dan cara pemakaiannya pun cukup mudah dan simpel, kalian tinggal mengikuti arahan petunjuk dari pihak blogger. Aalamat situs yang akan kalian dapatkan untuk versi gratis adalah “namasitus.blogspot.com”. Jika kalian ingin lebih professional, kalian harus membeli sendiri nama domain untuk menghilangkan “.blogspot.com” seperti .site, .com, .co, .website, dan masih banyak lagi.

2. WordPress

Selanjutnya adalah WordPress. Platform ini juga dapat kalian gunakan untuk membuat blog. Selain membuat blog, wordpress juga bisa digunakan untuk membuat website lain seperti website sekolah, ecommerce, dll.

Baca juga: Membuat “Passive Income” Tanpa Batas Melalui Blog (Easy Peasy Lemon Squeezy)

Ada dua jenis wordpress, yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Jika kalian hanya membutuhkan platform ini hanya untuk menulis dengan akses gratis, kalian bisa menggunakan wordpress.com. Tentunya jika kalian tidak memiliki domain pribadi, alamat situs kalian akan ngikut standar wordpress, seperti “namasitus.wordpress.com”.

Sedangkan wordpress.org digunakan untuk mereka yang ingin membuat website yang lebih professional karena kalian harus membeli hosting dan domain sendiri untuk wordpress.org, berbeda dengan wordpress.com yang gratis.

3. Medium

Medium merupakan platform yang banyak digunakan oleh para penulis, para ahli, dan juga jurnalis. Karya tulis seperti artikel, opini, cerpen dapat kalian upload di Medium.

Pengoperasian Medium sangat mudah dan memiliki basis pembaca yang solid. Beberapa penulis seperti Raditya Dika dan J.S Khairen juga menggunakan platform ini. Akan tetapi, kalian tidak bisa memiliki domain sendiri pada platform ini. Alamat medium kalian akan menjadi “medium.com/@username” atau “username.medium.com”.

4. Wix

Platform Wix juga sama seperti blogspot dan wordpress. Kalian dapat mengaksesnya secara gratis dan Wix juga memiliki domain khusus, yaitu wix.com pada akhiran nama domain kalian nanti.

Dengan fitur yang mudah, dengan hanya drag and drop, kalian dapat menikmati proses menulis artikel pada platform satu ini.

5. Joomla

Selanjutnya ada Joomla yang juga memiliki kesamaan seperti wordpress. Joomla memiliki banyak template dan tema.

Platform ini cocok bagi kalian yang memang ingin fokus membuat blog atau website secara profesional, karena kalian memerlukan hosting dan domain sendiri. Kalian bisa mencoba sendiri untuk mengoperasikan platform satu ini.

6. Wattpad

Wattpad merupakan platform yang bagus bagi para penulis maupun pembaca, terutama cerita fiksi. Dalam platform ini, penulis juga dapat berinteraksi dengan pembaca melalui kolom komentar karya tulis mereka. Selain adanya pembaca yang solid, Wattpad juga memiliki fitur Paid Stories yang bisa kalian gunakan untuk menghasilkan uang.

Baca juga: Cara Mendapat Income di Atas 30 Juta Hanya dari Blog!! (Studi Kasus Pengalaman Pribadi)

Jika tulisan kalian memiliki banyak pembaca dan cukup populer, tidak menutup kemungkinan penerbit atau bahkan rumah produksi film datang melirik.

7. LinkedIn

Aplikasi satu ini, selain berfungsi sebagai pembangun karir professional, nyatanya juga bisa kalian gunakan untuk menulis blog. Dengan banyaknya tulisan yang kalian tulis di LinkedIn,  ada kemungkinan kalian mendapatkan pekerjaan melalui tulisan kalian.

Itulah beberapa rekomendasi platform blog yang dapat kalian gunakan untuk menuangkan ide, curhatan, konspirasi hati, atau apapun yang ingin kalian tuangkan. Dengan adanya perkembangan teknologi, karya tulis kalian juga akan semakin dikenal jika sering menulis di platform-platform tadi.

Semoga bermanfaat. Sekian, terima kasih.

Editor: Widya Kartikasari
Illustrator: Made Mirah

Seorang gamer yang pensi karena sadar akan pentingnya membaca dan menulis. Mencari arti kata kebahagiaan, merangkak menjadi seorang podcast enjoyer juga.

Artikel dari Penulis