Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Cara Menulis Artikel SEO

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Apakah kalian sudah mengetahui apa itu SEO? Dalam teknik kepenulisan pada suatu blog, biasanya para penulis blog sangat memerhatikan kaidah-kaidah SEO. Tujuannya adalah agar website mereka berada pada urutan teratas pada mesin pencari google.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu mengoptimasi konten tulisan pada blog agar dapat bersaing di mesin pencari dan mudah ditemukan oleh pengunjung.

SEO Friendly juga dapat berarti bahwa artikel kalian bisa menjadi lebih mudah ditemukan di mesin pencarian google.

Tidak hanya cukup pada kualitas konten tulisan yang sesuai kaidah KBBI, ataupun tulisan yang panjang sekali. Ada beberapa cara untuk membuat artikel yang bisa dibilang SEO Friendly. 

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk membuat tulisan artikel agar dapat bersaing di mesin pencari:

1. Riset keyword atau kata kunci

Yang pertama adalah lakukan riset keyword atau kata kunci untuk konten yang akan kalian tulis. Misalnya konten artikel yang akan dibuat bertemakan teknologi, dan kalian akan membahas mengenai Metaverse.

Baca juga: Masa Depan Wibu dalam Pusaran Metaverse

Lalu langkah yang harus kalian lakukan adalah meriset keyword tersebut dengan mesin riset keyword yang sudah ada banyak tersedia di google seperti, google keyword planner, ubersuggest, Ahrefs, dll.

Lihat potensi pengunjung, berapa banyak dalam satu bulan, apakah kata kunci ini memiliki banyak saingan dan masih banyak lagi yang harus diperhatikan. Gunakan juga kata kunci yang memiliki pesaing rendah agar potensi pengunjung kalian bertambah.

2. Menggunakan judul yang menarik

Tentu judul juga berpengaruh dengan minat pembaca atau pengunjung blog kalian. Usahakan juga menaruh kata kunci pada nama judul, misalnya kalian memilih kata kunci “manfaat NFT”, maka kalian dapat membuat judul “Inilah 7 manfaat NFT yang harus diketahui”

3. Perhatikan panjang artikel

Perhatikan pula panjang artikel, tidak semua artikel harus panjang dan jangan pula membuat artikel yang terlalu pendek. Misalnya artikel kalian berupa berita terkini, maka tampilkan secara ringkas tanpa harus membuat minimal 1000 kata. Cukup 250-300 kata. Dan jika kalian membuat artikel seperti artikel pembelajaran atau konten informasi, panjang artikel bisa dibuat minimal 600-700 kata. Dan lebih juga akan lebih baik.

4. Gunakan heading dan sub heading

Penggunaan heading dan sub heading akan membantu pengunjung untuk melihat secara jelas mana bagian judul dan subjudul yang harus dibaca. Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk membaca dan mengetahui informasi yang akan disampaikan.

5. Gunakan backlink internal maupun eksternal

Backlink atau link yang terhubung pada artikel juga dapat membantu artikel untuk mendapat bersaing dan mendapatkan banyak pengunjung.

Baca juga: Cara Mendapat Income di Atas 30 Juta Hanya dari Blog!! (Studi Kasus Pengalaman Pribadi)

Internal link adalah link yang terhubung dengan konten dalam blog yang sama, sedangkan eksternal link akan membantu blog kalian untuk lebih dipercaya oleh pengunjung karena memiliki sumber link dari blog luar yang lebih terpercaya.

6. Mengoptimalkan gambar

Kalian juga bisa memasukkan gambar agar artikel menjadi SEO Friendly. Beri kata kunci pada alternatif teks di gambar akan membantu bersaing di mesin pencari juga.

Gambar juga dapat membuat pengunjung lebih betah dan memahami maksud dari konten yang kalian tulis.

7. Perhatikan komponen teknis blog

Komponen teknis blog dapat berupa judul, link, meta deskripsi. Masukkan kata kunci juga pada link, meta deskripsi atau deskripsi artikel (biasanya ada pada beberapa platform blog). Judul biasanya maksimal 60 karakter, dan meta deskripsi berisi maksimal 160 karakter saja.

8. Manfaatkan plugin SEO

Jika kalian pengguna platform blog WordPress jangan lupa untuk menggunakan salah satu plugin SEO seperti Yoast SEO. Hal ini akan sangat mendukung kalian dalam menemukan permasalahan apa saja yang membuat artikel kalian tidak SEO Friendly.

9. Jangan ada kesalahan penulisan

Usahakan juga untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi pada artikel dan juga usahakan membuat artikel dengan paragraph yang singkat. Jangan terlalu panjang karena bisa membuat pembaca bosan. Minimalisir typo dan penggunaan bahasa yang tidak benar, jangan mengandung unsur yang negatif juga.

10. Konsisten membuat artikel dan melakukan promosi

Kalian juga harus konsisten dalam membuat artikel, hal ini bertujuan untuk membuat blog menjadi lebih hidup. Konsisten menulis dua hari sekali atau seminggu dua kali juga sudah cukup bagus. Hal ini akan membuat google menganggap blog artikel kalian tidak mati. Jangan lupa juga untuk melakukan promosi agar lebih banyak pengunjung yang datang.

Nah itulah beberapa cara menulis artikel SEO friendly agar lebih mudah ditemukan di Google.

Semoga bermanfaat. Sekian, terima kasih.

Referensi:

https://www.ekrut.com/media/cara-menulis-artikel-seo

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menulis-artikel/

Illustrator: Natasha Evelyne Samuel

Seorang gamer yang pensi karena sadar akan pentingnya membaca dan menulis. Mencari arti kata kebahagiaan, merangkak menjadi seorang podcast enjoyer juga.

Artikel dari Penulis