Tips Percaya Diri dalam Menulis

Tips Percaya Diri Dalam Menulis

Tips Percaya Diri dalam Menulis – Menulis merupakan kegiatan yang tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu mudah. Bisa dibilang, setiap orang pasti bisa menulis. Baik itu fiksi maupun non-fiksi. Baik itu bagus atau buruk. Tulisan seseorang tidak dilihat dari seberapa bagus tulisan tersebut dikomentari orang lain, melainkan seberapa maksimal dia dapat mengutarakan isi kepalanya. Hmmm, mungkin agak sulit dimengerti.

Inilah permasalahan setiap orang yang baru memulai tulisannya, yaitu “Tidak Percaya Diri”. Banyak orang yang selalu mempermasalahkan hasil akhir mereka, mengkhawatirkan bagaimana kalau tulisan yang dihasilkan nanti jelek, bagaimana nanti kalau orang lain tidak suka, atau bahkan bagaimana jika orang lain akan menjauhi saya jika tulisan saya jelek?

Pemikiran seperti ini tidak akan membuat tulisan kalian selesai, layar laptop atau pun kertas itu tidak akan terisi penuh dengan kata jika kalian masih takut memulai. Apa yang dapat direvisi jika tidak ada yang kalian tulis? Jika ingin menjadi seorang penulis, tetapi masih takut tulisannya jelek, hmmm mungkin lebih baik berpikir dua kali.

Baca juga: Hobi Menulis? Ini 5 Karir yang Paling Cocok untuk Kamu, Yuk Simak!

Tentu jangan berhenti dan menyerah begitu saja, berikut ini tips yang dapat kalian lakukan agar bisa lebih percaya diri dalam menulis.

Tips Percaya Diri dalam Menulis

1. Latihan menulis bebas

Yang bisa kalian lakukan pertama kali adalah mencoba menulis secara bebas. Dengan tema, ketentuan jumlah kata, dan gaya bahasa yang benar-benar kalian rasa nyaman. Cobalah latihan setiap hari tanpa harus mendapatkan komentar dari orang lain, coba nikmati sendiri dan jika sudah merasa lebih baik, cobalah tunjukkan kepada orang lain dan jangan terlalu berharap kalau tulisan kalian harus bagus.

2. Tidak ada tulisan yang sempurna

Yakini bahwa setiap draft awal dari semua penulis tidaklah selalu sempurna. Selalu ada kesalahan atau hal lain yang tidak sesuai kriteria pembaca. Setiap penulis akan selalu menulis dan setelah itu mereka akan merevisi jika ada kesalahan, dan sekali lagi “Apa yang ingin kalian revisi jika tidak ada yang kalian tulis?”

Maka dari itu, mulailah menulis dan jangan berharap kesempurnaan. Kalian hanya bisa berusaha untuk mengurangi setiap kesalahan yang ada dan jangan sampai terulang di tulisan yang lain.

3. Menulis dengan konsisten

Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, latihan menulis secara konsisten dan terjadwal dapat membantu kalian agar lebih percaya diri terhadap tulisan sendiri. Kalian bisa menemukan tempat yang nyaman juga untuk mendukung kegiatan menulis agar lebih konsisten. Dengan konsisten menulis dan jangan lupa juga belajar maka tulisan kalian akan menjadi semakin lebih baik.

4. Jangan terlalu memikirkan pendapat orang lain

Selalu ada orang yang mendukung dan ada pula yang sebaliknya. Jadi, jangan terlalu berharap mendapat komentar positif. Dan juga jangan terlalu sedih jika mendapat komentar negatif. Komentar negatif tersebut bisa kalian jadikan motivasi untuk menulis lebih baik lagi. Komentar positif juga dapat menjadi pemicu semangat, tetapi jangan sampai terlalu terlena. Tetaplah menulis dan jangan terlalu memikirkan pendapat orang lain, kalian hanya harus menulis, bersikap seadanya, dan mencoba lebih baik lagi.

Baca juga: Jangan Bebani Seseorang dengan Ekspektasi

5. Temukan motivasi

Selanjutnya adalah bagian yang juga bisa dibilang menjadi hiburan saat menulis. Menemukan motivasi saat menulis agar kalian memiliki semangat untuk menulis dapat kalian cari di mana saja. Contohnya adalah dengan melihat film-film yang bertemakan menulis atau dengan melihat media sosial para penulis sukses dengan buku atau blog pribadi yang mengagumkan. Membeli buku tentang motivasi menulis, mendapat motivasi dari orang sekitar atau orang tersayang. Hal ini dapat membuat kalian lebih percaya diri untuk menulis.

Itulah beberapa tips yang dapat kalian lakukan agar lebih percaya diri dalam menulis. Semoga bermanfaat. Sekian, terima kasih.

Editor: Widya Kartikasari
Illustrator: Umi Kulzum Pratiwi Nora Putri

Seorang gamer yang pensi karena sadar akan pentingnya membaca dan menulis. Mencari arti kata kebahagiaan, merangkak menjadi seorang podcast enjoyer juga.

Artikel dari Penulis