Perbedaan Topik, Tema, dan Judul

Perbedaan Topik, Tema, dan Judul

Dalam setiap penulisan, kita akan sering bertemu dengan istilah topik, tema, dan judul. Ketiganya memang mirip dan bahkan ada yang salah mengartikannya sebagai hal yang sama, padahal ketiganya adalah terminologi yang berbeda. Sebenarnya, ketiganya tidak hanya terbatas pada dunia kepenulisan yang berbentuk fiksi maupun nonfiksi, namun di dalam kehidupan sehari-hari juga dapat kita temui. Misalnya dalam diskusi atau ceramah, apakah itu tersampaikan secara eksplisit atau implisit, pasti mengandung unsur topik, tema, dan judul.

Untuk memahami lebih lanjut dan menghilangkan miskonsepsi pada ketiga istilah ini, akan saya jabarkan satu persatu, yang tentunya di akhir akan saya berikan gambaran contoh penerapannya.

1. Pengertian Tema

Yang pertama adalah tema. Dalam hierarki cakupan atau lingkupnya, tema adalah yang paling luas dibandingkan dengan topik dan judul. Menurut KBBI, tema adalah pokok pikiran atau dasar cerita. Yang disebut dengan dasar artinya dia berperan sebagai pondasi cerita atau karya tulis itu dibuat. Jadi, fungsi dari tema sendiri sebenarnya sebagai dasar suatu karya tulis saja. Tema memiliki lingkup atau cakupan yang sangat luas, sehingga bisa kita tarik ke mana-mana. Satu tema bisa kita gunakan sebagai dasar untuk membuat macam-macam tulisan. Kata tema sendiri berasal dari bahasa Yunani “tithenai” yang berarti “untuk mengatur atau menempatkan”.

Baca juga: Cara Jitu Membuat Pembaca Jatuh Cinta pada Tokoh Ceritamu/

2. Pengertian Topik

Yang kedua adalah topik. Dalam KBBI, topik diartikan sebagai pokok pembicaraan dalam diskusi, ceramah, karangan, dan sebagainya. Sesuai dengan lingkupnya yang lebih sempit daripada tema, topik merupakan pokok pembicaraan yang kita cuplik dari dasar pembicaraan (tema). Dari dasar cerita atau dasar sebuah tulisan dibuat, kita mengambil suatu bagian yang akan kita jadikan lingkup atau batas pembahasan. Kata topik sendiri secara etimologis berasal dari bahasa Yunani “topos” yang berarti tempat.

3. Pengertian Judul

Lingkup yang paling sempit adalah judul. KBBI mengartikan judul sebagai nama yang dipakai untuk buku atau bab dalam buku yang dapat menyiratkan secara pendek isi atau maksud buku atau bab itu. Singkatnya, judul adalah kepala suatu tulisan. Saking spesifiknya sebuah judul, dia bisa merepresentasikan isi atau maksud dari tulisan yang dikepalainya. Dari sebuah topik, kita bisa ambil pembahasan spesifik yang kita fokuskan, lalu jadilah itu sebuah judul.

4. Perbedaan Tema, Topik, dan Judul

Berbekal pengertian masing-masing istilah, kita bisa membuat kesimpulan perbedaan di antara ketiganya. Jadi, apa yang menjadi perbedaan utama antara tema, topik, dan judul adalah ruang lingkup atau cakupan antara ketiganya. Jika kita urutkan dari yang paling luas ke yang paling sempit atau spesifik, maka jadinya tema > topik > judul. Untuk lebih jelasnya, berikut penerapan tema, topik, dan judul.

Misalkan kita ingin menulis sebuah artikel tentang teknologi. Maka sebenarnya teknologi ini sudah bisa kita sebut sebagai tema. Namun, alangkah baiknya dari tema teknologi yang sangat luas cakupannya, kita ambil sub-tema, contohnya smartphone. Jadi, tulisan kita akan mengusung tema smartphone.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Hanya Bermodal Wifi dan Smartphone

Dari tema smartphone, coba kita cari topik yang ingin kita ambil. Misalkan topik yang akan kita fokuskan adalah mengenai smartphone murah. Maka smartphone murah adalah topik dari tulisan kita. Jelas ini lebih sempit dan lebih mengerucut daripada tema smartphone saja.

Nah, dari topik smartphone murah inilah kita buat lebih spesifik dan lebih fokus. Jika saya membuat tulisan dengan topik smartphone murah, maka saya bisa membuat macam-macam judul.

  • Smartphone Murah di Bawah 3 juta
  • Smartphone Murah Keluaran Terbaru September 2022
  • Persaingan Oppo dan Xiaomi dalam Memperebutkan Pasar Smartphone Murah
  • Smartphone Murah tapi Lancar untuk Main Mobile Legend
  • Geger Apple Ikut Meramaikan Persaingan Smartphone Murah dengan iPhone 00X
  • Xiaomi Masih Menjadi Primadona di Kalangan Pecinta Smartphone Murah di Indonesia
  • Dll.

Jadi, bagaimana? Semoga paham ya perbedaan dari tema, topik, dan judul. Sekian dulu untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat~.

Pentjari retjehan onlen, pengangguran yang berusaha kaya, jelas wibu sejati. Pernah kuliah juga sih, 4 tahun.

Artikel dari Penulis