Cara Jitu Membuat Pembaca Jatuh Cinta pada Tokoh Ceritamu

Jatuh Cinta pada Tokoh Ceritamu

Cara Jitu Membuat Pembaca Jatuh Cinta pada Tokoh Ceritamu – Tokoh merupakan salah satu unsur intrinsik cerita. Tokoh dan penokohan dapat menjadi salah satu sarana yang dilakukan penulis dalam memikat hati pembaca. Menciptakan tokoh yang mampu membuat pembaca jatuh cinta menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa penulis

Tokoh adalah individu ciptaan pengarang yang mengalami peristiwa dalam berbagai peristiwa dalam cerita, sedangkan penokohan adalah penggambaran secara jelas mengenai karakter tokoh yang ditampilkan dalam sebuah cerita.

Karakter Tokoh

Sesuai dengan karakternya, tokoh dibagi menjadi tiga jenis, yaitu protagonis, antagonis, dan tritagonis. Yuk simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Protagonis

Protagonis adalah tokoh yang memiliki watak baik dan biasanya menjadi tokoh utama dalam cerita. Tokoh protagonis sering digambarkan memiliki sifat yang rendah hati, penyabar, jujur, dan suka menolong. Karakter baik yang dibawakan tokoh ini biasanya disukai pembaca.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Novel dan Novelet

2. Antagonis 

Antagonis adalah tokoh yang memiliki watak buruk dan biasanya menjadi musuh tokoh protagonis. Tokoh antagonis sering menggambarkan seseorang dengan sifat pendendam, pembohong, sombong, pembuat masalah, atau pembangkang.

3. Tritagonis

Tritagonis adalah tokoh yang menjadi penengah antara tokoh protagonis dan antagonis. Tokoh tritagonis menunjukkan seseorang yang bersikap netral atau tidak memihak tokoh mana pun. Tokoh tritagonis biasanya sering menggambarkan seseorang yang bijak, tegas, penyabar, dan tenang.

Cara Jitu agar Pembaca Jatuh Cinta pada Tokoh Ceritamu

Dalam penulisan cerita, penulis harus pandai menciptakan tokoh yang terasa nyata bagi pembaca. Berikut ini beberapa cara jitu yang dapat kamu lakukan supaya pembaca jatuh cinta pada tokoh ceritamu.

1. Ciptakan tokoh yang unik

Keunikan tokoh dapat berasal dari sifat, penampilan, cara tokoh menjalani kehidupan, dan lain sebagainya. Kamu harus mampu menciptakan satu atau dua tokoh utama yang kuat dan berbeda dari tokoh lainnya sehingga mampu membuat pembaca terkesan. Unsur cerita lainnya, seperti alur dan latar, juga perlu kamu perhatikan untuk menunjang karakter tokoh tersebut. 

2. Berikan tokoh kelemahan dan kelebihan

Selama proses pembuatan karakter, tokoh kamu perlu menunjukan pada pembaca mengenai kelemahan dan kelebihan yang dimiliki tokoh tersebut. Hal ini bertujuan agar tokohmu terlihat sama seperti manusia pada umumnya dan terasa lebih nyata. Dengan begitu, pembaca akan jatuh cinta secara natural kepada tokoh tersebut. 

3. Buat pembaca terinspirasi

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah membuat sebuah rangkaian cerita yang membuat tokoh tersebut mengambil-alih kuasa perannya. Buatlah beberapa peristiwa yang menggambarkan bagaimana cara tokoh tersebut menyelesaikan permasalahan hidupnya, cara dia menghargai seseorang, dan berbagai peristiwa berkesan lainnya. Hal ini dilakukan agar tokohmu terlihat hebat sehingga hati pembaca menjadi tergerak dan terinspirasi ingin menjadi tokoh tersebut. 

4. Buat pembaca merasa simpati

Simpati adalah perasaan individu yang peduli atau tertarik kepada orang lain secara emosional. Langkah yang dapat kamu lakukan untuk menarik simpati pembaca adalah melalui pemikiran tokoh, sikap baik tokoh, penampilannya, dan hal lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menarik simpati pembaca dengan menempatkan tokoh dalam situasi yang sulit yang mengharuskannya menghadapi kehidupan yang menyedihkan.

Baca juga: Menulis Tangan atau Mengetik di Laptop, Lebih Baik Mana?

Setelah membaca informasi di, atas kamu sudah tahu ‘kan betapa pentingnya peran tokoh dalam sebuah cerita? Bagaimana dengan tokoh yang kamu buat? Apakah sudah mampu menarik hati pembaca? 

Sekian informasi mengenai cara jitu membuat pembaca jatuh cinta pada tokoh ceritamu. Apakah kamu sudah menciptakan tokoh terbaikmu?

Yuk, mulai ciptakan ide cemerlang dari sekarang!

Artikel ini merupakan kolaborasi Kapito.id dengan Detak Pustaka.

Editor: Widya Kartikasari
Visual Designer: Design by Ghani

Jembatan penulis untuk mendapatkan layanan pendidikan, penerbitan, percetakan dan pendistribusian buku yang saling terintegrasi dengan kualitas terbaik.

Artikel dari Penulis