5 Tips Agar Tidak Mudah Terjebak Investasi Bodong

Tidak Terjebak Investasi Bodong

5 Tips Agar Tidak Mudah Terjebak Investasi Bodong

Investasi kini menjadi topik yang cukup sering muncul pada percakapan anak muda hingga dewasa. Berbagai macam instrumen investasi yang muncul pun semakin beragam mulai dari koin digital hingga NFT yang kini semakin muncul di permukaan. Sebenarnya, apapun jenis instrumen yang digunakan untuk investasi, seharusnya memiliki tujuan akhir yang sama yaitu memenuhi tujuan finansial.

Namun, banyaknya jenis investasi baru pun harus kita tanggapi dengan hati-hati. Apalagi akhir-akhir ini banyak kasus investasi bodong yang merugikan banyak orang. Dengan mudahnya mereka terpedaya oleh janji manis orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Niat hati ingin meraup keuntungan, tapi justru malah berakhir pada hilangnya aset yang dimiliki. Oleh karena itu, di sini saya ingin memberikan tips mudah bagaimana menghindari investasi bodong agar kita dan orang terdekat tidak ikut terjebak di dalamnya. Cuss langsung saja.

  1. Benahi Pola Pikir

Satu hal yang dilupakan orang yang ingin memulai investasi adalah konsep dasar. Bayangkan saja kita ingin menginvestasikan aset yang kita miliki, namun kita sembrono dan tidak berpikir panjang tentunya akan sangat berbahaya. Banyak orang yang mengira bahwa investasi merupakan jalan pintas untuk menjadi kaya sehingga mereka tak ragu mengeluarkan seluruh asetnya dengan harapan ingin menggandakan uang dengan sekejap mata. Apabila kita sudah expert dan lama menekuni bidang ini mungkin bisa saja melakukan hal tersebut, tetapi sebagai pemula pola pikir semacam itu sangatlah berbahaya. Belajar secara perlahan dan menjauhi pikiran “mendapat keuntungan secara instan” adalah pola pikir terbaik dalam melakukan investasi.

Baca juga: Aspiring Middle Class: Mayoritas yang Tak Terlihat

  1. Bersikap Skeptis

Berdasarkan kasus penipuan yang kemarin sempat hadir melalui binary option, banyak orang yang terlalu mudah percaya dengan orang hanya dengan iming-iming harta yang dipamerkan. Untuk itu, bersikap skeptis dalam hal ini perlu ditanamkan agar kita tidak mudah tergocek dengan hal-hal semacam itu. Intinya, jangan mudah percaya pada orang lain dalam hal investasi dan biarkan kalian paham secara sendirinya mengenai investasi melalui proses yang ada. Jangan sampai kita mengeluarkan uang dengan mudahnya hanya karena melihat orang lain sukses dan memamerkan kemewahan yang dimiliki. Kita harus memegang prinsip bahwa tidak ada sebuah investasi yang memungkinkan kita untuk mendapat keuntungan cepat dengan modal yang sedikit. 

  1. Perhatikan Template

Investasi bodong biasanya memiliki sebuah template yang sejak dulu tidak pernah berubah. Ya benar, mereka selalu menawarkan keuntungan secara instan dalam waktu yang singkat dan memaksa kita untuk mengeluarkan semua aset yang kita miliki untuk menggandakan keuntungan tersebut. Kemudian, mereka biasanya menggunakan orang-orang dengan gaya nyentrik dan pintar dalam melakukan persuasi untuk mengajak kita sebagai pemula dengan iming-iming kemewahan yang dipamerkan. Apabila ada orang antah-berantah tanpa background yang jelas tiba-tiba menjadi miliarder dan mengajak kita untuk menjadi orang kaya seperti mereka, bukankah hal tersebut sangat janggal? Bagaimana, apakah kalian sadar dengan template ini?

  1. Biasakan Riset

Kemunculan banyaknya instrumen investasi baru sebenarnya bukan menjadi permasalahan yang besar karena seperti penjelasan sebelumnya, investasi pada akhirnya bertujuan ke jalan yang sama. Namun, tak ada salahnya membiasakan riset mengenai berbagai macam investasi ini. Apabila ada tren yang sangat menggiurkan dari segi keuntungan, jangan mudah terkena FOMO dan sekadar mengikuti tren saja untuk melakukan investasi pada instrumen tersebut. Apabila kita ingin melakukan investasi, kita memerlukan kesadaran penuh di mana uang kita akan berlabuh dan bagaimana track record orang yang terlibat dalam investasi tersebut. Cari informasi sebanyak-banyaknya hingga kita yakin bahwa investasi tersebut aman dan berpotensi. Intinya jangan malas dan hindari ikut-ikutan!

Baca juga: Climate Anxiety dan Cara Menanganinya

  1. Kontrol Diri

Mengontrol diri merupakan hal yang paling sulit dalam melakukan investasi. Ketika kita melihat orang lain meraup keuntungan secara cepat apalagi kita sedang dalam keadaan yang kurang stabil dari segi ekonomi, hal tersebut menjadi makanan empuk bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengajak kita ke jurang investasi bodong ini. Kalau pun memang terdapat investasi yang menguntungkan, jangan langsung mengambil resiko untuk menginvestasikan seluruh aset yang dimiliki. Ingat, urusan duit jangan dianggap sepele!

Itulah beberapa tips yang bisa kalian ingat agar tidak mudah terjebak ke dalam investasi bodong. Apabila kita menemukan kejanggalan dari sebuah investasi, ingat segera beberapa poin ini. Mendapatkan keuntungan besar memang menjadi idaman semua orang, tapi jangan lupakan kemungkinan kerugian yang kita dapatkan apabila salah memilih tempat untuk menginvestasikan aset kita.

Editor: Firmansah Surya Khoir
Illustrator: Made Mirah

Sepertinya mahasiswa biasa aja.

Artikel dari Penulis