Calon Maba Wajib Tau! 8 Tipe Mahasiswa Ini Bakal Disegani di Lingkungan Kampus

8 Tipe Mahasiswa

8 Tipe Mahasiswa Ini Bakal Disegani di Lingkungan Kampus – Di kesempatan apapun kamu bakal menemukan orang-orang yang sangat disegani di lingkungannya. Entah itu karena dia seorang pemimpin, pejabat, tokoh masyarakat, tokoh agama, bahkan orang biasa yang disegani pun ada. Hal ini juga berlaku di dunia kampus, kamu bakal menemukan mahasiswa-mahasiswa yang disegani di kampusnya. Baik itu dari teman sesama mahasiswa bahkan hingga dosen. Berikut bakal aku jabarin tipe-tipe mahasiswa yang disegani di kampus. Apakah kamu termasuk di dalamnya?

  1. Memiliki Kemampuan Critical Thinking-Problem Solving

Mahasiswa pintar sudah menjadi hal yang pasti dipandang baik di lingkungan pendidikan. Namun, pintar aja enggak cukup. Di dunia kampus kamu juga harus menjadi mahasiswa yang memiliki kemampuan critical thinking (berpikir kritis), ditambah kemampuan problem solving (memecahkan masalah) yang ada aja idenya. Kalau udah gini, kamu bakal dipandang bagus di mata dosen terlebih sesama mahasiswa.

  1. Pemimpin Karismatik 

Karisma sang pemimpin menjadi suatu hal yang bisa banget membuat seorang mahasiswa menjadi sangat disegani di kampus. Mahasiswa yang sudah pernah menjadi pemimpin, apakah itu menjadi ketua ormawa, ketua pelaksana acara, menjadi pemimpin di lingkungan luar kampus, dan sebagainya. Tentu bakal dinilai orang-orang sebagai individu yang memiliki power dan memiliki magnet-nya tersendiri. 

Kenapa bisa gitu? Karena memang mereka tahu bahwa menjadi pemimpin itu baik dalam ruang lingkup yang kecil, apalagi yang besar itu tidaklah mudah. Tidak semua orang mampu, terlebih skill leadership memang sangat diperhitungkan dalam bidang apapun itu saat sekarang ini. Maka bagi mahasiswa yang sudah mampu dan memiliki pengalaman memimpin, udah bisa dipastikan sebagai mahasiswa yang enggak biasa dalam tanda kutip yang positif.

  1. Jago Public Speaking

Public speaking udah menjadi hal yang benar-benar penting terlebih di dunia kampus. Karena kemampuan berbicara di depan umum ini akan sangat dibutuhin dalam berbagai kesempatan. Menariknya, enggak semua mahasiswa itu pandai berbicara dan tampil di depan umum. Sebab, public speaking memang salah satu kemampuan yang tidak mudah dikuasai. Dibutuhkan latihan dan ketekunan dalam mengasahnya. Tak heran kalau kamu bakal terkesima melihat temanmu yang tampil di depan massa yang banyak, berbicara dengan lancar, dan mempesona.

  1. Mahasiswa Kura-Kura (Kuliah Rapat) Alias Anak Organisasi

Tipe mahasiswa ini sering digolongkan sebagai anak ambis di dunia kampus. Karena memang kerjaannya mondar-mondir dari rapat ini dan rapat itu, panitia acara ini dan acara itu. Effort dan etos kerja yang luar biasa inilah, pada akhirnya membuat orang disekitarnya kagum dengan ketekunan dan kerja kerasnya. Ditambah dengan kemampuan softskills yang dia miliki sebagi perolehan yang didapat dari pengalamannya berorganisasi.

  1. Mahasiswa yang Akrab dengan Dosen

Mahasiswa yang akrab sama salah satu dosen, itu bakal membuat mahasiswa itu akan jauh dari kata diremehin di lingkungan kampus dan teman-temannya. Hal ini enggak terlepas dari tidak mudahnya mahasiswa mendekati dosen, sehingga ketika seorang mahasiswa udah bisa akrab dengan dosen, itu udah bisa dinilai sebagai hal yang luar biasa di dunia kampus.

  1. Mahasiswa Alim

Orang yang paham ilmu agama sudah menjadi hal yang pasti akan disegani oleh lingkungan sekitarnya, hal ini berlaku hampir di semua tempat dan kesempatan. Di lingkungan masyarakat pasti kamu bakal nemuin fakta bahwa orang yang memiliki kedalaman ilmu tentang agama akan sangat disegani di lingkungannya, hal ini juga berlaku di dunia kampus loh. 

Orang yang paham dengan ilmu agama dan rajin beribadah akan dipandang sebagai individu yang positif dan jauh dari kata toxic oleh orang di sekitarnya, baik mahasiswa bahkan dosen. Tipe mahasiswa seperti ini akan menjadi orang yang disenangi oleh orang sekitarnya karena aura positifnya bisa dirasakan. 

Di kampus-kampus yang tidak ber-basic agama, tipe mahasiswa satu ini hanya ditemui pada individu-individu tertentu saja. Tak jarang kamu bakal jumpai panggilan pak ustaz atau ustazah untuk mahasiswa tipe ini.

  1. Mahasiswa Berprestasi

Selain anak organisasi, dikenal juga anak prestasi di dunia kampus. Mahasiswa yang memenangkan suatu event perlombaan akan dielu-elukan oleh pihak kampus. Hal ini tidak lepas dari prestasi yang dia torehkan akan memberikan citra baik kepada kampusnya. Bagi kalangan mahasiswa berprestasi adalah hal yang sangat luar biasa, karena tak semua orang mampu mengikuti suatu kompetisi, terlebih hingga mengalahkan para kompetitornya.

  1. Jago Bahasa Asing

Kemampuan bahasa asing juga bikin orang-orang di kampus segan sama kamu loh, terlebih memang di lingkungan mahasiswanya yang memang kemampuan berbahasa asingnya agak kurang. Mahasiwa yang jago bicara bahasa asing bakal dipandang sebagai mahasiswa yang memiliki nilai plus dibandingkan orang-orang sekitarnya. Terlepas bahasa asing apa yang dia kuasai.

Ternyata kepemilikan harta yang banyak, tampang cantik, dan rupawan tidak menjadi jaminan seorang mahasiswa akan disegani di lingkungan kampusnya. Hal ini tidak terlepas dari nilai yang berlaku di dunia perguruan tinggi sendiri yang memiliki orientasi dan menitikberatkan pada kemampuan-kemampuan akademis dan berintelektual. 

Nah, sekarang kamu udah tau 8 tipe mahasiswa yang bakal disegani di kampus, untuk calon maba mulai ancang-ancang nih mau jadi tipe mahasiswa yang mana, atau masuk ke beberapa tipe mahasiswa, atau bahkan maruk mau masuk ke semua tipe di atas, boleh aja.

Editor: Firmansah Surya Khoir
Visual Designer: Al Afghani

Bagikan di:
Pemulung Informasi, yang Animo dalam Membagikan Buah Pikirannya. Selalu Ingin Menjadi Orang yang Bermanfaaat Bagi Orang Lain dalam Jalur Koridor yang Lurus.

Artikel dari Penulis