Menulis Tangan atau Mengetik di Laptop, Lebih Baik Mana?

Menulis tangan

Menulis merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan kini menulis menjadi semakin mudah dengan adanya alat seperti laptop atau smartphone.

Sejak dulu, menulis sudah menjadi kegiatan untuk menyampaikan sebuah informasi, mulai dari coretan di dinding, gua batu, sampai adanya penemuan mesin tik hingga komputer yang membantu manusia dalam menulis. 

Meski begitu, menulis di laptop tentu berbeda dengan menulis tangan di kertas. Kita sering menulis di kertas, baik itu di buku pelajaran sekolah, buku catatan pribadi, atau apapun itu.

Semakin berkembangnya zaman, menulis sekarang dengan mudah dapat dilakukan hanya dengan mengetik di laptop, tidak lagi selalu membutuhkan pensil, pena, atau kertas lagi.

Akan tetapi, sebenarnya dari kedua teknik ini, baik menulis denga tangan di kertas maupun mengetik di laptop, memiliki kelebihan dan manfaat masing-masing hingga sekarang ini.

Menulis dengan tangan tidak bisa dianggap sebagai ketinggalan zaman, berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki teknik menulis dengan tangan dan mengetik di laptop

Menulis Tangan

1. Melatih kemampuan otak

Dengan menulis tangan menggunakan kertas dan pensil, otak dan otot secara otomatis akan melakukan sinkronisasi agar tulisan sesuai dengan yang ada di pikiran kita. Hal ini secara otomatis mengaktifkan area otak yang berhubungan dengan membaca, memori kerja, dan bahasa. Proses inilah yang membuat kemampuan motorik bekerja dan membantu untuk mengoptimalkan kerja otak.

Baca juga: Lima Tips agar Self Healing dengan Menulis Semakin Efektif

2. Meningkatkan fokus

Menulis di kertas juga mampu mengasah fokus kalian. Karena menulis membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk menuangkan tulisan di kertas, dengan begitu kemampuan fokus kalian juga akan meningkat.

3. Melatih memori

Menulis menggunakan tangan juga membantu kita dalam menghafal sesuatu yang sulit. Sebelum adanya komputer, proses menulis adalah cara paling umum untuk menjaga ingatan kita tetap baik. Dengan menulis tangan, kita dapat memahami apa yang ditulis dengan lebih mudah sekaligus melatih ingatan.

4. Meningkatkan kreativitas

Dengan menulis di kertas, kalian bisa saja meningkatkan kreativitas dalam kegiatan sehari-hari, dengan sering melatih kemampuan motorik tangan, meningkatkan kreativitas, atau daya cipta yang dimiliki asalkan rutin melakukannya.

5. Bisa menulis di mana saja

Selain itu, menulis dengan kertas atau buku juga lebih mudah untuk dilakukan di mana saja. Kalian tentu akan kesulitan jika harus selalu membawa laptop atau smartphone untuk menulis catatan karena takut hilang atau sulit membawanya. Dengan kertas dan pensil, menulis akan lebih mudah dilakukan.

Mengetik di Laptop

1. Tulisan lebih rapi

Tulisan yang diketik di laptop tentu bisa dibilang lebih rapi, kalian bisa menyusun dengan sistematika yang sesuai dengan keinginan atau bisa mengubah font serta ukuran dari teks.

2. Tulisan mudah disimpan

Tulisan yang diketik juga lebih mudah disimpan dan tidak mudah hilang, karena penyimpanan laptop atau smartphone yang lebih canggih. Berbeda dengan menulis di kertas yang bisa saja hilang tanpa kita sadari.

Baca juga: Pentingnya Batas Jumlah Kata dalam Menulis

3. Menghemat waktu dan tenaga

Dengan mengetik, kalian akan menghemat waktu dan juga tenaga. Kalian akan lebih cepat mengetik di laptop daripada di kertas. selain itu tenaga yang dibutuhkan juga tidak semelelahkan menulis dengan tangan di kertas. 

4. Bisa mengirim tulisan dengan mudah

Kalian juga dapat bertukar tulisan atau saling kirim teks dengan mudah jika menggunakan laptop atau smartphone. Tulisan akan tetap rapi dan tidak mudah hilang. Selain itu, melalui laptop kalian juga bisa meng-upload tulisan di platform blog pribadi atau blog orang lain agar bisa dilihat oleh orang lain.

5. Mengikuti perkembangan zaman

Kelebihan selanjutnya adalah kalian telah mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Mengetik tulisan di laptop akan memudahkan segala urusan dengan efisiensi waktu dan tenaga yang diberikan.

Kalian juga bisa membangun portofolio tulisan, misalnya tulisan di bog, media sosial, lomba blog, dan masih banyak lagi. Media digital mampu membantu portofolio kalian agar bisa dilihat oleh orang lain, dan supaya memudahkan kalian mendapatkan pekerjaan, terutama dalam bidang kepenulisan.

Itulah beberapa perbandingan kelebihan atau manfaat dari menulis tangan di kertas dan mengetik di laptop. Semoga bermanfaat. 

Sekian, terima kasih.

Editor: Widya Kartikasari
Illustrator: Natasha Evelyne Samuel

Seorang gamer yang pensi karena sadar akan pentingnya membaca dan menulis. Mencari arti kata kebahagiaan, merangkak menjadi seorang podcast enjoyer juga.

Artikel dari Penulis