Search
Close this search box.

Resensi Buku “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam”

Resensi Buku Manajemen Lembaga Pendidikan Islam

Judul Buku: Manajemen Lembaga Pendidikan Islam
Pengarang: Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I.
Penerbit: NAJAHA
Cetakan: I, 2022
Tebal Buku: 151 halaman
ISBN: 978-623-99296-3-3
Harga Buku: Rp55.000 – Rp65.000

Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam menyiapkan kader penerus masyarakat yang unggul dan berkualitas. Sehingga, pendidikan harus selalu menghasilkan produk manusia yang senantiasa siap menghadapi perubahan zaman terutama pada era informasi, reformasi, dan globalisasi di samping membimbing pertumbuhan dan perkembangan manusia itu sendiri dalam proses kehidupannya.

Pendidikan Islam pada dasarnya membicarakan dan membahas tentang kualitas pendidikan yang bermutu. Unggulnya pendidikan adalah harapan berbagai pihak, yang mendorong para ahli dan pegiat pendidikan Islam menyumbangkan pemikiran dan pendapatnya tentang hal tersebut dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Islam. 

Maka dari itu, dalam rangka menciptakan pendidikan Islam yang berhasil dan berkualitas, kita perlu mengkaji dan memahami mengenai manajemen lembaga pendidikan Islam tersebut. Hal ini dibahas dalam buku yang berjudul Manajemen Lembaga Pendidikan Islam karya Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I., beliau merupakan salah satu dosen Fakultas Agama Islam (FAI) dan Program Pascasarjana (S2) Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Jawa Timur, dari mulai tahun 2017 sampai sekarang. Selain menjadi dosen beliau juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Selain itu, beliau juga aktif menulis artikel di media massa baik online maupun koran, serta menulis di berbagai jurnal ilmiah nasional.

Baca juga: Menghadapi Tantangan Kehidupan dengan Perspektif Mark Manson

Buku Manajemen Lembaga Pendidikan Islam merupakan salah satu buku yang membahas tentang berbagai persoalan dan metode-metode mengenai manajemen lembaga pendidikan dari sudut pandang Islam sesuai perspektif Al-Qur.’an dan Hadis yang bertujuan untuk meningkatkan lembaga-lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan Islam.

Di dalam buku ini, penulis telah membagi semua pembahasan menjadi 12 bab. Berbagai persoalan serta metode dalam sistem manajemen lembaga pendidikan Islam semua dibahas di dalam 12 bab tersebut secara jelas dan rinci.

Dari beberapa aspek yang dimuat, buku ini membahas dan menjelaskan bagaimana peran manajemen dalam lembaga pendidikan Islam. Salah satunya penulis menjelaskan bahwa seorang kepala sekolah atau madrasah harus mampu menjadi pemimpin. Hal tersebut telah dipaparkan penulis secara jelas dalam pembahasan mengenai kepemimpinan kepala madrasah, performa kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, serta dasar dan karakteristik kepemimpinan Islam. Dimana semua hal tersebut diperlukan guna memaksimalkan fungsi dari pemimpin sebuah lembaga pendidikan untuk mencapai lembaga pendidikan yang bermutu.

Buku ini juga memberikan penjelasan serta pemahaman tentang bagaimana cara pengoperasian fungsi-fungsi manajemen dalam sebuah lembaga pendidikan, bagaimana pendidikan secara kelembagaan, serta beberapa faktor pembentuknya.

Kelebihan dari buku ini yaitu pembahasan serta penjelasan  yang terdapat di dalamnya sudah cukup lengkap karena dalam buku ini penulis telah membahas satu persatu tentang persoalan dan metode-metode manajemen lembaga pendidikan Islam secara rinci, singkat, dan padat. Di antaranya adalah kepemimpinan Islami madrasah, manajemen perumusan visi, misi, tujuan, renstra, dan SOP pada madrasah, manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen peserta didik dan alumni pada madrasah, manajemen perubahan di madrasah, manajemen konflik pada madrasah, manajemen kurikulum pembelajaran pada sekolah atau madrasah, manajemen keuangan dan pembiayaan pada madrasah, manajemen peran serta masyarakat (stakeholder) dan kemitraan pada madrasah, manajemen budaya dan lingkungan madrasah, serta manajemen keterbukaan informasi pada madrasah. Buku ini juga sangat cocok dibaca oleh kalangan mahasiswa yang sedang menempuh studi di Fakultas Agama Islam (FAI) khususnya jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), para dosen, serta para guru maupun calon guru.

Selanjutnya, untuk kelemahan pada buku ini yaitu masih terdapat beberapa bahasa asing yang belum diberikan keterangan atau penjelasan sehingga masih menimbulkan tanda tanya atau kebingungan pada pembacanya terutama bagi mereka yang masih awam dengan bahasa asing. Selain itu, dalam pengaturan layout dan penyusunan kalimat masih ada beberapa yang belum tepat, masih terdapat beberapa kalimat atau kata yang diulang-ulang. Lembaga pendidikan harus mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen pendidikan bukan hanya dalam pengertian yang sempit, tetapi juga dalam pengertian yang lebih luas. Artinya, dalam pelaksanaan manajemen pendidikan juga seharusnya melihat faktor-faktor lain di luar persoalan utama sistem pendidikan. Produk manajemen lembaga pendidikan—baik berupa metode pembelajaran, sistem pembelajaran, media pembelajaran, maupun program-program studi yang ditawarkan oleh sebuah lembaga pendidikan—harus disesuaikan dengan perkembangan zaman, agar tujuan lembaga pendidikan dapat tercapai dengan baik, serta manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh orang lain maupun pihak yang akan menggunakan produk dari lembaga pendidikan tersebut.

Editor: Widya Kartikasari
Visual Designer: Al Afghani

Bagikan di:
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Fakultas FAI, Prodi PAI.

Artikel dari Penulis