Mengenal Apa Itu Content Writer

Mengenal Apa Itu Content Writer

Mengenal Apa Itu Content Writer

Salah satu profesi yang banyak dibutuhkan saat ini, apalagi di tengah era digital, adalah Content Writer. Profesi Content Writer mempunyai peran penting dalam suatu perusahaan. Tugas dari seorang content writer sesuai dengan namanya tentu saja menulis, tetapi tidak sembarangan menulis. Dibutuhkan kemampuan khusus yang dimiliki.

Profesi ini dapat dilakukan oleh siapa saja, dan bahkan juga di mana saja. Jika kalian memiliki minat atau bakat dalam hal kepenulisan, profesi Content Writer dapat menjadi rekomendasi profesi yang bagus.

Nah, mari kita ketahui lebih lanjut mengenai apa itu content writer? Dan apa saja jenis, skill yang dibutuhkan serta tugas yang harus dikerjakan oleh seorang Content Writer.

Apa itu Content Writer?

Content writer adalah profesi penulis yang bertugas untuk menulis sebuah konten yang menarik dan informatif. Konten ini dapat berupa artikel, script, ebook, atau yang lain.

Baca juga: Membacalah, Tapi Jangan Bodoh

Platform penyampaian dari konten cukup beragam, mulai dari platform blog, website, dan juga media sosial.

Content writer juga berperan dalam hal marketing. Hal ini karena dengan tulisan, informasi yang disampaikan akan sampai dan mudah diterima oleh para audien.

Jenis Content Writer

Profesi dari content writer dapat diketahui dari beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

1. SEO Content Writer

SEO content writer biasanya bertugas untuk membuat konten tulisan yang dapat bersaing di mesin pencari Google.

Biasanya, banyak perusahaan yang membutuhkan orang dengan kemampuan ini. Tujuannya tentu agar banyak yang mengunjungi website dari perusahaan tersebut. Seorang content writer tersebut harus benar-benar paham akan SEO.

2. Technical Content Writer

Seorang technical content writer harus bisa menulis informasi teknis seperti tutorial yang mudah dipahami oleh orang lain.

3. Social Media Content Writer

Content writer yang satu ini bertugas menulis dalam sebuah konten untuk media sosial seperti Instagram, Facebook, dll.

4. Jurnalis

Seorang jurnalis bertugas menulis berita, layaknya seorang reporter. Seorang jurnalis biasanya menulis di portal berita, website, dan media.

5. Blogger

Selanjutnya adalah blogger, yaitu seorang content writer yang menulis untuk blog pribadi. Blogger dapat bebas memilih topik dan menentukan sendiri gaya bahasa yang dimiliki.

Skill yang Hendaknya Dimiliki Content Writer

1. Kepenulisan

Seorang content writer tentu wajib memiliki skill atau kemampuan kepenulisan, karena memang pekerjaan ini merupakan pekerjaan menulis. Menjadi content writer harus bisa menguasai tata bahasa yang baik dan benar sesuai KBBI.

2. SEO

SEO menjadi nilai tambah bagi para penulis, apalagi seorang SEO Content Writer yang memang diwajibkan menguasai SEO.

3. Riset

Riset juga menjadi hal yang wajib dikuasai. Dengan melakukan riset, informasi yang diperoleh bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Informasi yang diperoleh juga harus sesuai fakta dan data yang ada.

Baca juga: Analisis Kekuatan Utama dalam Menciptakan Megatren

4. Peka terhadap tren

Yang selanjutnya yaitu peka terhadap tren. Dengan mengikuti tren, audiens juga dapat bertambah dengan pesat.

5. Paham teknologi

Memahami perkembangan teknologi juga termasuk skill yang harus dikuasai, karena seorang content writer bekerja dengan bantuan teknologi.

Seorang content writer harus berhadapan dengan laptop, menulis di berbagai platform, dan diharapkan juga menguasai media sosial.

Tugas Content Writer

1. Membuat konten

Tugas dari seoarang content writer tentunya adalah membuat konten, sesuai dengan namanya, yaitu membuat konten tulisan yang memiliki tujuan dan bersifat informatif.

2. Melakukan riset

Melakukan riset juga bagian dari pekerjaan seorang content writer. Riset bisa berupa mencari topik yang sedang hangat dibicarakan, kata kunci, volume pengunjung, dan masih banyak lagi.

3. Mengedit

Selanjutnya tentu saja melakukan editing untuk memastikan tidak ada kesalahan pada tulisan yang telah dibuat.

4. Mempublikasi konten

Setelah itu melakukan publikasi konten, baik melalui website, blog pribadi, maupun melalui media sosial.

5. Optimasi SEO

Mengoptimasi SEO menjadi hal yang penting jika tulisan kalian yang dimuat di website ingin berada pada posisi pertama mesin pencari Google.

Itulah penjelasan mengenai apa itu content writer dan juga jenis, skill, serta tugas seorang content writer. Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://www.niagahoster.co.id/blog/content-writer-adalah/

https://www.kitalulus.com/seputar-kerja/pekerjaan-content-writer

https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-content-writer/#.Ym6VWnbP3IW

Illustrator: Natasha Evelyne Samuel

Seorang gamer yang pensi karena sadar akan pentingnya membaca dan menulis. Mencari arti kata kebahagiaan, merangkak menjadi seorang podcast enjoyer juga.

Artikel dari Penulis