5 Kesalahan dalam Menentukan Jurusan Kuliah

Kesalahan dalam Menentukan Jurusan

5 Kesalahan dalam Menentukan Jurusan Kuliah

Buat kalian yang akan lulus dari SMA/SMK/MAN dan sedang mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi. Kalian sudah menentukan belum perguruan tinggi mana yang akan kalian pilih? Nah, dengan tujuan untuk berbagai pengalaman berikut ini kesalahan-kesalahan yang sering menyebabkan calon mahasiswa salah mengambil jurusan kuliah:

1. Tujuan Belum Jelas

Masuk perguruan tinggi yang terkenal memang menjadi idaman setiap mahasiswa. Jika hanya mementingkan tren namun belum memilih jurusan apa yang menjadi minat dan bakat. Bisa membuat kalian tidak fokus loh. Nah, buat kalian coba deh pelajarin dulu jurusan apa yang kalian inginkan. Nanti baru deh, pilih perguruan tinggi yang cocok dengan jurusan yang kalian pilih.

2. Ikut-Ikutan

Siapa hayo yang memilih perguruan tinggi karna teman, pacar atau saudara? Menggunakan prinsip meraih masa depan bersama dengan memilih jurusan dan perguruan tinggi yang sama. Sekilas prinsip ini kelihatan bagus, namun jangan sampai deh kalian memilih jurusan kuliah dengan mengikuti orang lain. Bisa jadi pas kalian sudah masuk kuliah malah tidak cocok dengan jurusan tersebut dan berakhir dengan menderita karena tidak paham apa yang harus dipelajari hehe. Jika kalian sudah masuk perguruan tinggi bukan waktunya untuk main-main lagi. Kalian harus menentukan jurusan sesuai dengan kemampuan/potensi yang kalian miliki.

Baca juga: Seputar Relevansi KKN Mahasiswa hingga Kehidupan Petani Tembakau Desa Canggal

3. Mengabaikan Passion Diri Sendiri

Setiap manusia mempunyai kemampuan/potensi yang berbeda-beda. Tingal kembali kepada pribadi masing-masing mau untuk mengebangkannya atau tidak. Nah buat kalian, coba deh kenalin dulu passion kalian. Pilih jurusan yang sesuai dengan passion kamu agar suatu saat nanti kamu enggak menyesal.

4. Menuruti Pilihan Orang Tua

Orang tua manapun pasti ingin anaknya menjadi seseorang yang sukses. Tapi memberikan paksaan kepada anak agar mengikuti jurusan sesuai dengan keinginan orang tua itu bukan salah satu contoh yang baik. Coba deh pikirikan, seandainya kalian masuk jurusan yang tidak disuka, pasti kalian akan malas dalam mengikuti mata kuliah sehingga berpengaruh ke dalam nilai IPK. Jadi terlebih dahulu kalian bisa berdiskusi dengan baik kepada orang tua supaya mereka mengerti.

Baca juga: Ributnya Orang Tua Menjadi Stresnya Anak

5. Kekurangan Informasi

Dalam memilih jurusan, kalian harus mencari info tentang apa saja yang akan kalian pelajari dalam mata kuliah tersebut. Selain itu juga prospek karir apa yang akan kalian tempuh. Jadi buat kalian yang masih bingung dalam memilih jurusan, sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan apa yang inginkan.

Demikianlah 5 Kesalahan dalam Menentukan Jurusan Kuliah. Semoga bermanfaat.

Editor: Firmansah Surya Khoir
Illustrator: Natasha Evelyne Samuel

Karyawan Swasta yang mencoba belajar menulis karangan. Prestasi bias makan mie menggunakan sendok.

Artikel dari Penulis