Tips Menulis Opini di Media

Tips Menulis Opini di Media

Tips Menulis Opini di Media

Menulis opini berarti membagikan pendapat kalian mengenai suatu hal kepada orang lain dengan tujuan agar dapat diterima orang lain atau malah diperdebatkan.

Hal ini tidaklah salah, menulis opini di berbagai media asalkan dengan alasan yang jelas dan tidak melanggar beberapa larangan, kalian berhak menuliskan opini di berbagai media.

Setiap orang dapat menulis, menulis bukanlah bakat, kalian juga tidak perlu menunggu menjadi yang terpintar untuk menulis.

Karena tujuan menulis opini adalah buks agar terlihat pintar namun agar dapat menyuarakan gagasan dan pendapat lewat tulisan.

Baca juga: Cara Menulis Footnote (Catatan Kaki) Lengkap Sistematika dan Contoh

Apalagi dengan adanya honor bagi mereka yang diterima tulisan opininya diberbagai media, lumayan jika mendapat keuntungan.

Tapi anggap itu sebagai bonus, tulislah opini kalian jika ingin didengar dan diketahui banyak orang. Jangan takut jika ada yang tidak suka.

Berikut ini ada tips yang bisa kalian jadikan acuan dalam menulis opini diberbagai media:

1. Menguasai bidang yang akan dibahas

Yang pertama tentunya adalah menguasai bidang yang akan ditulis dalam sebuah tulisan opini. Dengan kemampuan memahami dan mendalami bidang yang ditulis, maka kalian tidak akan menemukan kesulitan dalam proses pembuatan tulisan.

Dan juga tulisan yang dihasilkan akan lebih bagus dan dapat diterima karena yang dibahas dalam tulisan sesuai dengan kenyataan atau sesuai dengan keilmuan yang ada.

2. Menemukan ide gagasan

Menemukan ide dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bahkan ide dapat didapat pada saat yang tidak disengaja. Pilih ide yang menarik dan sesuai dengan kemampuan kalian.

Denhan begitu maka kelanjutan tulisan akan semakin mudah dan tidak menemukan kesulitan atau buntu di tengah jalan saat menulis.

3. Memasukkan argumen

Memasukkan argumen merupakan hal yang cukup penting disini, argumen pribadi yang kalian tulis juga harus sesuai kebenaran dan tidak menyimpang.

Argumen yang ditulis juga menandakan kemampuan dan keilmuan yang dimiliki oleh seorang penulis opini tersebut.

Baca juga: Mengenang 3 Acara Televisi Era 2000-an yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Semakin kuat dan masuk akal sebuah tulisan, maka menandakan juga bahwa penulis memiliki kemampuan yang baik.

4. Penggunaan bahasa yang tepat

Penggunaan bahasa untuk menulis opini juga tidak terlalu kaku, kalian dapat leluasa untuk memberikan gaya bahasa tersendiri. Tergantung juga dengan media online mana tulisan kalian akan dimuat.

Tidak masalah jika menggunakan bahasa daerah, bahasa asing jika dirasa bagus untuk ditulis. Dan harus yang mudah dipahami oleh pembaca.

Jangan bertele-tele dan banyak menggunakan bahasa yang tidak jelas. Karena ketika penulis membaca tulisannya, beda juga saat pembaca membaca tulisan dari penulis tersebut.

5. Menemukan media yang cocok

Selanjutnya adalah menentukan media online mana yang cocok untuk diberikan tulisan karya kalian agar dimuat. Berbagai media tentu memiliki ketentuan tersendiri dalam menyeleksi tulisan.

Kalian dapat memilih media mana dulu yang ingin kalian tuju, lalu baru kalian mulai menulis opini yang sesuai dengan ketentuannya.

Atau juga menulis opini terlebih dahulu, setelah itu mencari mana media online yang cocok untuk dikirimkan tulisan agar dapat dimuat.

Itulah beberapa tips agar tulisan opini kalian dapat dimuat diberbagai media online. Selain itu kalian bisa saja mendapat manfaat lain dari menulis opini seperti memperoleh uang ataupun bisa menjadi portofolio.

Demikian tips menulis opini di media, semoga bermanfaat. Sekian, terima kasih.

Referensi:

https://learninghub.id/7-teknik-terbaik-menjadi-penulis-opini-di-media/

Illustrator: Natasha Evelyne Samuel

Seorang gamer yang pensi karena sadar akan pentingnya membaca dan menulis. Mencari arti kata kebahagiaan, merangkak menjadi seorang podcast enjoyer juga.

Artikel dari Penulis