3 Kota Pilihan yang Cocok untuk Merantau Kuliah

3 Kota Pilihan yang Cocok

3 Kota Pilihan yang Cocok untuk Merantau Kuliah

Pendaftaran mahasiswa baru sudah hampir buka, nih. Kalian para pejuang PTN udah ada gambaran belum, mau kuliah di mana? Atau pada masih bingung milih lokasi kuliah? Terkadang, keinginan para jiwa-jiwa muda berbanding terbalik dengan orang tuanya. Pasalnya saja terkait kuliah, pasti kalian ingin bisa belajar hidup mandiri tanpa kehadiran orang tua secara langsung, tapi si Emak sama Bapak malah ingin kita tinggal satu kota, ya enggak?

Kalau sudah begini, orang tua seharusnya men-support si anak dalam mewujudkan mimpinya berkuliah di universitas terbaik yang selama ini menjadi impian si anak. Akan tetapi, kita sebagai anak juga enggak boleh menyalahkan keinginan mereka untuk tetap dekat dengan kita. Karena mereka sebenernya bukan enggak mau ngeliat anaknya mewujudkan mimpi mereka, tapi karena saking sayangnya mereka sama anaknya. 

Oleh karena itu, baik untuk anak maupun orang tua seharusnya melakukan riset kecil-kecilan terkait kampus dan kota yang nyaman agar tetap bisa mendukung cita-cita anak untuk memdapat pendidikan di kampus terbaik. Apalagi soal biaya hidup, pasti ini menjadi alasan utama yang menjadi beban pikiran sebagian orang tua. Nah, berikut ini adalah daftar kota pilihan yang cocok untuk merantau kuliah. Selain itu, dijamin deh, kota ini juga menawarkan biaya hidup yang terjangkau. Yuk, simak artikel berikut!

1. Kota Solo

Keragaman budaya dan lingkungan yang senantiasa terlihat anggun nan artistik ini membuat Solo seakan memiliki pesona yang paling dirindukan. Kota kelahiran dari seniman Didi Kempot ini menjadi kota pilihan bagi kebanyakan calon mahasiswa baru untuk melanjutkan studinya. Bukan tanpa sebab mereka menjadikan Solo sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Pasalnya, Solo dikenal sebagai salah satu kota yang menawarkan universitas berkualitas dengan biaya pendidikan dan biaya hidup yang murah di kantong. Selain itu, Solo juga memiliki pilihan universitas yang cukup banyak.

Baca juga: Tips Menghindari Plagiarisme: Mahasiswa yang Lagi Skripsian Wajib Tahu!

Salah satu universitas ternama dari kota ini adalah UNS atau Universitas Sebelas Maret. UNS merupakan salah satu PTN terbaik di Kota ini. Buktinya saja, UNS selalu menduduki peringkat 20 besar sebagai PTN terbaik berdasarkan peringkat Kemenristekdikti. Tiap tahunnya, kampus satu ini selalu menjadi rebutan para calon mahasiswa lantaran, selain karena memiliki banyak pilihan jurusan unggulan, biaya kuliah di UNS yang tergolong murah juga menjadi target incaran para camaba.

Sementara itu, untuk masalah tempat tinggal, enggak perlu dipikir pusing. Sebab, banyak sekali yang membuka indekos atau rumah kontrakan dengan biaya yang sangat murah, yaitu hanya kisaran 3 juta per tahunnya.

2. Kota Jakarta

Kota metropolitan satu ini rasanya enggak perlu di ulas lagi ya. Mau belajar apa saja, mulai dari jurusan kedokteran, ekonomi, hingga ilmu perpustakaan pasti ada di Ibukota. Salah satu universitas yang menyediakan jurusan di atas dan beragam jurusan lainnya, dan selalu menduduki peringkat 3, yaitu Universitas Indonesia.

Selain itu, ada banyak pilihan PTN yang bisa kalian jadikan referensi untuk melanjutkan studi. Ada Universitan Negeri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, UPN Veteran Jakarta, Politeknik Negeri Jakarta, dan lainnya. Kesempatan untuk merasakan kuliah dengan biaya murah, nyaris tidak berbayar bahkan malah dibiayai oleh pemerintah atau yang lebih kita kenal dengan nama beasiswa Bidik Misi juga bisa loh kalian dapatkan di UI.

Ada pula beasiswa Djarum Plus di Universitas Paramadina, Beasiswa Kementrian Agama dan Dompet Dhuafa juga tersedia di UIN, Beasiswa ASO Japan di Binus, dan masih banyak lagi kampus-kampus yang memiliki program beasiswa yang sangat menggiyurkan. Jika kalian tertarik untuk kuliah di Ibukota, yuk mulai sering-sering cek website resmi mereka biar enggak ketinggalan infonya.

3. Kota Yogyakarta

Yogyakarta adalah sebuah kota yang seakan tidak pernah pudar dalam memancarkan pesonanya. Mulai dari pariwisata, pendidikan, hingga kebudayaan. Bahkan popularitas kota ini bisa disejajarkan dengan Pulau Bali.

Baca juga: Duka Abadi Mahasiswa Organisasi: Di-ghosting sampai Pontang-Panting Sendiri

Banyak para camaba yang menjadikan kota Yogya ini sebagai pilihan untuk merantau kuliah karena kota ini memiliki julukan sebagai Kota Pelajar, tentu saja di sini kalian bisa mendapatkan paket lengkap dari sisi mana pun. Mulai dari kampus terbaik, biaya hidup yang murah, kontrakan atau indekos yang ramah di kantong, hingga kegiatan komunitas dan seni budaya semua berpusat disini. 

Lengkap banget kan, kurang apa lagi coba? Semua bisa kalian cari dan dapatkan di Yogya. Terlebih lagi bagi yang ingin mendalami di bidang riset dan penelitian, sangat dianjurkan banget untuk kuliah di daerah istimewa ini.

Gimana nih sobat pejuang PTN, sudah ada gambaran belum setelah baca artikel di atas? Kira-kira kalian pilih berkuliah di kota mana? Di mana saja kalian menuntut ilmunya, yang penting semangat, istiqomah, dan ridho dari orang tua adalah nomor satu ya kawan.

Editor: Widya Kartikasari
Illustrator: Umi Kulzum Pratiwi Nora Putri

Mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan di salah satu Universitas Islam.

Artikel dari Penulis