Search
Close this search box.

Sudah Sewajarnya Seseorang Berubah

Sudah Sewajarnya Seseorang Berubah

Kok lu sekarang berubah sih? Enggak kaya dulu lagi.

Pertanyaan itu biasa saya dengar ketika berjumpa atau melakukan pertemuan dengan kawan lama. Mungkin kalian juga pernah mendapatkan pertanyaan yang sama seperti itu atau malah kalian yang bertanya seperti itu. Maksud dari kata berubah tersebut bisa dalam artian positif maupun negatif tapi biasanya sih dalam artian negatif ya.

Sebenarnya saya kerap kali dianggap berubah oleh teman-teman saya di masa sekolah atau perguruan tinggi. Tentu saja perubahan yang dimaksud dalam artian negatif. Entah karena selera humornya udah enggak nyambung, pandangan hidupnya berbeda, atau sekadar karena udah enggak nongkrong bareng lagi.

Awalnya saya menyangkal bahwa diri saya berubah, setiap saya disudutkan dengan pernyataan itu oleh beberapa teman saya. Akan tetapi saya bukan orang yang enggak memperdulikan omongan orang lain. Saya coba berkaca kepada diri saya dan meresapi pertanyaan, apakah diri saya ini benar-benar berubah ya?

Setelah beberapa waktu lamanya saya melakukan perenungan atas pertanyaan tersebut. Saya rasa memang benar kata teman-teman saya. Bahwa diri saya ini sudah berubah, bukan menjadi Arief yang dulu lagi, bukan Arief pada beberapa tahun yang lalu.

Akan tetapi saya enggak merasa salah atas perubahan tersebut. Enggak ada yang aneh terkait perubahan seseorang. Baik itu secara sikap, kebiasaan sampai pandangan hidup. 

Alasan saya enggak merasa aneh terhadap perubahan seseorang karena perubahan tersebut menandakan bahwa dirinya sedang berkembang. Hal itu wajar saja jika terjadi karena setiap makhluk hidup itu mengalami perkembangan. Sebuah batang singkong saja bisa berubah. Coba kamu tanam batang pohon singkong hari ini, mungkin dalam jangka waktu 9-12 bulan kemudian, sudah bisa dipanen. Apalagi manusia yang diberkahi oleh akal pikiran dan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman hidup yang baru.

Malah yang aneh adalah jika saya masih sama seperti dulu. Sangat-sangat aneh jika pemikiran, kebiasaan, dan sikap saya masih sama seperti saat saya masih sekolah ataupun kuliah. Misalnya saja saya masih kekanak-kanakan dan enggak berpikir panjang seperti saat saya masih sekolah. Kalau begitu, berarti saya enggak pernah berkembang lagi sejak lama. Baik secara kematangan diri dan pengambilan keputusan.

Jika memang ada orang yang kamu rasa enggak pernah berubah. Mungkin kamu selalu bersama atau bahkan menemaninya setiap hari dan proses perubahan yang dialami terjadi secara perlahan-lahan. Sehingga kamu enggak merasakan perubahan yang terjadi secara signifikan pada diri orang tersebut.

Orang yang mempertanyakan perubahan seseorang mesti paham bahwa perubahan orang lain itu sifatnya alamiah. Ada orang yang dipaksa berubah karena kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya. Ada pula orang yang berubah karena mesti beradaptasi mengikuti perkembangan zaman maupun lingkungan.

Saya bisa menyebutkan beberapa orang yang melakukan atau mengalami perubahan dalam dirinya maupun karirnya. Di antara kalian pasti sedikit yang menyangka bahwa Iqbal Coboy Junior yang dulu adalah penyanyi cilik. Sekarang menjelma sebagai salah satu aktor muda termasyhur di Indonesia. Dengan mengambil berbagai peran penting dalam suatu film seperti Dilan dan Minke.

Atau contoh yang lain adalah Arief Muhammad. Awalnya dia dikenal sebagai selebtweet dengan akun @pocongg. Lalu dia bergeser ke media sosial Askfm. Sekarang dia sudah menjadi konten kreator di Youtube sekaligus pengusaha muda kaya raya.

Lantas apa yang salah dari perubahan seseorang? Menurut saya enggak ada yang salah dari perubahan orang lain. Selama perubahan tersebut, enggak melanggar norma-norma yang hidup di dalam masyarakat.

Seharusnya orang-orang yang bertanya kenapa orang lain berubah. Sebaiknya move on, jangan lagi hidup di masa lalu. Kalian juga harus mengerti dan toleran atas perubahan yang terjadi pada hidup orang lain. Dan jangan pernah lagi menyudutkan orang lain dengan pertanyaan, sekarang kok lu berubah sih? Enggak seperti dulu. Apalagi kepada orang-orang yang kalian enggak tau proses hidupnya seperti apa.

Terakhir, coba kalian bertanya kepada diri kalian sendiri. Apakah kalian juga mengalami perubahan? Dan enggak seperti beberapa tahun yang lalu. Resapi pertanyaan tersebut, dan kamu pasti akan sadar kalau diri kamu sendiri juga berubah sama seperti orang lain.

Editor: Firmansah Surya Khoir
Visual Designer: Al Afghani

Bagikan di:
Pencerita Negeri Sipil.

Artikel dari Penulis

Artikel Lainnya

Seedbacklink