Membuat “Passive Income” Tanpa Batas Melalui Blog (Easy Peasy Lemon Squeezy)

Membuat “Passive Income” Tanpa Batas Melalui Blog

Membuat “Passive Income” Tanpa Batas Melalui Blog – Peran internet yang luas, sangat memudahkan kita untuk mendapatkan informasi bahkan untuk sarana komunikasi.

Dulu kita hanya dapat berkomunikasi melalui warung telepon (WARTEL), namun sekarang ini dengan menggunakan gawai kita bisa mengakses komunikasi sampai ke penjuru dunia dengan mudah.

Pendapatan pasif atau passive income merupakan model penyiapan pendanaan untuk jangka waktu kedepan. Melalui blog kamu bisa membuat passive income sendiri dengan mudah. Kalau kamu tertarik mulailah dengan membuat blog sekarang.

Simulasi Pendapatan

Pendapatan ( “X” per bulan) – ∞ (red: simbol tidak terhingga)

Hal itu menjelaskan perbandingan mengenai bagaimana kamu bisa memiliki pendapatan tetap dengan memanfaatkan passive income untuk menjadi sumber pendapatan pasif yang sangat menguntungkan di kemudian hari.

Dalam memilih sebuah passive income kamu perlu menentukan yang terbaik dan yang kamu kuasai. Jadi, jika kamu ingin membuat passive income melalui blog berarti kamu juga harus siap membangun blog sampai bisa menghasilkan pendapatan setiap bulannya.

Perlunya Growth Mindset

Membangun dari awal memang membutuhkan waktu, namun ketika sudah berhasil kita hanya tinggal menikmatinya. “It’s time to enjoy the result of the hard work you used to do regularly

Membuat blog sangatlah mudah bahkan terbilang easy. Yang membuatnya susah adalah consistency dari kamu untuk membuat konten yang baik dan rutin sampai bisa menghasilkan.

Kalau sampai disini kamu sudah “mutung” dengan kata “rutin” dari yang saya sampaikan. Kamu boleh menutup artikel ini dan kembali menjadi “beban orang tua”.

Simulasi Proses Pembuatan Blog – Payout

I believe you can, because I can”.

Saya yakin kamu pasti bisa (karena saya juga bisa). Tidak semua orang pada awal masuk suatu bidang dia akan menjadi seorang profesional. Tapi dia akan tumbuh dari seorang  Junior, Intermedier, Senior, and then Professional.

Untuk menghasilkan individu berkualitas, kamu perlu ditempa dengan pengalaman, kesulitan, dan mengalami berbagai kondisi yang membuat kamu perlu melakukan tindakan juga berpikir kritis.

  1. Tahap Membuat Blog – 1 menit
  2. Tahap Mengisi Konten Blog – 1 tahun

Dua tahap yang cukup simple namun terkesan “Duh, lamanya” mengisi artikel untuk blog yang anda buat agar mendapat passive income selama 1 tahun merupakan waktu yang cukup singkat. Apalagi jika anda melebihkan bahkan konsisten terus untuk membuat artikel walaupun sudah menghasilkan.

Kata kunci Passive income adalah “rutin”.  Cobalah untuk membuat artikel dengan kualitas yang baik dan secara lengkap dalam menjelaskannya, kemudian kamu unggah pada blog yang kamu tujukan sebagai passive income.

Terus konsisten, rutin, sampai blog tersebut bisa menghasilkan dan menjadi ladang pendapatan pasif kamu setiap bulannya. Pilihlah konten yang sekiranya kamu pahami dan buatlah setiap hari jika kamu mampu.

Membuat Konten Abadi

“Apa yang kita semai hari ini akan kita petik di kemudian hari”, sepertinya itu kurang cocok. Itu  merupakan prinsip “sekali ambil” yaitu we put, we sell, we get bounty.

Jadi kalau disinkronkan dengan membuat konten maka, jika kamu hari itu membuat konten maka hanya konten itulah yang akan mendapat bayaran. Sama halnya dengan “Kamu kerja hari ini, kamu mendapat upah hari itu juga”.

Sehingga ada tips supaya kamu hanya sekali action menulis yang akan menjadi ladang passive income kamu nantinya. Yaitu menulis artikel dengan Niche Abadi.

Niche Abadi merupakan jenis niche yang setiap hari, bulan, tahun dicari, bahkan untuk beberapa dekade masih termasuk konten yang relevan.

Kalau masih bingung, saya berikan contoh :

  1. Niche Pendidikan
  2. Niche Islami

Dari niche yang telah disebutkan yaitu Niche Pendidikan dan Niche Islami, kamu bisa menganalisa apa yang membuat niche ini disebut sebagai Niche Abadi.

Cara Research Konten

Setelah menentukan niche seperti apa yang akan kamu tulis. Mari masuk lebih dalam tentang bagaimana cara membuat konten berkualitas yang dapat mendatangkan banyak pengunjung.

Walaupun niche pendidikan dan niche islami mempunyai nilai Cost Per Click (CPC) atau Bayar Per Klik (BPK) kisaran Rp 100 – Rp 500 saja, namun jika blog kamu mempunyai banyak pengunjung, pastinya income yang akan dihasilkan juga akan tinggi.

Banyak Pengunjung + Rasio Klik Iklan Tinggi (CTR) + BPK Tinggi = “We did it, Horay”Dora

Bagaimana cara membuat konten yang mendatangkan banyak visitor ke blog kamu? Caranya adalah dengan membuat artikel setelah melalui research  mendalam.

Pada research untuk membuat artikel kamu perlu mengetahui ketepatan kata kunci atau keyword, competitor, jumlah pengunjung, dan peran Quality Backlink.

Rekomendasi situs research konten :

  1. Ahrefs.com
  2. Semrush.com
  3. Moz.com
  4. Neilpatel.com/ubersuggest

Contoh: Buatlah artikel dengan keyword (X) karena competitor-nya sedikit, tapi jumlah pengunjung bulanan tinggi misalkan saja memiliki volume pencarian 1.000.000 setiap bulan, maka setidaknya dari volume pencarian yang besar tersebut artikel kita juga akan banyak dilihat.

Selanjutnya adalah peran Quality Backlink (QB).

Mendapatkan QB dari situs yang mempunyai kredibilitas tinggi yang bisa dilihat melalui Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) yang tinggi ke dalam blog kita akan jauh berpengaruh dibandingkan kita mendapatkan backlink asal-asalan.

Sehingga artikel kita akan disorot oleh Google karena blog kita termasuk blog dengan kredibilitas tinggi. Yah karena dengan adanya QB dari blog  DA dan PA tinggi.

Artikel Page One di Google, memungkinkan artikel kita banyak dikunjungi oleh orang-orang, sejalan dengan hal tersebut income akan semakin tinggi. Artikel Page One + High Trafict + High CTR + High CPC merupakan keberhasilan dalam membuat blog untuk Passive Income.

Khusus! “Paket Males”

Buatlah :

1 Artikel  untuk 1 Bulan sekali ,

1 Artikel untuk 2 Bulan sekali,

1 Artikel untuk 1 Semester sekali ,

1 Artikel untuk 1 Tahun sekali

Silahkan pilih salah satu namun kamu juga perlu ingat. Buatlah artikel yang lengkap bahkan diutamakan sangat lengkap dan mendalam, serta melalui research mendalam sehingga berpotensi artikel kamu banyak dilihat.

Disarankan jika kamu benar-benar sibuk beraktifitas dan sulit jika membuat satu artikel dalam sehari, namun masih berkeinginan membuat blog sebagai passive income di masa mendatang, maka disarankan untuk membuat minimal 1 artikel ketika kamu memiliki waktu luang dalam 1 bulan dan pastikan juga kualitas dari artikel kamu.

Untuk menghasilkan uang melalui blog, trafik atau pengunjung blog yang diperlukan harus tinggi. Sehingga kamu juga perlu  untuk membuat artikel yang berpotensi menghasilkan pengunjung harian, yang membuat batas minimal payout Adsense dapat terpenuhi. (dan kamu bakal gajian deh)

Sudah sepantasnya kita membuat passive income melalui blog, karena itu sangat mudah. Sehingga mulailah sejak sekarang. Good Luck dan mulailah menjadi seorang Action Guy! Jangan hanya sebatas menjadi Idea Guy.

Merupakan mahasiswa tingkat akhir di salah satu PTN yang gemar menuangkan buah pikirannya kedalam tulisan. Blogger dan juga Web Developer sejak 2014. Pemuda yang setiap tanggal 21 selalu ‘hunt food’ dan ‘feel better’ karena gajian dari Google AdSense mendarat. Sedang berusaha produktif dalam menulis di beberapa media. Senang beretorika, membaca, menulis dan suka kamu! Iya, Kamu.

Artikel dari Penulis