8 Akronim Nama Daerah selain Jabodetabek

Akronim Nama Daerah selain Jabodetabek

8 Akronim Nama Daerah selain Jabodetabek – Sebagai warga asal Cikarang, saya cukup bangga dengan daerah saya yang tergabung dalam Jabodetabek. Wilayah metropolitan yang menjadi pusat daerah perantauan orang-orang dari seluruh Indonesia. Selain itu, Jabodetabek adalah akronim nama daerah yang paling populer se-Indonesia.

Pasti di antara para pembaca ada yang belum tau bahwa ada akronim nama daerah selain Jabodetabek, iya kan? Sama, dulu saya juga begitu kok. Sebelum saya berkuliah pada salah satu PTN di Semarang, saya cuma tau satu-satunya akronim nama daerah hanya Jabodetabek. Agar tulisan saya ini ada sisi edukasinya, saya akan menjabarkan beberapa akronim nama daerah selain Jabodetabek, simak sebagai berikut.

  1. Joglosemar

Setelah Jabodetabek, saya rasa Joglosemar adalah akronim nama daerah yang berada di peringkat kedua berdasarkan popularitasnya. Kepanjangan dari Joglosemar adalah Jogja (DIY), Solo, dan Semarang.  Tapi sebenarnya Joglosemar bukan hanya mengerucut pada akronim nama daerah saja.

Joglosemar juga mengarah ke suatu nama dari brand tertentu. Seperti misalnya pada industri media terdapat koran Joglosemar. Sedangkan di industri transportasi ada bus Joglosemar dan kereta api Joglosemar.

  1.  Gerbangkertosusila

Berdasarkan informasi yang saya dapat, Gerbangkertosusila adalah Jabodetabek-nya Provinsi Jawa Timur. Kadang disebut juga sebagai Surabaya Raya. Karena sama seperti Jakarta, Surabaya juga membutuhkan beberapa daerah penyangga di sekitarnya.

Kepanjangan dari Gerbangkertosusila sendiri adalah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan. Yang unik dari akronim daerah ini adalah gabungan daerahnya bukan hanya berada di satu pulau saja. Akan tetapi ada di dua pulau yaitu Pulau Jawa dan Pulau Madura.

  1. Barlingmascakeb

Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen biasa disingkat menjadi Barlingmascakeb. Suatu kawasan yang berada di wilayah karesidenan Banyumas. Buat yang bertanya-tanya dalam hati, “kok enggak ada Purwokerto?”. Purwokerto itu ibu kota dari Kabupaten Banyumas.

  1. Ciayumajakuning

Pertama kali saya tau nama Ciayumajakuning ketika saya melihat selebaran open recruitment organisasi mahasiswa daerah tersebut, saat saya masih kuliah dulu. Wilayah Ciayumajakuning terkenal sebagai daerah berplat E. Yang terdiri dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

  1. Kartamantul

Akronim nama daerah ini kayaknya bakal mudah diingat ketika pertama kali mendengar atau membacanya. Daerah-daerah yang terdiri dari akronim ini adalah Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul.  Selain dipersatukan dengan akronim ini, masyarakat Yogyakarta, Sleman, dan Bantul (khususnya para suporternya) dipersatukan oleh Mataram Is Love.

  1. Mamminasata

Sebagai orang yang sekarang berdomisili di Sulawesi. Rasanya kurang lengkap jika enggak memasukkan akronim ini ke dalam list tulisan saya. Mamminasata adalah akronim yang terdiri dari Makassar,  Maros, Sungguminasa, dan Takalar.

Akronim ini terbentuk dari wilayah kota Makassar dan beberapa daerah penyangganya. Sekarang, Mamminasata juga dikenal sebagai nama BRT di Kota Makassar dan sekitarnya. Angkutan umum tersebut mulai beroperasi sejak tahun lalu.

  1. Sarbagita

Buat anak Jaksel, kira-kira kalian tau enggak akronim dari sarbagita? Kalau masih ada yang enggak tau. Mungkin kalian belum terlalu lama main dan belum keliling jauh di Pulau Dewata.

Sarbagita adalah akronim dari Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan. Kabarnya daerah tersebut adalah daerah metropolitannya Provinsi Bali. Kawasan ini terbentuk berdasarkan Peraturan Presiden nomor 45 tahun 2011.

  1. Bregas

Sudah dua orang teman saya asal Tegal yang saya tanyai akronim dari  Bregas (Brebes, Tegal, dan Slawi). Kedua orang tersebut enggak ada yang tau terkait akronim ini. Jangan-jangan akronim ini memang kurang terkenal bahkan bagi akamsi-nya sendiri.

Menurut salah satu teman saya tersebut, bregas bagi orang Tegal lebih identik dengan makna sehat. Seperti misalnya kura-kuranya bregas. Atau kucingnya bregas enggak sakit-sakitan.Begitu sekiranya akronim nama daerah yang saya ketahui selain Jabodetabek. Misalnya di daerah kalian ada akronim nama daerah yang belum saya masukan list ini. Silahkan ditambahkan pada kolom komentar di bawah ini ya.

Editor: Firmansah Surya Khoir
Visual Designer: Al Afghani

Bagikan di:
Pencerita Negeri Sipil.

Artikel dari Penulis