Search
Close this search box.

7 Manfaat Memelihara Hewan, yang ke-5 Bagus buat Anak!

7 Manfaat Memelihara Hewan, yang ke-5 Bagus buat Anak! – Memelihara hewan di rumah banyak dilakukan oleh kelompok masyarakat di seluruh dunia. Hewan peliharaan tidak hanya menawarkan kegembiraan dan kebahagiaan, tetapi juga memiliki banyak manfaat tidak berwujud untuk pemiliknya.  Mulai dari meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres hingga meminimalkan alergi makanan pada anak-anak.  Selain  meningkatkan kesehatan, hewan peliharaan juga berperan sebagai teman. Hal ini disebabkan interaksi dengan hewan—seperti anjing, kucing, dan ikan—berdampak positif bagi kesehatan dan harga diri seseorang .

Berikut beberapa manfaat memelihara hewan di rumah.

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Memelihara hewan di rumah dapat memberikan manfaat signifikan bagi kesejahteraan mental pemiliknya. Interaksi dengan hewan peliharaan dapat meredakan stres yang disebabkan oleh hormon kortisol, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi kecemasan. Mereka adalah hewan pendengar  setia yang dapat membantu mengurangi rasa kesepian. Penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengurangi risiko depresi dan memperbaiki kualitas tidur.                  

2. Meningkatkan Jiwa Sosial

Memelihara hewan di rumah dapat membantu untuk menumbuhkan rasa bertanggung jawab, rasa empati, dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Hal ini dapat terjadi karena merawat hewan peliharaan melibatkan pemberian perhatian, kasih sayang, dan perawatan yang konsisten. Sehingga, ini akan membantu kita untuk memikirkan kebutuhan makhluk hidup lain di luar diri sendiri serta belajar mengenali ekspresi dan bahasa tubuh mereka.

3. Hewan Peliharaan Sebagai Penjaga

Manfaat memelihara hewan lainnya adalah sebagai penjaga. Banyak orang telah menjadikan hewan tidak hanya sebagai peliharaan dan teman, tetapi juga sebagai penjaga dan pelindung untuk rumah atau suatu bangunan. Contohnya seperti kucing dan anjing. Mereka memiliki indra penciuman yang tajam sehingga dapat mendeteksi bau dengan mudah. Selain itu, mereka juga memiliki naluri yang kuat.

4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Memelihara hewan di rumah dapat membantu menumbuhkan rasa percaya diri, terutama pada remaja. Hal ini karena kebersamaan yang terhubung antara sang pemilik dengan hewan peliharaan dapat menimbulkan perasaan positif sehingga merasa lebih percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

5. Meminimalisir Risiko Alergi Makanan

Anak-anak yang tumbuh dan berkembang di rumah dengan hewan—seperti anjing, kucing, dan burung—memiliki risiko terkena alergi makanan lebih rendah. Hal ini juga berlaku untuk anak-anak yang tinggal di dekat peternakan. Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa memelihara hewan di rumah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan mengurangi risiko alergi pada makanan. 

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Menikmati waktu bersama hewan peliharaan dapat membuat detak jantung lebih teratur dan menurunkan tekanan darah. Hal ini terjadi karena interaksi antara pemilik dan hewan peliharaan  mengakibatkan adanya peningkatan pada hormon bahagia seperti oksitosin sehingga dapat menimbulkan rasa bahagia. Bahkan, penelitian dari berbagai studi di luar negeri menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat menurunkan dan mencegah risiko penyakit jantung koroner. Sehingga, dapat meningkatkan harapan hidup terutama pada lansia.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat lainnya dari memelihara hewan adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Sebuah penelitian di Amerika Serikat pada 2002 menemukan  bahwa orang yang memelihara hewan memiliki tingkat kolesterol total dan trigliserida yang lebih rendah dibanding orang yang tidak memelihara hewan.

Memelihara hewan peliharaan tidak hanya memberikan kebahagiaan dan kepuasan emosional, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Beberapa manfaat kesehatan dari memelihara hewan peliharaan yang telah terbukti meliputi meningkatkan kesehatan mental, meminimalisir risiko alergi makanan, menemani serta mengurangi rasa kesepian, dan  dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta risiko penyakit jantung. 

Selain itu, memelihara hewan peliharaan juga dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial dan empati seseorang, serta dapat dijadikan sebagai penjaga. 

Dengan demikian, memelihara hewan peliharaan dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kesejahteraan seseorang. 

Namun, perlu diingat bahwa memelihara hewan juga membutuhkan tanggung jawab dan perawatan dan perlakuan yang baik. Oleh karena itu,  perlu adanya  pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk memelihara hewan di rumah.

Editor: Widya Kartikasari

Bagikan di:
Alumni lulusan SMAN 4 Banjarmasin, saya merupakan seorang freelance writer sejak tahun 2023. Menulis merupakan hobi saya selama ini dan sebelumnya saya juga pernah menjadi penulis novel online di salah satu platform. Saya pikir dengan adanya hobi dan kemampuan saya dalam menulis dapat membantu orang lain untuk lebih mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk mereka.

Artikel dari Penulis