Tips Konsisten Menulis Agar Dapat Cuan

Tips Konsisten Menulis

Tips Konsisten Menulis Agar Dapat Cuan

Menulis merupakan salah satu kegiatan dengan banyak manfaat, contoh manfaat yang bisa didapat dari menulis adalah dapat mengasah otak dan menghilangkan stress.

Bahkan menulis juga bisa menghasilkan cuan jika dilakukan dengan serius dan tepat. Ada banyak cara agar dapat memperoleh keuntungan dari menulis.

Misalnya adalah membuat buku, menjadi blogger, freelance writer, dan masih banyak lagi. Namun, masih banyak juga orang yang kesulitan untuk menulis, mengawali dan konsisten dalam melakukannya.

Ada beberapa tips yang akan saya bagikan pada tulisan kali ini agar kalian dapat konsisten untuk menulis. Tips berikut ini juga dapat kalian terapkan pada setiap hal, tinggal bagaimana kalian memahami tips berikut.

Inilah beberapa tips konsisten menulis agar dapat cuan:

1. Tentukan tujuan menulis

Yang pertama dan terpenting adalah tentukan tujuan awal kalian menulis. Apa yang membuat kalian melakukan kegiatan menulis tersebut.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Content Writer

Apakah ingin membuat buku? Untuk blog pribadi? Untuk menghasilkan cuan melalui tulisan? Kalian harus yakin dengan tujuan tersebut. Jika tujuan saja sudah bingung dan tidak yakin, maka nantinya kalian dapat terhenti di tengah jalan.

2. Tetapkan jadwal menulis

Yang kedua adalah menetapkan jadwal untuk menulis. Buat jadwal yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kalian. Jangan terlalu memaksa jadwal, karena bisa membuat hasil berantakan.

Kalian bisa menetapkan jadwal untuk menulis satu hari satu halaman, menulis artikel dua hari sekali, menulis satu minggu sekali. Terserah, yang terpenting adalah konsisten untuk menulis sesuai jadwal.

3. Tulis dulu, revisi kemudian

Tulis dulu seluruh yang ada di kepala kalian. Tulis dengan kemampuan yang kalian miliki. Setelah itu baru lakukan revisi.

Tulis terlebih dahulu agar bisa direvisi. Jika tidak ada tulisan yang sudah ditulis, apa yang bisa direvisi?

4. Hilangkan gangguan saat menulis

Yang selanjutnya ini juga dapat membuat kalian nyaman saat konsisten menulis, jauhkan hal yang dapat mengganggu waktu kalia menulis.

Jika sudah menulis maka fokuskan diri kalian agar tulisan yang dihasilkan maksimal. Gangguan bisa berasal dari gadget kalian, media sosial, tempat yang berisik atau tidak nyaman, dan lain-lain.

5. Pilih tempat yang nyaman

Memilih tempat yang nyaman juga menjadi faktor agar kalian dapat konsisten menulis. Dengan memilih tempat yang nyaman, kalian dapat fokus dan tidak terasa terganggu.

Kalian akan lebih senang saat menulis karena tempat yang kalian pilih merupakan tempat favorit karena nyaman.

Baca juga: Contoh dan Cara Membuat Rumusan Masalah Karya Ilmiah

Dan kalian akan menunggu waktu menulis agar dapat segera ke tempat tersebut, misalnya seperti di meja belajar yang nyaman, di cafe, menulis di halaman, atau tempat yang membuat kalian lebih nyaman.

6. Jika sudah malas, temukan motivasi dan inspirasi

Hal yang cukup berbahaya dan dapat membuat konsistensi menulis kalian terhenti adalah kemalasan. Saat sudah malas maka akan sulit untuk membangun kembali kebiasaan konsisten tersebut.

Hal yang perlu kalian lakukan adalah temukan motivasi ataupun inspirasi untuk menulis. Kalian bisa melihat video motivasi di YouTube, membaca buku motivasi, ataau keluar dan jalan-jalan untuk mendapatkan inspirasi. Banyak hal yang dapat membuat kalian semangat lagi.

7. Berikan self reward

Saat tulisan sudah selesai, kalian bisa memberikan hadiah untuk diri kalian sendiri sebagai bentuk apresiasi. Hal ini dapat membuat kalian lebih bersemangat lagi untuk menulis lagi.

Self reward bisa berupa menonton film jika selesai menulis, membeli makanan, jalan-jalan, yang terpenting kalian merasa mendapat hadiah setelah menulis.

Dan gairah menulis kalian akan tetap terjaga untuk kedepannya.

Karena menulis juga membutuhkan proses untuk hasil yang bagus dan dapat menjadi penghasil cuan.

Jadi, teruslah belajar dan konsisten menulis. Itulah beberapa tips konsisten menulis yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

Sekian, terima kasih.

Illustrator: Made Mirah

Seorang gamer yang pensi karena sadar akan pentingnya membaca dan menulis. Mencari arti kata kebahagiaan, merangkak menjadi seorang podcast enjoyer juga.

Artikel dari Penulis