Perbedaan Microsoft Excel dan Google Sheet yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan Microsoft Excel dan Google Sheet

Perbedaan Microsoft Excel dan Google Sheet yang Wajib Kamu Ketahui – Di zaman yang serba digital seperti saat ini, banyak sekali perangkat teknologi yang hadir untuk membantu pekerjaan manusia. Salah satunya yaitu Microsoft Excel dan Google Sheet yang dapat membantu manusia dalam mengolah dan menghitung angka (numerik). Namun, tahukah kamu bahwa Microsoft Excel dan Google Sheet itu berbeda?

Jika dilihat dari fungsinya Microsoft Excel dan Google Sheet merupakan dua perangkat yang serupa, tetapi juga memiliki perbedaan. Berikut ini beberapa perbedaan antara Microsoft Excel dan Google Sheet yang perlu kamu ketahui. 

1. Fitur kolaborasi

Ketika kamu mengerjakan tugas secara berkelompok alangkah baiknya jika mengerjakannya dengan bekerja sama. Microsoft Excel dan Google Sheets memberikan fitur tersebut dengan pertimbangan agar kamu mampu berbagi file, mengedit dokumen, dan melihat apa yang teman kamu kerjakan secara live.

Baca juga: Menulis Tangan atau Mengetik di Laptop, Lebih Baik Mana?

Perbedaan cara berbagi file dan kolaborasi antara Microsoft Excel dan Google Sheet antara lain yaitu pada Microsoft Excel dengan cara klik icon share di pojok kanan atas dan ketik atau pilih nama dari kontak list email yang tersedia. Pada Microsoft, email yang digunakan adalah outlook. Sehingga bila kamu ingin melakukan sharing, maka pastikan rekan kerja Anda menggunakan email outlook. 

Sedangkan cara berbagi file dan berkolaborasi dengan Google Sheets yaitu pilih dan klik icon share berwarna biru di pojok kanan atas kemudian ketik alamat email orang yang ingin kamu bagi. Kamu dapat mengatur apakah orang tersebut dapat edit, komen, atau hanya melihat saja. Menambahkan alamat email orang lain menggunakan Google Sheets lebih mudah karena kontak yang tersedia terintegrasi dengan Gmail.

2. Rumus, Fungsi dan Formatting

Google sheets merupakan software yang membantu kamu dalam menjumlahkan angka-angka hanya dengan memasukkan fungsi pada kolom dan cells. Bagi masyarakat umum pastinya sudah familiar dengan fungsi pada spreadsheets seperti SUM, AVERAGE, HLOOKUP, VLOOKUP dan lainnya. 

Sedangkan pada Microsoft Excel fungsi dan format tersebut sudah disediakan dan lebih lengkap. Rumus Google Sheets pun hampir sama dengan Microsoft Excel hanya berbeda tata letaknya saja. 

3. Template

Microsoft Excel lebih unggul dalam penyediaan template yang beragam dan dapat kamu pilih sesuai keinginan. Template tersebut dapat kamu cari secara online pada Microsoft Excel dan download dengan mudah. Terdapat banyak template yang dapat kamu pilih sesuai dengan kategori seperti budget, biaya operasional, pendapatan dan biaya juga sample data yang sudah terformulasi.

Sedangkan Google Sheets juga menyediakan template, tetapi tidak sebanyak template yang ada di Microsoft Excel. Desain templatenya juga terkesan lebih simpel dan formal. 

4. Data yang terintegrasi dengan Form Survey

Salah satu kelebihan Google Sheets yang tidak dimiliki Microsoft Excel adalah kamu dapat dengan mudah membuat survey, customer feedback, aplikasi lamaran kerja atau kuesioner yang terintegrasi dengan Google Sheets. Data yang dikumpulkan akan langsung tersimpan secara otomatis pada worksheet di Google Sheets ketika responden mengisinya. Fitur inilah yang tidak dapat kamu temukan pada Microsoft Excel.

5. Charts

Microsoft Excel mempunyai beberapa tipe chart, seperti berbentuk kolom, line, pie, bar dan area, histogram dan lainnya. Cara untuk membuat diagram atau grafik di excel yaitu insert, pilih tipe diagram yang ingin kamu buat, lalu masukkan data.

Baca juga: Analisis Kekuatan Utama dalam Menciptakan Megatren

Sedangkan cara membuat chart pada Google Sheets yaitu pilih data yang akan kamu buat diagramnya, pilih insert chat yang ada di menu bar. Pilih recommendations, chart types, atau customization.

6. Gratis dan Berbayar

Ini merupakan perbedaan yang sebenarnya sangat jelas, namun orang awam mungkin banyak yang tidak tahu. Apalagi orang-orang yang hanya tahu pakai saja. Berbeda dengan Google Sheet yang bisa diakses secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, Microsoft Excel sebenarnya adalah software garapan Microsoft yang tergabung dalam paket Microsoft Office yang tentunya berbayar. Harganya sesuai dengan versinya, berubah-ubah.

Di Indonesia memang iklim crack software sudah sangat marak, bahkan di tempat servis juga memakai crack namun ditarik pembayaran hmm… Jadi sangat wajar orang awam tidak tahu jika aplikasi yang biasa mereka gunakan untuk bekerja adalah hasil crack. Jika kalian ingin tahu harga asli Microsoft Office, kalian bisa cek di toko resmi Microsoft ya. Ada versi klasik 2021 sekali beli dan versi 365 yang dibayar setiap tahun.

Nah, sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai perbedaan Microsoft Excel dan Google Sheet yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Artikel ini merupakan kolaborasi Kapito.id dengan Detak Pustaka. Sobat Ingin menerbitkan buku? ke Detak Pustaka aja, dijamin langsung terbit.

Editor: Firmansah Surya Khoir
Illustrator: Salman Al Farisi

Jembatan penulis untuk mendapatkan layanan pendidikan, penerbitan, percetakan dan pendistribusian buku yang saling terintegrasi dengan kualitas terbaik.

Artikel dari Penulis