Biografi Taylor Swift, Penyanyi Multitalenta dengan Sederet Kisah Romansa

Biografi Taylor Swift

Biografi Taylor Swift, Penyanyi Multitalenta dengan Sederet Kisah Romansa – Taylor Swift merupakan penyanyi yang terkenal karena lagu-lagunya bergenre country dan pop yang terkenal, seperti Love Story, You Belong With Me, Shake it Off dan Black Space. Lagu dan albumnya terus menduduki puncak tangga lagu dan meraih kesuksesan yang luar biasa.

Berkat karya-karyanya, tersebut, Taylor berhasil masuk ke dalam daftar 100 wanita dengan penghasilan tertinggi versi majalah Forbes dan 100 orang paling berpengaruh di tahun 2019 versi majalah Times.

Biodata Taylor Swift

Berikut biodata singkat dari Taylor Swift.

NamaTaylor Swift
Nama AsliTaylor Alison Swift
Tempat, Tanggal LahirWest Reading, Pennsylvania, 13 Desember 1989
Nama IbuAndrea Gardner
Nama AyahScott Kingsley Swift
Profesi– Penyanyi
– Penulis Lagu
– Aktris
AdikAustin Swift
Tinggi180 cm
Instagram@taylorswift
Twitter@taylorswift13
TikTok@taylorswift
YouTubeTaylor Swift Official

Biografi Taylor Swift

Kehidupan awal

Taylor Swift lahir dengan nama Taylor Alison Swift pada 13 Desember 1989 di West Reading, Pennsylvania, Amerika Serikat. Ia merupakan seorang putri dari Andrea Gardner, seorang ibu rumah tangga dan Scott Kingsley Swift, seorang pialang saham. Swift memiliki seorang adik laki-laki yang bernama Austin.

Bakat menyanyi Swift sudah ada sejak kecil dan diyakini menurun dari neneknya, Majorie Finlay yang merupakan seorang penyanyi opera. Dalam bernyanyi, Swift mengidolakan penyanyi Shania Twain.

Saat Swift berusia tiga tahun, ia sudah mampu bernyanyi di depan sekumpulan wisatawan ketika bertamasya dengan kedua orang tuanya. Ketika ia berada di kelas empat, ia berhasil memenangkan kontes puisi nasional dengan puisi sepanjang tiga halamannya yang berjudul Monster in My Closet. Pada usia sepuluh, ia diajarkan bermain tiga chords pada gitar oleh seorang tukang reparasi komputer. Hal ini mendorong minatnya untuk mempelajari instrumen. Berkat tiga keahliannya ini: bakat menyanyi, menyusun kata, dan bermain gitar, Swift berhasil menulis lagu pertamanya, Lucky You.

Swift juga diketahui sering menyanyi di berbagai acara lokal, seperti pameran dan kontes sejak ia berusia sepuluh tahun. Bahkan, ketika ia berusia sebelas tahun, ia berhasil tampil membawakan lagu The Star Spangled Banner di pertandingan basket Philadephia 76ers.

Baca juga: Biografi Marilyn Monroe, Aktris Papan Atas Lambang Sensualitas Internasional

Meski sudah akrab dengan bakat yang luar biasa sejak kecil, hidup Swift saat kecil tidaklah mulus. Ia mengalami bullying semasa sekolah. Untungnya, Swift dapat mengatasi pengalaman buruknya tersebut dengan hal positif, yakni dengan berkarya. Ia sering menulis dan menciptakan lagu serta pernah menulis sebuah novel dengan panjang 350 halaman ketika ia berusia dua belas tahun. Semua hal tersebut ia lakukan untuk meringankan beban kekesalan dan kesedihan yang ia hadapi kala itu.

Perjalanan Karir

Keseriusan Swift menekuni dunia menyanyi ditunjukkan dengan upayanya yang sering mengunjungi Nahsville, Tennesse, tempat di mana musik country berkembang. Di sana, ia sering ikut menulis lagu dan mencoba mendapatkan kontrak rekaman.

Melihat keuletan perjuangan Swift, keluarnya memutuskan untuk pindah ke dekat Hendersonville, Tennese. Pada 2005, keluarga Swift juga pindah menetap di Nashville. Perjuangan Swift dan keluarganya berbuah manis. Taylor Swift berhasil memukau sejumlah label lokal dengan lagu-lagunya.

Pada 2006, Swift berhasil debut dan merilis single Tim McGraw dan album self-titled. Single Tim McGraw berhasil menduduki peringkat 40 di Billboard Hot 100 dan peringkat 6 di Billboard Hot Country Songs. Sedangkan, album self-titled berhasil memperoleh penghargaan multi-platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika dan kemudian dinominasikan untuk penghargaan Best New Artist di Grammy Awards ke-50.

Pada 2007, Swift kembali merilis album bertajuk Sounds of The Season. Sayangnya, album tersebut tidak mendulang sukses. Kendati demikian, Swift kembali merilis album Fearless pada 2008. Album ini sangat sukses besar dan berhasil mengantarkan Swift menjadi artis termuda yang memenangkan empat Grammy Awards. Fearless juga berhasil menduduki peringkat atas Billboard 200 selama 11 minggu (tidak berurut) dan juga peringkat satu untuk Billboard Hit Country Albums untuk 35 minggu (tidak berurut).

Baca juga: Biografi Nike Ardilla, Penyanyi Paling Sukses dalam Sejarah Dunia Hiburan Indonesia

Kesuksesan Swift tidak bisa dibilang bebas hambatan. Ia sering memperoleh cibiran dari beberapa seniornya, khususnya pengalaman tidak menyenangkan yang ia terima saat ajang penghargaan MTV VMA pada 2009. Kala itu, Swift yang berhasil memenangkan penghargaan kategori Best Video Clip hendak berpidato. Tiba-tiba saja, penyanyi rap senior, Kanye West naik ke panggung dan mencela Swift. Menurut Kanye, Beyonce lebih pantas memenangkan penghargaan tersebut atas lagunya Single Ladies (Put a Ring on It). Meski kaget dan kecewa atas aksi Kanye West tersebut, pada akhirnya Swift tetap menerima permintaan maaf dari Kanye West dengan hati terbuka.

Hingga 2015, Swift setidaknya telah dinominasikan sebanyak 541 kali dan memenangkan 250 diantaranya. Ia juga setidaknya telah berhasil memenangkan 10 Grammy Awards, 23 American Music Awards, 23 Billboard Music Awards, dan 12 Country Music Association Awards.

Salah satu album yang teranyar Swift adalah Red (2012). Album ini berisi 16 lagu yang ditulisnya bersama dengan Dan Wilson, Max Martin, Shellback, Liz Rose, dan Jacknife Lee. Di album tersebut, Swift juga berkolaborasi dengan penyanyi Ed Sheeran di lagu Everything Has Changed dan Gary Lightbody di lagu The Last Time. Album tersebut juga menampilkan single lagu We Are Never Ever Getting Back Together yang berhasil mencapai penjualan dengan jumlah 1 juta di minggu pertama penjualannya. Kendati demikian, disebabkan adanya sedikit masalah, Swift kemudian merilis ulang album Red pada 12 November 2021. Album Red terbaru berisikan 30 lagu, sebuah pesan, dan film pendek.

Baca juga: Biografi Najwa Shihab, Jurnalis Wanita yang Dikagumi

Filantropi

Pada tahun 2012, diketahui Swift menduduki peringkat bintang dengan bayaran teratas versi majalah Forbes mengalahkan Justin Bieber, Rihanna, dan Lady Gaga dengan penghasilan 57 USD. Dari kekayaannya ini, Swift mendanai Pusat Pendidikan Taylor Swift sebanyak 4 juta USD di Country Music Hall od Fame di Nashville.

Kisah Romansa

Kepribadian yang menarik serta parasnya yang rupawan menjadikan Swift sesosok tokoh selebritis yang banyak menjalin hubungan romansa dengan sesama selebritis lainnya. Bahkan, kisah-kisah romansa pribadinya banyak menginspirasi Swift dalam membuat lagu. Misalnya saja, kisah cintanya yang tandas dengan Joe Jonas berakhir dengan perilisan lagu Forever and Always di album Fearless.

Swift juga dikabarkan pernah menjalin hubungan dengan Taylor Lautner saat sedang menjalani syuting film Valentine’s Day. Namun, hubungan ini hanya bertahan beberapa bulan saja. Swift juga mengabadikan kisah cintanya ini dengan menciptakan lagu yang berjudul Back to December.

Setelahnya, Swift juga dikabarkan menjalin hubungan dengan sederet bintang, seperti John Mayer, Cory Monteith, Jake Gyllenhaal, Conor Kennedy, Harry Styles, Calvin Harris, dan Tom Hiddleston.

Terakhir, Swift diketahui telah berkencan dengan aktor Joe Alwyn sejak Oktober 2016 hingga sekarang. Lagi-lagi, Joe Alwyn juga menjadi sumber inspirasi bagi Swift dalam menulis lagu, seperti Gorgeous dan Call It Want You Want di album Reputation.

Demikianlah biografi serta biodata singkat dari Taylor Swift, Penyanyi Multitalenta dari Pennsylvania.

Illustrator: Natasha Evelyne Samuel

Hanya pecandu aksara yang baru belajar menulis.

Artikel dari Penulis