Search
Close this search box.

Biografi Richard Gatling, Pencipta Senjata “Gatling Gun”

Biografi Richard Gatling

Biografi Richard Gatling, Pencipta Senjata “Gatling Gun” – Teknologi persenjataan memang terus berkembang hingga hari ini. Perkembangan teknologi senjata tentunya selalu didasarkan dari kondisi pertempuran yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Sebelum munculnya senapan api otomatis di era modern seperti yang kita lihat sekarang, lebih dari 100 tahun lalu telah muncul senapan mesin yang dikenal sebagai leluhur senapan mesin pertama di dunia. Senapan mesin ini dirancang oleh warga negara Amerika Serikat, yakni Richard Gatling.

Biografi Richard Gatling

Masa Kecil dan Kehidupan Pribadi Richard Gatling

Pria yang memiliki nama lengkap Richard Jordan Gatling ini lahir pada 12 September 1818 di Hertford Country, North Carolina, Amerika Serikat. Richard Gatling lahir dari keluarga petani di daerah tersebut. Ayahnya dikenal sebagai salah seorang petani yang cukup berhasil sekaligus merupakan ahli di bidang teknologi pertanian. Hal inilah yang membuat Richard Gatling cukup familiar dengan alat-alat dan mekanisme mesin semasa kecilnya, khususnya mesin pertanian.

Masa kecilnya selain digunakan untuk menempuh pendidikan dasar, juga digunakan untuk membantu ayahnya dalam bertani. Pada usia 15 tahun, Richard Gatling bekerja di sebuah kantor panitera dan juga sempat menjadi seorang tenaga pengajar di usia mudah. Dia juga sempat menjadi seorang pedagang sebelum pindah ke daerah St. Louis pada tahun 1844. Di daerah ini dia sempat bekerja di toko barang dan merancang alat bor gandung dan penabur benih.

Gatling kemudian masuk sekolah kedokteran di tahun 1850 dan lulus beberapa tahun berselang. Meskipun merupakan seorang lulusan kedokteran, dia diketahui tidak pernah membuka praktek medis. Gatling kemudian pindah ke Indianapolis dan bekerja sebagai seorang promotor perusahaan kereta api dan real estate. Dia kemudian membuka toko alat-alat pertanian di negara bagian tersebut.

Mendesain dan Menciptakan Senapan Mesin “Gatling Gun”

Saat pecahnya perang sipil Amerika (American Civil War), Gatling mengabdikan dirinya untuk menemukan solusi dan teknologi persenjataan. Di masa inilah dia memproduksi senapan mesin yang kelak dikenal dengan nama “Gatling gun”. Dia menciptakan senjata ini karena berangkat dari temuan di lapangan bahwa banyak prajurit yang meninggal karena penyakit akibat peperangan. Hal ini didasari oleh peperangan yang berlarut-larut dan infeksi akibat luka. Berangkat dari hal tersebut, Gatling kemudian merancang sebuah senjata yang dapat mempercepat pertempuran dan melakukan tugas yang umumnya dilaksanakan oleh banyak prajurit.

Gatling Gun didesain dari alat penyebar biji gandum yang pernah dia kembangkan saat masih bekerja sebagai petani. Senjata ini dapat memuntahkan ratusan peluru dalam waktu singkat yang setara dengan tembakan ratusan prajurit infanteri yang menembak secara bersamaan. Senjata ini mulai dirancang tahun 1961 dan mulai dipasarkan pada tahun 1962. Gatling juga mendirikan perusahaannya guna memasarkan senjata ini yang dikenal dengan nama “Gatling Gun Company”.

Pihak militer mulai mengadaptasi senjatanya secara resmi pada tahun 1866 dan sekaligus mendapatkan paten atas karyanya. Dia kemudian menjual hak karyanya kepada pabrikan senjata Colt dan tetap menjadi salah satu pimpinan dari perusahaan tersebut sebelum alih perusahaan seutuhnya di tahun 1893. Di tahun 1897, Gatling menyempurnakan mekanisme senjatanya dengan menggunakan tenaga elektrik yang sebelumnya harus dioperasikan dengan mekanisme manual. Dia kemudian mematenkan kembali desainnya tersebut.

Namun, pada memasuki dekade 1910-an, senjata Gatling dianggap telah usang dan ketinggalan zaman oleh militer Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan senjatanya kalah efektif dari senapan mesin modern yang berukuran lebih ringkas dan mudah dioperasikan. Akan tetapi, desain senjata Gatling gun ternyata diadopsi kembali pada puluhan tahun setelahnya dan kini dapat ditemui di beberapa senjata api modern seperti Minigun, M61 Vulcan, dan GSH-6-30.

Akhir Hayat Richard Gatling dan Beberapa Temuannya

Richard Gatling di masa tuanya hidup di St. Louis, Missouri dimana dia merintis karirnya sebagai seorang ahli teknologi dan peralatan. Di sini dia sempat mendirikan pabrik yang memproduksi alat-alat pertanian dan mesin uap. Richard Gatling meninggal pada 26 Februari 1903 saat mengunjungi putrinya di New York, Amerika Serikat.

Semasa hidupnya, Richard Gatling diketahui telah merancang beberapa alat dan sebagian besar memiliki hak paten. Selain senapan otomatis “Gatling Gun” yang membuat namanya terkenal, dia juga diketahui menciptakan bor gandum untuk pertanian, Desain baling-baling sekrup untuk kapal, mesin pemecah rami, traktor uap, konsep kapal uap dan bajak elektrik.

Editor: Widya Kartikasari

Bagikan di:
Mahasiswa Yang Hobi Jalan-Jalan Dan Menulis Agar Tidak Hilang Dari Roda Zaman.

Artikel dari Penulis