Satria Muda Pertamina Jakarta, Tim Basket Paling Solid di Indonesia

Satria Muda Pertamina Jakarta

Satria Muda Pertamina Jakarta, Tim Basket Paling Solid di Indonesia – Tim basket profesional di Indonesia itu banyak, tetapi Satria Muda atau SM-lah yang harus diakui memang paling solid. Kalaupun ada yang lebih hebat dan solid, mungkin itu bukan tim basket dari Indonesia. 

Fakta Menang dan Juara Berkali-kali

Fakta di atas kertas jelas, Satria Muda juara 3 kali berturut-turut di 3 liga Indonesia terakhir, 2018, 2021, dan 2022. Belum lagi, di liga yang sedang berlangsung tahun 2023 ini, SM juga masih mendominasi. Dari sekian belas pertandingan, SM baru kalah satu kali dari Dewa United Surabaya. 

Lalu, 2 pertandingan terakhir menang secara meyakinkan dengan tim besar Indonesia, Bumi Borneo dan West Bandit, tanpa menggunakan pemain asing. Artinya, SM mengandalkan pemain lokal saja, melawan tim profesional lainnya yang menghadirkan 2 pemain asing. Akan tetapi, SM tetap menang dengan menjanjikan. Gokil gak tuh.

Manajemen Tim yang Positif dan Progresif

Jelas saja mereka solid. Manajemen timnya begitu positif, sehingga menghasilkan progres tim yang pesat dan konsisten. Dari beberapa video yang ada di kanal Youtube SM, terlihat bagaimana kekeluargaan tim dibangun dengan baik. Pemain senior seperti Arki Wisnu, Avan Saputra, dan Laurencius begitu terbuka menyambut masukan dan kritik dari pemain muda. Begitu juga pemain mudanya begitu terbuka untuk bertanya dan belajar banyak dari para senior hebat yang ada di SM. 

Terlebih lagi, saat-saat krisis dalam pertandingan yang sulit, meski satu sama lain saling memanas, para pemain tidak saling menyalahkan. Mereka justru saling membakar semangat agar makin ngotot menjaga pertahanan dan menajamkan penyerangan lebih serius. Meskipun saya cukup yakin cekcok dan pertengkaran pasti terjadi di belakang kamera. Akan tetapi, melihat budaya manajemen tim yang dibangun begitu positif, pertengkaran-pertengkaran kecil justru semakin memperkuat solidaritas tim.

Komposisi Pemain yang Saling Melengkapi

Jika dilihat lebih teliti, komposisi pemain SM tidak jauh berbeda dengan pemain tim basket Indonesia lainnya. Tim basket lainnya juga memiliki kedalaman komposisi pemain yang mumpuni. Jelas karena memang sama-sama tim basket profesional. 

Hanya saja, keunggulan dari SM adalah setiap pemainnya yang mampu meng-cover kekurangan pemain lain di saat-saat penting pertandingan. Misalnya, saat bigman seperti Laurencius sedang off, para shooter-nya justru on meng-cover dengan tembakan angkanya yang jitu. Jika shooter-nya off, play maker yang justru lebih banyak melakukan penetrasi penyerangan. Dan hal itu dilakukan secara konsisten terus-menerus di setiap pertandingan yang dijalani SM. Konsistensi timnya memang joss. Salut. 

The Real Permainan Tim, Bukan Main-Main Sendiri Karepe Dewe

Kadang, pemain profesional seringkali ingin unjuk skill individu agar terlihat lebih hebat daripada pemain lainnya. Namun, hal ini semacam tak pernah terbesit di benak setiap pemain SM. Semua pemainnya semacam tulus dengan tujuan kemenangan tim. Jarang sekali terlihat keserakahan individual. Pola permainannya begitu cantik, ciamik, dan jos membawa SM dominan dan terus menang. Jika tidak percaya, lihat sendiri, deh. Akan terlihat betapa keren dan solidnya permainan tim dari SM, baik offense ataupun defense-nya. 

Kerennya lagi, tidak hanya satu dua pemain yang menghidupi permainan solid SM. Semua pemain berkontribusi. Apalagi jika kita lihat pertandingan yang terakhir, pada Selasa 14 Maret 2023, melawan West Bandit Solo. SM bermain tanpa pemain asing. Semuanya full pemain lokal. Namun, permainan solidnya justru makin terlihat. Kolaborasi antara Sandi Ibrahim, Arki Wisnu, Hardianus Lakudu, Avan Saputra, Ali Bagir, Antoni Erga, Juan Laurent, Laurencius, dll. terlihat amat sangat mengesankan. Luar biasa takjub. Memang layak diacungi jempol. 

Dari pertandingan tersebut terlihat bahwa sebenarnya bukan West Bandit yang lemah, tetapi memang SM yang terlalu solid sebagai tim basket. Buktinya, beberapa kali West Bandit justru unggul dalam permainan, mendominasi permainan, tetapi SM tetap solid, tak gentar, dan tak mau kalah. Gokil. 

Nuansa Mental Juara Tidak Bisa Bohong

Kita sama-sama tahu bahwa SM memang tim besar dan langganan juara di liga basket Indonesia IBL. Amat wajar kalau SM terus dominan dan makin solid. Ini justru semakin mempertegas bahwa faktor kemenangan tim dipengaruhi betul dengan lingkungan tim itu sendiri.

SM menanamkan mentalitas juara di dalam setiap pemainnya, sehingga tiap pemain SM memang benar-benar konsisten tidak pernah mau kalah. Terbukti dari beberapa pertandingan di mana SM memenangkan pertandingan dengan cara comeback atau membalikkan keadaan. Bahkan, comeback yang dilakukan cenderung tidak masuk akal dan dilakukan saat menghadapi tim besar, seperti Pelita Jaya dan Prawira Bandung. Itu benar-benar bentuk nyata dari mental juara.

Jika boleh mengira-ngira, kalau tim lain tidak berusaha lebih solid dan ngotot dari SM yang sekarang, siap-siap bosen liat SM terus-terusan angkat piala IBL.

Editor: Widya Kartikasari
Visual Designer: Al Afghani

Bagikan di:
Penulis adalah guru (baca: filsuf) honorer di salah satu sekolah negeri di Bangkalan. Gemar nulis dan suka rujak manis.

Artikel dari Penulis