Mengenal Sifat Alpha Male pada Pria dan Sisi Buruknya

Mengenal Sifat Alpha Male pada Pria dan Sisi Buruknya

Mengenal Sifat Alpha Male pada Pria dan Sisi Buruknya – Dewasa ini kita seringkali mendengar beberapa istilah yang dikemukakan dalam menggambarkan sifat yang dimiliki oleh manusia. Beragam istilah tersebut umumnya mengacu pada karakter, kepribadian, dan mental dari seseorang. Salah satu istilah yang seringkali terdengar atau menjadi pembahasan dalam masyarakat di era modern ini adalah alpha male. Dilansir dari situs popmama.com, “alpha male atau laki-laki alpha adalah sebuah karakter yang menonjol dari seorang laki-laki, sehingga seringkali dikaitkan sebagai pribadi seorang pemimpin”. 

Istilah alpha sendiri sebenarnya sudah muncul sejak puluhan hingga ratusan tahun lalu yang memiliki makna harfiah sebagai yang terkuat atau paling berpengaruh dalam sebuah kelompok atau ikatan sosial. Alpha male tentunya memiliki beragam sisi baik dalam diri seseorang. Sisi positif tersebut tentunya berperan dalam memberikan kemampuan kepemimpinan atau leadership. Akan tetapi, selazimnya segala sesuatu yang ada dalam kepribadian seseorang tentunya hal tersebut juga memiliki beberapa sisi negatif. Berikut ini beberapa sisi buruk alpha male yang seringkali tidak disadari.

  1. Terlalu Percaya Diri sehingga Tidak Sadar Muncul Sifat Arogan

Alpha male memang terkenal memiliki sifat atau tingkat kepercayaan diri yang cukup optimal. Tidak jarang pula seseorang yang menonjolkan sifat alpha male selalu tampil percaya diri dalam setiap kesempatan. Terkadang pula hal ini dilakukan berdasarkan kemampuan dirinya yang percaya bahwa dia bisa melakukan apapun. 

Namun, hal yang perlu diwaspadai adalah ketika seseorang sudah terlalu melewati batas dalam kepercayaan dirinya, hal tersebut bisa menimbulkan sifat arogan. Sifat ini terkadang dapat muncul karena dia mengabaikan hal-hal lain yang seharusnya diperhitungkan karena terlalu percaya diri berlebih akan dirinya sendiri. Kemungkinan terburuk dari sifat tersebut yakni dia bisa melakukan kesalahan atas dasar kecerobohannya sendiri.

  1. Memiliki Rasa Gengsi yang Besar Karena Ego yang Tinggi

Orang dengan karakter alpha male yang cukup tinggi juga memiliki kecenderungan untuk memiliki rasa gengsi yang cukup besar. Sebenarnya tidak ada salahnya seseorang juga memiliki rasa gengsi dalam dirinya. Akan tetapi, jika rasa gengsi tersebut terlalu mengambil alih dirinya justru hal tersebut akan membuat dirimu dianggap memiliki kepribadian yang kurang baik. Salah satu contohnya adalah enggan mengakui kesalahan yang memang disebabkan oleh dirimu sendiri. Bisa pula cenderung berlaku seenaknya karena dipengaruhi rasa gengsi dari suatu hal tersebut.

  1. Tanpa Disadari Memiliki Sifat Keras Kepala yang Tinggi

Salah satu sisi buruk yang tanpa disadari juga dialami oleh seseorang dengan alpha male adalah memiliki tingkat keras kepala yang cenderung tinggi. Orang dengan kepribadian alpha male yang menonjol memang seringkali memiliki rasa percaya diri dalam dirinya, hal ini bahkan juga seringkali terlalu dominan sehingga menimbulkan sifat sedikit arogan. 

Selain itu, kepercayaan diri tersebut juga dapat membuat orang tersebut memiliki sifat keras kepala yang terlampau tinggi. Umumnya hal ini dipengaruhi oleh ego dalam diri yang tidak bisa dikontrol sewaktu-waktu. Seringkali pula dia mengabaikan setiap masukan yang diberikan untuk kebaikannya. Tidak jarang pula hal ini membuat orang dengan kepribadian alpha male seringkali dianggap sebagai orang yang kaku.Nah, itulah beberapa sisi buruk sifat alpha male dalam diri laki-laki. Sejatinya sifat alpha male jika dapat dikontrol dan dikendalikan memiliki beberapa hal positif seperti berani mengambil keputusan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Namun, jika justru tidak mampu dikontrol maka rawan untuk menimbulkan beberapa hal negatif dalam kepribadian seseorang.

Editor: Firmansah Surya Khoir
Visual Designer: Al Afghani

Bagikan di:
Mahasiswa Yang Hobi Jalan-Jalan Dan Menulis Agar Tidak Hilang Dari Roda Zaman.

Artikel dari Penulis