Good Habit yang Harus Segera Dilakukan Orang Mageran

Good Habit

Good Habit yang Harus Segera Dilakukan Orang Mageran – Mager atau males gerak kadang menjadi musuh kebanyakan orang termasuk diri saya sendiri. Mager adalah proses pengambilan keputusan untuk tidak melakukan usaha apapun yang seolah-olah dalam tubuh kita ada magnet yang menarik dan berujung untuk rebahan saja. Ternyata keseringan mager bisa jadi boomerang, karena hanya dengan mageran dan rebahan pekerjaan yang seharusnya bisa kita kerjakan dengan sat set wat wet akhirnya menjadi tertunda. Hingga pada akhirnya pekerjaan tersebut hanya berseliweran di kepala dan mengganggu pikiran kita.

Saya pernah membaca buku psikologi yang ditulis psikologi AS Dollard & Miller. Katanya perilaku manusia terbentuk karena faktor kebiasaan. Oleh karena itu kalau kita sering menunda pekerjaan dengan hanya rebahan dan scroll-scroll halaman Instagram, apalagi stalking mantan maka kebiasaan itu akan membentuk pribadi kita menjadi pribadi yang malas, sehingga membuat diri kita tidak ingin meninggalkan zona kemalasan dan kemageran yang telah kita buat sendiri.

Habit malesan atau mageran ternyata bisa membuat mindset kita menjadi malesan pula. Parahnya ketika mindset malesan sudah terbentuk, pastinya diri kita akan tenggelam dalam lautan kemageran dan akan kesulitan untuk menemukan permukaannya kembali. Dibutuhkan usaha dan niat yang sangat serius bahkan sangat gigih untuk dapat meraih permukaan ini kembali. 

Caranya adalah dengan merubah habit. Meskipun kenyataan tak semudah membalik tangan. Namun sahabat mageran perlu mencoba beberapa tips yang telah saya tuliskan biar tidak mengawali bangun tidur dengan mengecek hp. Yah paling enggak setelah membaca ini sahabat mageran bisa mengawali bangun tidur dengan cuci muka, mandi, berolahrga, ibadah pagi, membantu ibu memasak atau menunggu tukang sayur keliling menawarkan dagangannya.

Nih ada beberapa good habit yang tidak terlalu sulit dilakukan tim mager-mager atau tim rebah-rebah yang penting konsisten dan punya semangat untuk terus merasa hidup. Sebenarnya merubah habit harus dari hal-hal kecil dan yang paling penting adalah konsisten. Mari kita coba ya selama 21 hari ke depan tanpa bolong.

1. Berhenti mengecek hp saat kamu baru bangun tidur

Ini adalah kebiasaan yang sering saya lakukan, tapi sekarang sudah mulai berhenti. Ternyata mengecek hp saat bangun akan membuat kita cemas dan kurang produktif. Lebih parahnya lagi keseringan mengecek hp saat bangun membuat mata kita tidak sehat. 

Terlebih untuk kalian yang tidur malam hari meletakkan hp di dekat kepala, coba mulai sekarang kalian lebih hati-hati, sebab radiasi yang dikeluarkan hp sangat berbahaya. Mari awali bangun pagi dengan segera ke kamar mandi, bersih diri, ibadah dan olahraga pagi minimal 15 menit.

2. Tidur lebih cepat dan bangun lebih awal

Sahabat mageran ternyata prinsip ini sudah banyak diterapkan oleh tokoh penting di seluruh dunia. Bahkan Kanjeng Nabi Muhammad Saw merekomendasikan sleep cycle ini dan menyarankan sholat malam dan bangun lebih pagi bagi seorang muslim. Mungkin awalnya akan terasa sulit tidur lebih awal, namun perlahan, tubuhmu akan terbiasa dengan siklus yang baru. 

Sahabat mageran perlu tahu nih, ternyata manusia hanya menggunakan 20% dari kemampuan berpikirnya pada malam hari dan hanya bekerja optimal pada dini hari dan sore hari. Jadi biarkan otak kita beristirahat saat malam hari.

3. Bangun kebiasaan pagi secara paksa

Mulai dari sekarang coba pasang tombol snooze pada alarm kalian. Lakukan ini untuk memaksa dirimu bangun pagi. Buang kebiasaan menaruh alarm di dekatmu, dan taruhlah di bagian yang sulit kamu raih seperti di meja sudut kamar. Dengan begitu ketika alarm mengganggumu kamu akan segera bangkit. Siapkan air putih di sampingmu agar membuatmu lebih segar dan bersiaplah untuk menjalani hari. Mulai hari ini coba buat to do list setiap pagi sebelum menjalankan aktivitas dan jangan lupa sediakan waktu minimal 30 menit untuk bersosialiasasi. Ingat sosialisasi bukan rumpi. Selamat mencoba!

Pendidik dan Penikmat Sastra.

Artikel dari Penulis