Cara Menjadi Mahasiswa yang Tak Merugi

Agar Menjadi Mahasiswa yang Tak Merugi

Cara Menjadi Mahasiswa yang Tak Merugi – Masa-masa menjadi mahasiswa adalah masa yang diimpikan oleh sebagian orang. Pasalnya hanya ada beberapa orang yang dapat merasakan bangku perkuliahan, tidak semua orang bisa untuk sampai pada tahap menjadi mahasiswa. Entah karena faktor instrinsik (dalam diri), seseorang yang kurang termotivasi melangkahkan kakinya untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Atau kurangnya intelektual yang mendukung. 

Beruntunglah bagi beberapa orang yang dapat menjadi mahasiswa dan belajar di perguruan tinggi. Jangan sampai kesempatan emas ini hanya berlalu begitu saja tanpa adanya kontribusi yang nyata bagi pengembangan diri, masyarakat, agama, dan negara. Jika dilihat berdasarkan riset yang ada, sebenarnya hanya sedikit orang yang bisa sampai merasakan pendidikan di perguruan tinggi. 

Menjadi mahasiswa adalah menjadi generasi penerus bagi agama dan negara. Mereka adalah sumber daya manusia terbaik yang terpilih untuk mengubah kondisi yang ada di masyarakat. Di tangan mereka masa depan arah haluan negara dapat lebih maju dan berkembang. Merekalah aset berharga bangsa ini jika masing-masing dari mereka bisa memberdayakan potensi dan kemampuannya dengan maksimal. Inilah harapan yang ditunggu-tunggu di masa depan.

Setidaknya agar tidak merugi selama menjadi mahasiswa saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi, ada beberapa kegiatan ataupun aktivitas yang dapat dilakukan oleh para mahasiswa. Diharapkan di masa depan mereka dapat menjadi pelopor untuk kemajuan bangsa dan menjadi manusia terbaik untuk dirinya, masyarakat, serta dunia. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa supaya tidak merugi ketika menuntut ilmu di perguruan tinggi.

Cara Menjadi Mahasiswa yang Tak Merugi

1. Rajin Mengikuti Kuliah

Selagi diberikan kesempatan untuk menimba ilmu di perguruan tinggi, maka sebisa mungkin jangan sia-siakan kesempatan itu. Selesaikan semua tanggung jawab sebagai mahasiswa dengan baik dan benar. Belajar adalah tanggung jawab utama mahasiswa. Melalui belajar dengan sungguh-sungguh maka mahasiswa akan mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat dan dapat menjadi bekal bagi dirinya di masa depan. 

Tentunya hal ini dapat diraih dengan senantiasa rajin mengikuti perkuliahan di kelas. Mendengarkan dosen menyampaikan ilmunya, belajar presentasi di kelas, dan berdikusi dengan teman mahasiswa lainnya. Mahasiswa akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diamalkan.

2. Kembangkan Potensi Kemampuan Diri

Masing-masing orang biasanya memiliki kelebihan yang bisa dikembangkan. Misalnya dalam hal berbicara di depan umum, keterampilan menulis, membuat desain grafis, dan kemampuan lain yang masih bisa ditingkatkan. Dengan menjadi mahasiswa maka kemampuan itu bisa lebih diasah, bisa dengan bersama teman-teman mengikuti lomba untuk menguji potensi kemampuan diri dengan orang lainnya. 

Konsisten untuk mengembangkan kemampuan, hingga kelak harapannya bisa menjadi ahli dalam potensi kemampuan yang dimilikinya atau hobi yang ditekuninya. Selagi masih muda, mumpung semangat masih berapi-api, tetaplah maju dan semangat pantang menyerah.

3. Memperluas Relasi 

Semasa kuliah, kita akan bertemu dengan berbagai jenis orang dengan keunikan karakternya masing-masing. Ada yang berasal dari pulau Jawa, ada yang asalnya dari Sumatera, dari Aceh, bahkan jika kita beralih ke arah wilayah timur, ada mahasiswa yang berasal dari NTT hingga Papua. 

Tentunya masing-masing orang tersebut memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda. Kita bisa mulai belajar saling memahami satu sama lain. Berteman dengan berbagai orang dari berbagai daerah sangatlah penting. Bayangkan jika kita pergi ke suatu daerah tertentu dan di sana ternyata ada teman yang kita kenal. Kita dapat berkunjung ke rumahnya sesekali bercerita tentang pengalaman di masa lalu. 

Ada banyak cara untuk kita memperluas relasi yaitu dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan, mengikuti kepanitiaan, dan mengikuti kegiatan yang ada di perguruan tinggi. Dengan begitu relasi kita semakin luas dan wawasan kita semakin bertambah.

4. Selalu Ingat Orang Tua

Sebagai mahasiswa yang memiliki beban tanggungjawab untuk selalu belajar mencari ilmu dan pengalaman. Kita tidak boleh sampai lupa dengan orang tua, apalagi jika biaya kuliah kita masih ditanggung oleh mereka. Rasanya sangat tidak etis apabila kuliah dengan biaya orang tua tetapi kita melupakan mereka dan jarang memberi kabar kepada mereka. 

Maka tak jarang ketika kedua orang tua sakit atau bahkan sampai meninggal dunia, anak yang sedang merantau menjadi mahasiswa tidak mengetahuinya. Meskipun ketika mahasiswa sudah bisa mandiri. Mampu membiayai segala keperluan hidupnya sendiri tanpa bergantung dengan orang tua. Tetap saja kita sebagai mahasiswa memiliki tugas untuk berbakti kepada keduanya. Karena dari merekalah kita bisa sampai di titik menjadi mahasiswa dan merasakan bahagianya hidup di dunia ini.Demikian, kiat-kiat praktis untuk menjadi mahasiswa anti merugi. Mudah-mudahan apa saja yang kita perjuangkan, kita usahakan, dan impian yang kita impikan. Semua dapat terwujud tanpa adanya penyesalan. Menjadi mahasiswa anti merugi adalah dambaan bagi setiap orang yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi. Semoga dengan sedikit cuitan ini dapat membuka wawasan pembaca dan mengubah hidup terutama untuk para mahasiswa. Tetap semangat dan jangan lupa Bahagia… 😊

Editor: Firmansah Surya Khoir
Visual Designer: Al Afghani

Bagikan di:
Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta/Ilmu Tarbiyah dan Keguruan/Pendidikan Agama Islam.

Artikel dari Penulis