Fenomena Bootcamp sebagai Penghasil Talenta Berkualitas Siap Kerja

Fenomena Bootcamp

Fenomena Bootcamp sebagai Penghasil Talenta Berkualitas Siap Kerja – Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula teknologi yang menjadi penopang hidup manusia. Semua aspek kehidupan manusia semakin hari semakin bergantung pada teknologi. Mulai dari mata pencaharian utama masyarakat, hingga pekerjaan rumah tangga sehari-hari seperti memasak, membersihkan rumah, mengepel lantai, dan lain sebagainya.

Salah satu aspek kehidupan manusia yang sangat terkait erat dengan perkembangan teknologi adalah aspek telekomunikasi dan penyampaian informasi. Segala hal berhubungan dengan komunikasi dan penyampaian informasi semakin lama jelas terlihat perubahannya. Sebut saja yang dulu awalnya menggunakan surat, kemudian telegram, radio, telepon, hingga kini hampir semua orang menggunakan smartphone dan laptop/PC untuk urusan telekomunikasi.

Semakin berkembangnya dunia teknologi tentunya membuka kesempatan baru berkembangnya suatu ilmu dan pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi tersebut. Beberapa tahun terakhir, pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan website, aplikasi android & IOS, bahkan sampai dengan pembuatan game sedang banyak digandrungi oleh kawula muda, karena memang sedang banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini menyebabkan semakin tingginya minat pada bidang pemrograman yang menjadi tonggak di belakang teknologi-teknologi tersebut.

Belajar Coding Singkat

Dahulu di awal-awal mungkin orang mengenal ilmu pemrograman, atau programming, atau juga sering kali disebut coding, sebagai ilmu yang hanya bisa dikuasai oleh orang-orang yang sekolah atau kuliah di bidang informatika dan serumpunnya. Namun, saat ini semua orang bisa mempelajari dan menguasai ilmu tersebut. Ada banyak tutorial-tutorial di website dan YouTube yang mengajarkan coding secara cuma-cuma melalui channel mereka. Namun kini ada cara untuk belajar programming dalam waktu singkat yang lebih fokus, lebih terbimbing, dan lebih terarah, yaitu melalui coding bootcamp.

Tidak bisa dipungkiri, akhir-akhir ini banyak sekali bootcamp yang berhubungan dengan programming dan digital marketing bertebaran di dunia maya. Mulai dari harga murah, hingga harga selangit yang membuat kantong langsung kering. Namun, hal tersebut akan setimpal dengan hasilnya jika kita mau mengikuti dengan runtut setiap pelajaran, pengarahan, serta mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Sebagai pengingat, sebelum mengikuti bootcamp, tentukan dulu skill yang ingin didalami atau tujuan karier yang ingin dicapai agar tidak salah memilih karier. Karena saat ini dengan semakin luasnya ranah dunia programming, semakin banyak juga pilihan jalur di dalamnya. Misalkan ingin terjun ke dunia pembuatan website professional atau aplikasi berbasis website, maka kamu bisa menjadi Back End Developer, Front End Developer, hingga Full Stack Developer. Setelah itu, bahasa pemrograman apa yang ingin kalian gunakan dan fokuskan untuk memasuki bidang website developer tersebut, apakah JavaScript atau Python. Barulah setelah itu kalian cari bootcamp yang cocok dengan keinginan kalian.

Pertimbangan Sebelum Memilih Bootcamp

Sebagai insight, akhir-akhir ini yang banyak digandrungi adalah bootcamp JavaScript dan Data Science. Javasricpt sendiri semakin banyak dibutuhkan perusahaan setelah naik daunnya framework NodeJS dan React & React Native untuk ke kebutuhan pengembangan website dan aplikasi. Data scientist juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang memerlukan visualisasi data untuk pengambilan keputusan dalam bisnis mereka.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa memilih dari sekian banyak bootcamp sesuai dengan budget kalian. Namun pastikan kurikulum yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan industri dan kualitas lulusannya sudah teruji di dunia kerja. Selain itu, yang terpenting adalah bagaimana sistem pembelajarannya, karena jika hanya melalui video rekaman saja tanpa live lecture dan mentoring, maka sama saja seperti nonton di YouTube.

Sementara untuk urusan biaya biasanya bootcamp memberikan keringanan bagi para calon siswanya untuk bisa belajar tanpa terhalang biaya. Tidak heran sudah banyak orang yang beralih ke bootcamp untuk mendapat karier yang lebih baik tanpa harus keluar uang banyak. Dengan banyaknya benefit yang bisa didapat dari belajar di bootcamp dibanding pendidikan konvensional. Sudah saatnya kamu mulai mempertimbangkan bootcamp untuk upskilling atau career switch di industri digital.

Bagikan di:
Seorang blogger sejak 2014 yang berlanjut menekuni karier di dunia SEO Specialist profesional dan WordPress designer sejak 2021. Need my service? Feel free to contact me.

Artikel dari Penulis