Inilah 10 Tempat Wisata Lamongan Populer Terbaru

Tempat wisata lamongan

Inilah 10 Tempat Wisata Lamongan Populer Terbaru – Lamongan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki budaya unik dan identitas yang khas. Mulai dari lezatnya soto Lamongan yang terkenal hingga tempat wisata modern yang memikat untuk dinikmati saat liburan. Tempat wisata Lamongan menyajikan keindahan alam yang memukau, tempat-tempat bersejarah, dan destinasi dengan permainan seru. Berikut 10 tempat wisata Lamongan terbaru yang populer dan patut kalian kunjungi.

10 Tempat Wisata Lamongan Populer

1. Alun-Alun Kota Lamongan

Alun-alun sebagai salah satu ikon Kota Lamongan yang terletak di pusat kota, tempat wisata populer yang sering dijadikan lokasi bersantai akhir pekan bersama teman atau keluarga. Keberadaan tumbuhan hijau yang melingkupi alun-alun menciptakan suasana yang semakin nyaman dan menenangkan. Untuk masuk ke alun-alun tidak dikenakan biaya, alias free.

Selain itu, ragam penjual makanan khas Lamongan turut memperkaya pengalaman kuliner di tempat ini. Kalian tak perlu berkeliling Kota Lamongan untuk mengeksplor hidangan khasnya. Datanglah ke alun-alun yang terletak di Jl. Lamongrejo, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, hanya dalam waktu 1 menit (450,0 m) melalui Jl. Kyai H. Hasyim Ashari.

2. Wisata Bahari Lamongan

Salah satu tempat wisata populer di Lamongan yang patut dikunjungi adalah Wisata Bahari Lamongan. Lokasi ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, menyajikan wahana air yang menghibur seperti kapal bajak laut. Terdapat beragam permainan menantang untuk membuat liburan kalian lebih seru dan menyenangkan. Keunikan tempat ini terletak pada pintu masuknya yang dihiasi oleh sebuah patung kepiting besar sebagai ikon khasnya. Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.30 hingga 16.30 WIB, dan lokasinya berada di Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

3. Goa Maharani Lamongan

Destinasi berikutnya yang layak dikunjungi adalah Goa Maharani, dikenal sebagai situs penyebaran Islam pada masa lampau. Tempat ini juga dianggap sebagai titik pertemuan para wali songo ketika mereka menyebarkan ajaran agama Islam. Keunikan bentuk goa ini menjadi daya tarik visual yang memukau dan memanjakan mata pengunjung. Terletak di Jl. Raya Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, tepatnya saling berhadapan dengan WBL.

Goa Maharani saat ini berada dalam tempat wisata Maharani Zoo & Cave atau Goa Maharani dan Kebun Binatang. Jadi, selain dapat menikmati indahnya goa, kalian juga dapat sekalian bertemu dan menyapa berbagai macam binatang yang ada di kebun binatang. Disarankan untuk mengunjungi Goa Maharani saat cuaca cerah untuk menikmati keindahan dan kenyamanan secara optimal, terlepas dari kondisi musim hujan yang sebaiknya dihindari.

4. Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat menjadi tujuan wisata religi yang popular di Lamongan. Sosok Sunan Drajat yang sebenarnya bernama Raden Qosim, salah satu dari sembilan sunan terkenal yang memainkan peran penting dalam penyebaran Islam di tanah Jawa. Setiap harinya, ribuan ziarah menghampiri makamnya, menciptakan suasana yang ramai dan penuh kehormatan. Area makam Sunan Drajad buka 24 jam.

Tempat ini terus memikat peziarah dari berbagai penjuru Pulau Jawa, tetap hidup dengan warisan Sunan Drajat yang terpelihara dengan baik hingga saat ini. Berkunjung ke makam ini tidak hanya berarti berziarah, tetapi juga memberikan kesempatan untuk memperdalam pemahaman tentang ajaran Islam yang diwariskan oleh Sunan Drajat. Terletak di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, lokasinya dapat dicapai dalam waktu 30 menit dari pusat kota.

5. Pantai Tanjung Kodok Lamongan

Pantai Tanjung Kodok Lamongan merupakan tempat wisata terkenal nan popular. Dengan keunikan namanya yang terinspirasi oleh tebing dan bebatuan di sekitarnya yang menyerupai hewan kodok (katak). Disarankan kalian berkunjung di malam hari, karena keindahan pantai ini semakin memukau ketika malam tiba dengan cahaya lampu yang berwarna-warni mempercantik setiap sudutnya. Terletak di Jl. Raya Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur, pantai ini mengundang kalian untuk merasakan pesona alam yang memesona dengan harga yang bersahabat.

6. Pantai Kutang Lamongan

Pantai Kutang Lamongan sebagai salah satu wisata Lamongan yang popular. Pantai ini menjadi favorit di kalangan pengunjung dengan panorama yang memukau dan udara segar yang membuat siapa pun merasa nyaman di sana. Keunikan pantai ini semakin bertambah dengan kehadiran tumbuhan mangrove yang mengelilinginya, memberikan daya tarik yang unik dan menarik.

Banyak pengunjung yang memilih menghabiskan waktu liburan di Pantai Kutang, menikmati suasana yang nyaman dan keindahan pasir putih yang luas, cocok untuk bermain dan piknik bersama keluarga. Bagi yang merencanakan kunjungan tidak perlu khawatir, karena dipastikan tidak akan menyesal. Terletak di Kentong, Labuhan, Kec. Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Pantai Kutang dapat diakses dengan mudah berkat akses jalan yang baik dan buka setiap hari.

7. Pantai Putri Klayar Lamongan

Dari beragam pantai yang ada di Lamongan, Pantai Putri Klayar muncul sebagai pilihan terbaik untuk liburan kalian. Keistimewaan pantai ini terletak pada pasirnya yang berwarna kecoklatan, dikelilingi oleh tanaman bunga yang indah dan penuh warna di tepiannya. Suasana nyaman dan hembusan angin sejuk membuat Pantai Putri Klayar menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. 

Pesona terbaik dari pantai ini tergambar melalui pasir putih dan air laut yang transparan. Pantai Putri Klayar menawarkan beragam spot menarik dan instagramable, serta wahana seru yang siap memanjakan liburan akhir pekan kalian. Pantai Putri Klayar yang terletak di Klayar, Sidokelar, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

Dari ketiga pantai yang ada di Lamongan ini, tentunya membuat Lamongan menjadi salah satu daerah yang memiliki wisata pantai. Mungkin Pantai Utara Jawa ini bisa menjadi referensi lain untuk kalian pecinta suasana pantai selain pantai di Malang yang notabennya adalah pantai selatan.

8. Masjid Namira Lamongan

Masjid Namira merupakan salah satu masjid megah dan populer di Lamongan serta sering pula menjadi tujuan wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Masjid ini memiliki kapasitas untuk menampung sekitar 2500 jamaah dan berdiri di atas lahan seluas 2.750 meter persegi, terletak di Jl. Raya Mantup km. 5, Ds. Jotosanur, Kec. Tikung, Kab. Lamongan.

Masjid Namira membanggakan gaya arsitektur mewah yang terinspirasi dari bangunan masjid di Timur Tengah. Keunikan masjid ini terletak pada interior yang menciptakan kesan mewah dan terang, membedakannya dari masjid-masjid lain di Indonesia. Kehadiran kiswah Ka’bah di mihrab imam semakin menambah daya tarik Masjid Namira, memberikan pengalaman spiritual yang mendalam bagi para pengunjungnya.

9. Istana Gunung Mas 27 Lamongan

Istana Gunung Mas27 Lamongan dulunya merupakan tambang kapur, kini telah diubah menjadi destinasi wisata menarik dan popular di Lamongan. Obyek wisata ini tergolong baru dan menjadi populer di Lamongan karena menyuguhkan beragam spot foto yang instagramable. Berlokasi di bekas tambang, pengunjung masih dapat menemukan bukit kapur yang mengitar kawasan Istana Gunung Mas Lamongan.

Keistimewaannya terletak pada bangunan rumah kayu yang terletak di tengah perbukitan kapur, dengan nuansa perpaduan gaya Jawa, Bali, dan China. Selain itu, pengunjung dapat memberi makan berbagai hewan seperti burung dara, kelinci, ayam hias, ikan, dan lainnya. Terletak di Desa Tugu, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, Istana Gunung Mas Lamongan menawarkan pengalaman unik dalam suasana bekas tambang kapur yang kini bertransformasi menjadi destinasi wisata menarik.

10. Wisata Edukasi Gondang Outbound (WEGO) Lamongan

Salah satu destinasi menarik dan populer yang sebaiknya kalian sertakan dalam kunjungan ke kota Lamongan adalah Wisata Edukasi Gondang Outbound (WEGO). Ikon menarik di tempat ini adalah pesawat terbang yang sudah tidak digunakan yang ditempatkan di area tersebut, dikelilingi oleh hutan buatan di setiap sisinya. WEGO Lamongan menonjol sebagai wahana petualangan yang menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk menguji adrenalin. 

Disarankan mengunjungi WEGO pada pagi atau sore hari, ketika cuaca tidak terlalu panas dan suasana lebih segar. Sebaiknya dihindari saat musim hujan untuk memastikan keamanan dalam menjalani berbagai aktivitas. Terletak di Gondang, Juwet, Deketagung, Kec. Sugio, Kabupaten Lamongan, WEGO memikat perhatian banyak wisatawan yang mencari pengalaman baru.

Semua tempat wisata popular Lamongan di atas sangat direkomendasikan, kalian akan mendapatkan pengalaman menarik saat berkunjung ke tempat wisata Lamongan yang lagi populer di atas.

Bagikan di:

Artikel dari Penulis