Biografi Angelina Jolie, Aktris Papan Atas Sekaligus Aktivis Kemanusiaan PBB

Biografi Angelina Jolie, Aktris Papan Atas Sekaligus Aktivis Kemanusiaan PBB – Angelina Jolie merupakan aktris terkemuka Hollywood yang terkenal karena film-film Girl Interrupted, Salt, dan Maleficent. Selain aktris papan atas, Jolie juga menjadi aktivis kemanusiaan.

Kehidupan awal

Angelina Jolie lahir di Los Angeles, California pada 4 Juni 1975. Ayahnya adalah aktris kenamaan, Jov Voight, sedangkan ibunya bernama Marcheline Bertrand.

Jolie sudah mulai terjun ke dunia akting sejak berusia 7 tahun di film sang ayah yang berjudul Lookin’ to Get Out (1982). Pada sesi wawancara dengan Rollin Stone, Jolie mengaku ia tidak menikmati karirnya di dunia akting selama masih anak-anak tersebut. Oleh karena itu, Jolie tumbuh menjadi remaja yang nakal untuk melampiaskan kekesalannya. Ia akrab dengan alkohol serta seluruh tubunya penuh tato dan tindikan. Gangguan anoreksia dan kecemasan akut pun dialaminya selama masa tersebut. Jolie remaja juga terjerat dengan seks bebas. Bahkan, sejak 14 tahun, Jolie sudah tinggal serumah dengan cinta monyetnya selama dua tahun layaknya suami istri.

Karir

Jolie memulai studi aktingnya di Lee Strasberg Theater Institute pada masa muda. Selanjutnya, Jolie melajutkan studinya di New York University.

Meski masa mudanya tidak karuan, Jolie muda memperoleh beragam prestasi, di antaranya memenangkan kategori aktris terbaik pada Golden Globe Awards atas perannya dalam mini seri Gia dan kategori aktris pendukung terbaik dalam film Girl, Interrupted. Film Lara Croft: Tomb Rider yang dibintanginya kemudian pada 2001 juga menuai kesuksesan besar. Sosoknya sebagai jagoan perempuan dari kisah video game dalam film tersebut diperankan dengan baik oleh Jolie.

Baca juga: Biografi Marilyn Monroe, Aktris Papan Atas Lambang Sensualitas Internasional

Kesuksesannya dalam dunia karir juga diiringi dengan perilaku Jolie yang dianggap semakin positif. Bahkan, Jolie dinobatkan menjadi Goodwill Ambassador oleh PBB untuk turun ke lapangan dan menghadiri kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh PBB.

Pada 2005, majalah The Hollywood Reporter menobatkan Jolie sebagai aktris termahal. Hal ini dilatarbelakangi kesuksesan film-film yang diperankan oleh Jolie, seperti Gone in 60 Seconds, A Mighty Heart, dan Changeling. Diperkirakan bayaran Jolie kurang lebih mencapai 15-20 juta USD per judul film.

Setelah sukses menekuni dunia akting, Jolie juga mengasah bakatnya sebagai sutradara untuk film Land of Blood dan Honey pada 2010, meski diakui film-film besutan Jolie ini tidak terlalu sukses di pasaran.

Sekarang ini, Jolie dikenang sebagai aktris yang sukses memerankan tokoh Maleficent hingga berhasil masuk box office di kancah internasional dengan pendapatan yang menembuh 758 juta USD.

Perjalanan romansa dan anak

Diketahui Jolie pernah menjalin hubungan dengan mantan kekasih wanitanya, yakni seorang model yang bernama Jenny Schimizu. Setelahnya, Jolie menikah dengan lawan mainnya di film Hackers, yakni Jonny Lee Miller pada 1995 hingga 1999. Tahun berikutnya, Jolie menikah kembali dengan aktor beda usia, Billy Bob Thornton hingga 2003.

Pada 2002, setelah melakukan kegiatan kemanusiaan di Kamboja, Jolie mengadopsi seorang putra dari Kamboja yang bernama Maddox. Pada 2003, Jolie kembali mengadopsi seorang putri yang diberi nama Zahara.

Pada 2005, Jolie diisukan sebagai orang ketiga di antara pernikahan Brad Pitt dan Jennifer Aniston. Kedekatan Jolie dan Pitt dimulai saat keduanya membintangi film Mr. and Mrs. Smith (2004). Gosip tersebut makin menjadi setelah Pitt resmi bercerai dari Aniston dan nampak semakin dekat dengan Jolie. Kedekatan Jolie-Pitt semakin kentara hingga media barat menjuluki mereka sebagai Brangelina. Hubungan keduanya resmi setelah kelahiran anak biologis Jolie-Pitt pada 2006 yang bernama Shiloh.

Pada 2007, Jolie kembali mengadopsi seorang anak laki-laki dari panti asuhan Vietnam dan menamainya dengan Pax Thien. Setahun kemudian, Jolie melahirkan anak kembar dengan nama Knox dan Vivienne.

Jolie-Pitt kemudian resmi bertungangan pada 2012. Kemudian, dua tahun berikutnya, tepatnya pada 23 April 2014, Jolie-Pitt pun resmi menikah. Sayangnya bahtera pernikahannya dengan Pitt harus berujung kandas. Pada September 2016, Jolie menggugat cerai Pitt dan meminta hak asuh fisik tunggal atas enam anak mereka.

Aktivis Kemanusiaan

Selain menyandang status sebagai aktris papan atas dan juga ibu dari keenam anaknya, Jolie juga merupakan aktivis kemanusiaan. Pada 2001, Jolie diangkat menjadi Duta Besar untuk Badan Pengungsi oleh PBB. Pada 2005, Jolie juga berhasil menerima Penghargaan Aksi Kemanusiaan Global dari Asosiasi PBB AS untuk aktivismenya atas upayanya memperjuangkan hak-hak pengungsi.  

Masalah Kesehatan dan Pencegahan Kanker

Jolie memiliki perhatian khusus perihal penyakit kanker. Hal ini dilatarbelakangi oleh historis kematian ibu dan nenek Jolie yang disebabkan oleh kanker. Pada Mei 2013, perhatiannya mengenai kanker semakin menjadi setelah ia didiagnosis membawa gen BRCA1 yang membuatnya berpotensi mengidap kanker payudara dan kanker ovarium. Diperkirakan Jolie memiliki risiko 87% terkena kanker payudara dan 50% terkena kanker ovarium. Sebagai upaya pencegahan, Jolie kemudian melakukan operasi mastektomi ganda. Hal ini mengejutkan dunia dan menjadi sumber inspirasi bagi para perempuan. Berkat operasi tersebut, diketahui risiko Jolie mengalami kanker payudara menurun drastis, dari yang sebelumnya 87% hingga menjadi 5%.

Lebih lanjut, dalam wawancaranya dengan Vanity Fair pada September 2017, Jolie juga mengungkapkan bahwa ia menderita Bell’s Palsy, kerusakan pada saraf wajah yang menyebabkan satu sisi wajahnya terkulai. Untungnya, ia berhasil pulih sepenuhnya dengan akupuntur.


Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20150605121833-234-57891/kisah-hidup-yang-kelam-dan-menawan-seorang-angelina-jolie

https://www.biography.com/actor/angelina-jolie

https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2013/05/130514_hiburan_jolie_masektomi

Illustrator: Natasha Evelyne Samuel

Hanya pecandu aksara yang baru belajar menulis.

Artikel dari Penulis