9 Ide Hadiah Kenang-Kenangan untuk Dosen Pembimbing

Ide Hadiah Kenang-Kenangan untuk Dosen Pembimbing – Para pejuang skripsi, tesis, ataupun disertasi tentunya sedang intim-intimnya dengan dosen pembimbing. Bahkan bisa-bisa ketemuan lebih sering daripada ketemuan dengan doi, saking inginnya cepat-cepat selesai. Yaa memang ada yang bilang “skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai”, dan saya rasa itu benar. Menyelesaikan skripsi, tesis, maupun disertasi adalah salah satu bentuk tanggung jawab mahasiswa untuk menyelesaikan sesuatu yang telah ia mulai (mulai kuliah).

Dalam proses pengerjaan skripsi, mulai dari pencarian judul, pengerjaan, pengambilan data, pengolahan data, hingga sidang, semuanya melibatkan dan membutuhkan dosen pembimbing. Apakah itu dalam hal bimbingan ataupun persetujuan, mahasiswa akan sering berinteraksi dengan dospem. Bahkan sering terjadi yang awalnya tidak kenal dosen tersebut, setelah sering bertemu dan berinteraksi untuk bimbingan, menjadi akrab dan bahkan ada yang menjadi seperti bestie, atau memunculkan rasa seolah-olah dospemnya adalah orang tuanya di kampus. Namun ada juga yang kemudian jadi tidak suka dengan dospemnya dikarenakan satu dan beberapa hal yang terjadi selama proses penyelesaian skripsinya.

Namun, mau bagaimanapun kesan mahasiswa terhadap dosen pembimbingnya, biasanya di akhir ingin memberikan kenang-kenangan kepada dospemnya. Mungkin sebagai ucapan terimakasih karena telah membimbing selama (minimal) 1 semester, ataupun sekadar yaaaa ingin ikut adat atau kebiasaan yang lainnya saja. Nah, berikut akan saya berikan beberapa ide yang bisa kalian jadikan referensi sebagai hadiah untuk dosen pembimbing.

Baca juga: Sesajen untuk Sang Mahaguru di Akhir Perjalanan

Ide Hadiah Kenang-Kenangan untuk Dosen Pembimbing

1. Perlengkapan Ibadah

Berhubung saya muslim ya, jadi ini perlengkapan ibadah untuk dospem yang muslim, daripada saya sok tau nanti malah keliru.

– Sarung

Sarung adalah hadiah yang sangat simpel, gampang, dan tidak ribet harus mencari ukuran. Karena sarung ya memang ukurannya begitu-begitu saja. Tinggal kita sesuaikan saja dengan budget yang kita miliki ya. Untuk harga sarung yang cocok sebagai hadiah kenang-kenangan minimal yang 50 ribuan ya. Kalian bisa ambil merk Wadimor (Shopee), Gajah Duduk (Shopee), Atlas (Shopee), atau Mangga (Shopee) untuk kisaran harga 50 sampai 200 ribu. Kalau masih kurang berkelas, bisa langsung ke merek BHS (Shopee) ya, range harga mulai dari 300 ribuan sampai 2,3 juta.

– Mukena

Mukena juga agak mirip dengan sarung sepertinya. Tidak terlalu ribet untuk urusan ukuran. Kalau sarung untuk dosen laki-laki, mukena untuk dosen perempuan. Untuk kisaran harga relatif sama sepertinya, bisa disesuaikan dengan budget. Untuk kisaran harga 50 sampai 200 ribuan bisa ambil merek Jumuna (Shopee) atau Tazbiya (Shopee). Atau merek lain juga banyak dengan kisaran harga itu. Kalau ingin yang lebih tinggi lagi bisa ambil merek Seradia (Shopee) atau Tatuis (Shopee) di kisaran harga 300 ribuan hingga 500 ribu. Cocoklah sebagai hadiah untuk dosen pembimbing wanita.

– Peci

Peci ini khusus untuk dosen laki-laki ya. Dan ini sebenarnya agak susah karena butuh tahu ukuran kepala bapak dosennya. Jadi, kalau tak ingin ribet, bisa skip dulu untuk peci. Untuk kisaran harga memang rata-rata murah untuk peci. Tapi, bisa coba merek-merek tertentu seperti songkok Awing (Shopee) yang harganya di atas 50 ribu sampai 150 ribu, atau songkok BHS (Shopee) yang harganya bisa sampai 350 ribuan.

– Sajadah

Sajadah ini umum ya, bisa untuk dosen pria atau perempuan. Tidak ribet juga, karena ya memang umum ukurannya. Kisaran harganya juga bervariasi, tapi bisa ambil di rentang 50 sampai 150 ribuan ya agar lebih sipp. Ada merek Aladeen (Shopee), Howel & Co (Shopee), dan merek-merek lainnya. Atau sajadah custom (Shopee) yang bisa print nama di sajadahnya, jadi terkesan lebih spesial untuk sang dosen.

– Tasbih

Tasbih juga bisa dijadikan hadiah yang tidak ribet dan bisa diberikan ke dosen laki-laki maupun perempuan. Kisaran harganya yang umum adalah 50 sampai 150 ribu untuk jenis tasbih kaukah/kokka original (Shopee). Namun juga ada yang sampai jutaan. Cocok sekali sebagai hadiah untuk dosen pembimbing yang terlihat seperti dari pondok.

2. Kain Batik

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia dan memang telah menjadi hal umum batik digunakan sabagai hadiah. Lantas mengapa saya lebih menyarankan kainnya saja, bukan yang telagh berbentuk kemeja, atau pakaian jadi lainnya? Tentu saja agar kalian tidak ribet mencari ukuran yang pas dengan dosen kalian. Apalagi untuk dosen perempuan, belum tentu nanti model pakaiannya beliau suka. Jadi, menurut saya memang lebih cocok kain saja, dosen yang bersangkutan juga bisa bebas memanfaatkannya. Kalian bisa memilih kain Batik Pekalongan (Shopee) (kisaran 50 ribuan), Batik Tulis Pamekasan (Shopee) (50 sampai 150 ribu), atau batik khas daerah kalian.

3. Tas

Kalian juga bisa memberikan hadiah kenangan untuk dosen pembimbing berupa tas. Tas ini juga bisa dibilang relatif umum dan tidak terlalu ribet ya. Mungkin kalau untuk dosen pembimbing perempuan dan kalian ingin memberikan tas yang fashionable memang agak butuh memilih modelnya. Untuk tas slempang wanita yang harganya masih terjangkau (di bawah 200 ribuan) ada merek Pamole (Shopee), CEKA (Shopee), HON&YAN (Shopee), Sophie Martin (Sophee), atau merek lain. Sedangkan harga di atas 300 ribuan ada Oneda (Shopee), Palomino (Shopee), Gosh Lunaria (Shopee), Everbest (Shopee), dan banyak lagi. Untuk tas ransel, kalian bisa ambil merek yang umum seperti POLO (Shopee) untuk harga di bawah 300 ribu atau EIGER (Shopee) untuk yang harga di atas 300 ribuan.

4. Dompet

Dompet ini sebenarnya mirip dengan tas ya. Tapi mungkin kisaran harganya ada sedikit di bawah tas secara umum. Beberapa brand yang memproduksi tas biasanya juga memproduksi dompet. Tapi mungkin agar lebih terasa berkesan bisa kalian coba memberikan hadiah dompet custom (Shopee). Biasanya bisa custom nama atau desain grafir di bagian depan dompet. Harganya juga relatif murah, sekitar 80 sampai 150 ribu.

5. SSD atau HDD Eksternal (Hadiah untuk Dosen Pembimbing Milenial)

Nah, ini untuk dosen-dosen yang milenial ya. Biasanya dosen-dosen muda suka dan sepertinya memang butuh penyimpanan eksternal di luar laptopnya. Entah untuk menyimpan berkas-berkas mengajar, tugas mahasiswa, jurnal ilmiah, anime (dosen wibu), drakor (dosen pecinta drakor), atau apapun itu. Nah, jika dospem kalian adalah dosen muda atau masih usia milenial, maka SSD atau HDD eksternal cocok kalian jadikan hadiah kenang-kenangan. Harganya bervariasi ya, tergantung kapasitasnya. Untuk HDD biasanya lebih murah karena memang versi yang sudah agak lampau. Untuk HDD saya sarankan merek WD (Shopee) atau Seagate (Shopee) saja ya. Kisaran harga mulai dari 350 – 800 ribu (320GB – 1TB).

Kalau ingin membelikan yang model SSD, harganya sedikit lebih mahal, akan tetapi lebih bervariasi pilihan kapasitasnya. Saya sarankan ambil merek-merek murah saja, seperti Midasforce (Shopee), RX-7 (Shopee), atau EYOTA (Shopee) saja. Harganya mulai dari 150 sampai 850 ribuan (120GB – 1TB). SSD yang dijual dan murah biasanya SSD internal memang, nanti tinggal ditambah dengan case eksternal sekitar (60 – 80 ribuan) dan pouch (Shopee) seharga 15 ribu agar lebih cantik untuk dijadikan hadiah dosen pembimbing milenial.

6. Pena Parker

Nah, kalau ini hadiah yang bisa menambah kesan elegan dan kharismatik ke penggunanya. Cocok untuk dosen ya, apalagi memang fungsinya juga untuk menulis atau sekadar tanda tangan. Kalian bisa memberikan kenang-kenangan berupa Pena Parker (Shopee) dengan ukiran nama dosen pembimbing kalian. Kisaran harganya 100 sampai 400 ribuan. Sesuaikan dengan budget ya.

7. Jilbab

Jilbab ini untuk dosen perempuan saja ya. Kalian yang cewek sepertinya jauh lebih paham kalau urusan jilbab. Dengan bermacam-macam model yang bisa kalian pilih dan tentukan menyesuaikan budget dan kecocokan.

8. Jam Tangan

Jam tangan atau arloji bisa menjadi hadiah yang berkesan untuk dosen pembimbing karena katanya bisa menambah ketampanan dan kecantikan. Harganya bervariasi tergantung brand ya. Mulai dari yang ecek-ecek banget 50 ribuan, sampai merek-merek terkenal seperti Gucci dkk.

9. Tumbler (Hadiah untuk Dosen Pembimbing Peduli Climate Change)

Nah, untuk tumbler, ini bisa kalian gunakan sebagai pelengkap ya. Tapi jika kalian ingin menjadikan ini sebagai hadiah kenang-kenangan utama, saya sarankan kalian berikan tumbler custom ya. Bisa diberi desain foto atau nama dosen yang bersangkutan. Selain memang berkesan, kalian juga ikut dalam melestarikan alam karena Climate change is real!!!.

Baca juga: Climate Anxiety dan Cara Menanganinya

Sekian dulu untuk rekomendasi hadiah untuk dosen pembimbing yang bisa kalian jadikan referensi ya. Tidak ada salahnya tidak memberikan hadiah kenang-kenangan, namun memberikan saya rasa bagus juga sebagai ucapan terima kasih kepada belian-beliau yang telah membimbing pengerjaan skripsi hingga kalian bisa wisuda.

Visual Design: Design by Ghani

Pentjari retjehan onlen, pengangguran yang berusaha kaya, jelas wibu sejati. Pernah kuliah juga sih, 4 tahun.

Artikel dari Penulis