2 Manfaat Menyetrika Pakaian yang Kalian Wajib Tahu!

menyetrika pakaian

2 Manfaat Menyetrika Pakaian yang Kalian Wajib Tahu! – Siapa di antara kalian yang tidak suka dengan kegiatan menyetrika pakaian?

Kenapa banyak wanita yang tidak suka menyetrika pakaian? Panas? Atau melelahkan?

Kalau kamu termasuk tim suka menyetrika atau enggak, nih?

Mungkin di antara kalian banyak yang berpendapat bahwa kegiatan ini hanya membuat badan terasa sangat lelah, tangan pegal, suasana terasa panas hingga membuat kegerahan, dan masih banyak lainnya. Beberapa hal ini tentu membuat kita memutuskan, “lebih baik menyetrika pakaiannya kalau mau pergi saja atau kalau mau dipakai saja.”

Ternyata, banyak sekali di antara kita yang tidak mengetahui bahwa kegiatan menyetrika ini ada manfaatnya. Mungkin memang melelahkan, tetapi manfaatnya baik loh untuk kesehatan. 

Tulisan ini akan membahas 2 manfaat menyetrika pakaian yang wajib kita ketahui. Apa saja sih? Yuk disimak~

Menyetrika Pakaian Dapat Menghilangkan Stres

Kegiatan menyetrika pakaian bisa dikatakan merupakan kegiatan meditasi. 

Apa sih meditasi? Meditasi merupakan kegiatan menenangkan atau menjernihkan pikiran. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membuat diri kita merasa lebih tenang, lebih nyaman, dan tidak terganggu dengan hal-hal negatif. Lebih tepatnya menjauhkan pikiran-pikiran ataupun perasaan-perasaan tidak baik yang hadir di otak maupun hati kita. Biasanya kegiatan meditasi dilakukan dengan cara duduk tenang, memejamkan mata, ataupun olahraga sehat. Namun, ternyata kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan meditasi, loh.

Ketika kalian merasa stres atau sedang lelah pikiran, hati, dan sebagainya, menyetrika pakaian bisa dijadikan solusi untuk menghilangkan stres dan kelelahan tersebut. Ada yang mengatakan bahwa: 

Aktivitas menggerakkan suatu benda berulang, bisa menjadi pengurang stres. Saat Anda memfokuskan pikiran hanya pada apa yang sedang Anda lakukan dan kesadaran, aktivitas yang tadinya terlihat membosankan bisa jadi cara untuk membangun pikiran yang tenang dan bebas stres.

Nah, jadi kegiatan menyetrika baju memang terkadang dinilai sebagai kegiatan yang melelahkan ataupun membosankan. Nyatanya, kegiatan tersebutlah yang dapat membuat kita sedikit demi sedikit menghilangkan rasa jenuh, penat, atau stres yang ada di dalam diri kita. Ketika kamu memfokuskan diri pada kegiatan menyetrika pakaian (mengulangi gerakan pada saat menyetrika), perlahan-lahan kamu sudah berusaha untuk melupakan pikiran-pikiran tidak baik atau stres yang hadir di otak kamu. Ditambah lagi kita akan menjadi lebih bahagia atau lega ketika melihat tumpukan pakaian menjadi lebih rapi.

Yupss, tentu akan terasa menyenangkan bukan ketika selesai menyetrika pakaian? Pakaian menjadi rapi serta otak kalian terasa lebih fresh~

Membakar Kalori

Siapa diantara kalian yang sedang berada di fase ingin menurunkan berat badan?

Ternyata, menyetrika pakaian bisa dijadikan salah satu referensi kegiatan yang bisa kamu lakukan. loh.

Alasannya karena kegiatan menyetrika pakaian bisa membakar banyak kalori, hal tersebut bermanfaat untuk membantu Anda membakar lemak sehingga turun berat badan Anda. Disebutkan bahwa:

kalori yang dikeluarkan saat menyetrika pakaian adalah 4.20 kilo kalori (kcal) per menit. Kurang lebih 126 kcal akan terbakar selama 30 menit.”

Mungkin menyetrika akan membuat kalian merasa kelelahan, tetapi nyatanya lelahnya kalian akan membuat diri kalian perlahan-lahan membakar kalori yang ada di tubuh. Membakar kalori pun mencegah diri kalian terkena penyakit. Jadi, menyetrika baju merupakan kegiatan yang tidak ribet dan hanya dilakukan di dalam rumah. Selain bermanfaat karena membuat pakaian menjadi lebih rapi, ternyata bisa membuat kita menurunkan berat badan. Untuk kalian yang sedang berada di fase diet ataupun ingin menurunkan berat badan. Bisa kalian coba, ya!

Kedua manfaat di atas semoga memberikan pencerahan bagi kita agar tidak terlalu bermalas-malasan. Karena nyatanya ada manfaat yang baik untuk diri kita ketika kita melakukan kegiatan tersebut. Semoga bermanfaat yaa~

Editor: Widya Kartikasari

Bagikan di:
Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Si pecinta es batu.

Artikel dari Penulis