Tips Menjuarai Kompetisi Menulis

Tips Menjuarai Kompetisi Menulis – Kompetisi kepenulisan merupakan ajang menyampaikan ide dan gagasan terhadap suatu tema yang telah ditentukan. Dengan mengikuti kompetisi menulis, kita bisa melatih skill kepenulisan dan sudut pandang yang kita miliki.

Namun, tidak selalu artikel yang kita tulis bisa menjuarai sebuah kompetisi kepenulisan, kita perlu menerapkan metode yang tepat untuk bisa memenangkannya.

Kamu sering mengikuti lomba maupun kompetisi menulis, tapi masih sering kalah dan ingin sekali menjadi juaranya. Berikut ini tips supaya kamu bisa menjuarai kompetisi menulis yang kamu ikuti, yuk simak penjelasannya.

1. Tulis Artikel Sesuai Tema

Menulis artikel sesuai tema merupakan faktor awal untuk membuat tulisan kamu masuk ke kategori layak untuk ikut serta dalam sebuah perlombaan dan masuk penilaian dewan juri.

Jika artikel yang kamu tulis tidak sesuai dengan tema yang disediakan atau melenceng jauh, maka juri akan memberikan penilaian minim terdapat artikel yang kita ikut sertakan pada lomba.

2. Berikan Data yang Akurat dan Faktual

Memuat data berupa infografis dan statistik dari sumber yang terpercaya pada artikel yang kamu tulis bisa memberikan nilai tambah pada saat penilaian.

Pemberian data pada sebuah artikel akan membuat artikel yang kamu tulis lebih berbobot dan sistematis. Selain itu jangan menulis secara asal dan mencomot data dari sumber yang “tidak kredibel”.

3. Pahami Syarat Kompetisi

Seringkali kamu terjatuh bukan karena batu yang besar melainkan karena “kerikil” kecil yang kamu injak. Seperti halnya jika terdapat syarat format kepenulisan yang sudah ditentukan dan harus menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan penggunaan PUEBI yang baik, sangat perlu kamu perhatikan dalam mengikuti sebuah kompetisi menulis.

Misalkan saja pada kompetisi menulis disyaratkan supaya artikel ditulis dengan 700 kata dan maksimal 1200 kata, maka setidaknya kamu harus menulis artikel minimal 700 kata.  Jangan sampai artikel yang kamu tulis kurang atau melebihi batas maksimal perlombaan, karena panitia sebuah perlombaan akan menyeleksi semua artikel yang diperlombakan secara ketat. Jangan sampai kamu kalah hanya karena masalah yang remeh seperti ini.

4. Memiliki Sudut Pandang Tajam

Ketika kamu menulis suatu tema untuk sebuah kompetisi kepenulisan, kamu perlu menuliskannya dengan sudut pandang yang out of the box, berbeda dengan yang  umum digunakan atau bisa dikatakan menulis artikel “anti mainstream”.

Tulisan yang argumentatif  namun solutif serta ditulis dengan memberikan sudut pandang yang tajam menyoroti topik ataupun tema bahasan akan membuat juri tertarik dengan artikel kamu, dan bisa saja artikel yang kamu tulis menjuarai kompetisi.

5. Bertawakal Kepada-Nya

Orang sering lupa bahwa alam semesta merupakan ciptaan Allah SWT dan hanya kepada-Nya kita memohon dan meminta.

Setelah kamu menulis artikel untuk diperlombakan secara maksimal dan benar -benar merasakan bahwa artikel kamu sudah bagus dari segi bahasa, data, dan sistematika kepenulisan. Langkah selanjutnya adalah bertawakal atau berserah diri dan berdoa kepada Allah SWT.

Ikhtiar kamu dengan menulis tulisan tersebut dan dibarengi dengan tawakal kepada-Nya merupakan kunci sukses keberhasilan menjadi juara. Berdoa merupakan media komunikasi transendental seorang hamba dengan Tuhannya. Itulah lima tips agar kamu bisa menjuarai kompetisi kepenulisaan. Dengan banyaknya pengalaman dan belajar dari kesalahan akan membuat kamu tertempa menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Merupakan mahasiswa tingkat akhir di salah satu PTN yang gemar menuangkan buah pikirannya kedalam tulisan. Blogger dan juga Web Developer sejak 2014. Pemuda yang setiap tanggal 21 selalu ‘hunt food’ dan ‘feel better’ karena gajian dari Google AdSense mendarat. Sedang berusaha produktif dalam menulis di beberapa media. Senang beretorika, membaca, menulis dan suka kamu! Iya, Kamu.

Artikel dari Penulis