Rekomendasi Hiburan yang Dapat Meningkatkan Semangat Menulis

Rekomendasi Hiburan yang Dapat Meningkatkan Semangat Menulis

Apakah kalian termasuk orang yang harus melakukan beberapa hal agar semangat saat menulis? Misalnya seperti makan, minum, atau harus menunggu disemangatin sama ayank?

Memang beberapa hal tadi dapat membuat kalian semangat. Namun, jika dilakukan berlebihan atau sembarangan tentu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Terkadang semangat memang sangat dibutuhkan untuk menulis. Jika tidak  ada semangat saat menulis juga dapat membuat hasil tulisan tidak bagus. Jangan lupa juga untuk menghindari beberapa dampak negatif, yaitu jangan terlalu berlebihan dalam melakukan setiap hal.

Ada beberapa hiburan yang dapat kalian lakukan agar selalu semangat saat menulis. Kalian bisa melakukan salah satu atau semuanya. Setiap orang memiliki hiburan yang berbeda-beda untuk dilakukan. Berikut ini adalah hiburan yang dapat kalian lakukan agar semangat saat menulis. Rekomendasi ini hanya sebagai pendukung jika kalian merasa bosan saat menulis.

1. Menulis di tempat yang nyaman

Menulis di tempat yang nyaman dapat menjadi salah satu hiburan yang dapat kalian gunakan untuk meningkatkan semangat menulis. Tempat yang nyaman bisa berupa kafe, kamar pribadi, ruangan terbuka, atau bisa juga di tempat-tempat indah seperti gunung maupun pantai. Hal ini dapat membuat kalian menjadi lebih semangat menulis.Akan tetapi juga jangan lupa untuk menulis, jangan malah keenakan di tempat tersebut sampai lupa tujuan untuk menulis.

Baca juga: Hobi Menulis? Ini 5 Karir yang Paling Cocok untuk Kamu, Yuk Simak!

2. Mendengarkan motivasi

Mendengarkan podcast atau pun musik untuk memotivasi menulis juga dapat kalian lakukan. Kalian juga dapat melihat berbagai macam video motivasi di YouTube. Hal ini akan membantu kalian untuk menulis dengan lancar dan menambah semangat. Motivasi akan berguna jika diiringi dengan tindakan. Maka dari itu, jangan hanya mendengarkan, jangan lupa untuk menulis, dan lakukan dengan semangat.

3. Minum dan makan camilan

Selanjutnya tentu saja adalah makan dan minum sudah menjadi hiburan yang dapat menemani dan memberi semangat saat menulis. Kalian bisa menulis dengan ditemani segelas kopi, teh, susu, ditambah dengan biskuit atau gorengan. Ini tentu akan membuat kalian lebih bersemangat dan tidak mengantuk saat menulis.

4. Membeli barang kesukaan

Membeli barang kesukaan yang dimaksud di sini adalah seperti membeli aksesori meja belajar, mainan miniatur, foto penulis favorit, lukisan, atau tulisan-tulisan motivasi. Hal ini dapat membuat kalian lebih nyaman dan lebih bersemangat saat menulis. Atau kalian juga bisa membuat rak buku yang dapat kalian letakkan di dekat tempat menulis. Barang-barang tersebut akan membuat kalian merasa nyaman, sehingga meningkatkan semangat yang ada pada diri kalian.

5. Menonton film

Menonton film dapat meningkatkan semangat kalian, serta dapat kalian jadikan self-reward saat tulisan kalian sudah selesai. Apalagi jika yang ditonton adalah film dengan tema kepenulisan. Tentunya akan menambah rasa percaya diri dan menambah inspirasi bagi kalian. Jangan keliru untuk menonton film saat sedang menulis, karena itu malah akan membuat kalian berhenti dan tidak semangat menulis.

Baca juga: Nonton Film: Self Healing Mandiri dengan Cara Paling Asik

6. Membaca buku

Membaca buku menjadi salah satu hiburan yang sangat bermanfaat. Jika kalian merasa bosan di tengah jalan saat menulis, kalian dapat meluangkan waktu untuk membaca. Kalian bisa membaca buku fiksi, buku motivasi, maupun artikel populer di berbagai media online. Setidaknya, membaca dapat menghilangkan rasa bosan dan meningkatkan semangat kalian.

7. Jalan-jalan

Rekomendasi yang terakhir adalah jalan-jalan atau bepergian sebentar untuk menghirup udara segar atau sekadar melepas rasa bosan. Hal ini bisa kalian lakukan di taman, sawah, atau berjalan sebentar di sekitar rumah juga dapat membantu mengembalikan semangat menulis. Ini juga berguna agar kalian cukup bergerak dan tidak terpaku di depan laptop saat menulis. Jalan-jalan juga baik untuk kesehatan.

Itulah beberapa rekomendasi hiburan yang dapat kalian lakukan agar lebih semangat lagi saat menulis. Hiburan di sini hampir sama dengan yang namanya gangguan saat menulis. Contohnya seperti bermain media sosial, tentu ini bisa dijadikan hiburan, tetapi juga bisa menjadi gangguan. Apabila bermain media sosial tersebut lebih lama dan tidak terlalu bermanfaat daripada menulis, alangkah lebih baik kalian menghindarinya. 

Usahakan untuk menulis tanpa harus menunggu semangat muncul, karena jika terlalu lama menunda menulis hanya karena menunggu semangat, waktu kalian akan terbuang percuma. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian, terima kasih.

Editor: Widya Kartikasari
Illustrator: Natasha Evelyne Samuel

Seorang gamer yang pensi karena sadar akan pentingnya membaca dan menulis. Mencari arti kata kebahagiaan, merangkak menjadi seorang podcast enjoyer juga.

Artikel dari Penulis