Wisata Banyuwangi yang Dekat dengan Stasiun

Wisata Snorkeling Banyuwangi pulau menjangan dan Tabuhan

Berkunjung ke Banyuwangi Naik Kereta? Berikut Wisata Banyuwangi yang Dekat dengan Stasiun – Keberagaman wisata di Banyuwangi mudah dijangkau dengan kereta api, karena stasiunnya tersebar di berbagai daerah. Kedekatan wisata dengan stasiun menjadikan Banyuwangi pilihan strategis untuk healing. Bagi kalian pecinta kereta yang ingin menyegarkan diri, kunjungi wisata dekat stasiun di Banyuwangi berikut ini.

Wisata Banyuwangi yang Dekat dengan Stasiun Sumberwadung

Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir memang terletak tidak jauh dari Stasiun Sumberwadung di Banyuwangi. Jaraknya sekitar 5 kilometer atau sekitar 15 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Air terjun ini merupakan wisata alam yang populer di Banyuwangi karena keindahannya dan aksesnya yang mudah. 

Untuk mencapai Air Terjun Jagir dari Stasiun Sumberwadung, kalian bisa menggunakan ojek, taksi, atau menyewa motor. Selain itu, kalian juga bisa berjalan kaki, namun jaraknya cukup jauh dan medannya sedikit menanjak. Untuk masuk ke kawasan Air Terjun Jagir, kalian akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang. Jam buka objek wisata ini adalah dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Wisata Petik Kopi Arabica

Beberapa destinasi Petik Kopi Arabica dapat kalian datangi:

1. Kebun Kopi Kalibendo

Lokasi: Desa Kalibendo, Kecamatan Kalibendo, Banyuwangi

Jarak dari Stasiun Sumberwadung: Sekitar 12 kilometer

Jam buka: 24 jam

Harga tiket: Rp 10.000,- per orang

2. Kebun Kopi Ranti

Lokasi: Desa Gombengsari, Kecamatan Kalibendo, Banyuwangi

Jarak dari Stasiun Sumberwadung: Sekitar 15 kilometer

Jam buka: 08.00 WIB – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 20.000,- per orang

3. Kebun Kopi Kayutangan

Lokasi: Desa Kayutangan, Kecamatan Sempu, Banyuwangi

Jarak dari Stasiun Sumberwadung: Sekitar 20 kilometer

Jam buka: 08.00 WIB – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 15.000,- per orang

Wisata Banyuwangi yang Dekat dengan Stasiun Kalibaru

Gunung Gumitir

Gunung Gumitir terletak dekat dengan Stasiun Kalibaru. Jarak antara Gunung Gumitir dengan Stasiun Kalibaru hanya sekitar 7 kilometer. Gunung Gumitir merupakan gunung berapi yang tidak aktif dengan ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan udaranya yang sejuk.

Untuk mencapai Gunung Gumitir dari Stasiun Kalibaru, kalian bisa menggunakan ojek, taksi, atau menyewa motor. Kalian juga bisa berjalan kaki, namun jaraknya cukup jauh dan medannya sedikit menanjak. Di Gunung Gumitir, kalian bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, camping, dan menikmati pemandangan alam.

Kampung Coklat Glenmore

Kampung Coklat Glenmore adalah sebuah agrowisata yang terletak di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Agrowisata ini terkenal dengan produk coklatnya yang berkualitas tinggi dan telah diekspor ke berbagai negara.

Harga Tiket Masuk Kampung Coklat Glenmore untuk dewasa adalah Rp 10.000,- sedangkan untuk anak-anak Rp 5.000,-. Kampung Coklat Glenmore buka setiap hari: 08.00 WIB – 17.00 WIB. Jika dari Stasiun Kalibaru, kalian bisa naik ojek atau taksi menuju Kampung Coklat Glenmore.

Wisata Banyuwangi yang Dekat dengan Stasiun Kalisetail

Wisata Petik Buah Naga dan Jeruk

Beberapa lokasi wisata petik buah naga dan jeruk yang bisa kalian datangi.

Wisata Petik Buah Naga

Kebun Buah Naga Desa Tembokrejo: Desa Tembokrejo terkenal dengan kebun buah naganya yang luas. Di sini, kalian bisa memetik buah naga langsung dari pohonnya dan menikmati kesegarannya.

Kebun Buah Naga Desa Sumbersari: Desa Sumbersari juga terkenal dengan kebun buah naganya yang luas. Di sini, kalian bisa belajar tentang budidaya buah naga dan mencicipi berbagai jenis buah naga.

Wisata Petik Jeruk

Kebun Jeruk Desa Karangbendo: Desa Karangbendo terkenal dengan kebun jeruknya yang luas. Di sini, kalian bisa memetik jeruk langsung dari pohonnya dan menikmati kesegarannya. 

Kebun Jeruk Desa Sidorejo: Desa Sidorejo juga terkenal dengan kebun jeruknya yang luas. Di sini, kalian bisa belajar tentang budidaya jeruk dan mencicipi berbagai jenis jeruk.

Harga tiket masuknya bervariasi, mulai Rp. 25.000 dan tergantung pada kebun yang kalian kunjungi. Untuk jam buka, kebun buah naga dan jeruk biasanya buka dari pagi hingga sore hari. Kalian bisa naik ojek, taksi, atau menyewa motor dari Stasiun Kalisetail menuju kebun buah naga dan jeruk.

Wisata Banyuwangi yang Dekat dengan Stasiun Banyuwangi Kota

Pantai Cemara

Pantai Cemara adalah pantai yang terletak paling dekat dengan Stasiun Banyuwangi Kota. Pantai ini terkenal dengan deretan pohon cemara yang rindang dan hamparan pasir putih yang luas. Di sini, kalian  bisa bersantai di bawah pohon cemara, berenang di laut, atau bermain pasir. Lokasinya berada di Dusun Rowo, Kelurahan Pakis, Kecamatan Kabat, Banyuwangi. Jarak dari stasiun Banyuwangi Kota sekitar 4 kilometer. Untuk masuknya masih gratis, mungkin kalian hanya perlu membayar biaya parkir dan tentunya buka 24 jam.

Desa Adat Osing Kemiren

Desa Adat Osing Kemiren terletak cukup dekat dengan Stasiun Banyuwangi Kota. Jarak antara kedua tempat tersebut adalah sekitar 9 kilometer.

Desa Adat Osing Kemiren adalah sebuah desa wisata yang masih menjaga tradisi dan budaya leluhur suku Osing. Di sini, kalian bisa melihat kehidupan masyarakat suku Osing yang masih sederhana dan alami.

Beberapa hal menarik yang bisa kalian temukan di Desa Adat Osing Kemiren: Rumah adat Osing, upacara adat Osing, kesenian tradisional Osing, makanan tradisional Osing. Untuk harga tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang dan jam bukanya setiap hari mulai 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Rute menuju lokasi yang pertama, Anda bisa naik ojek, taksi, atau menyewa motor dari Stasiun Banyuwangi Kota menuju Desa Adat Osing Kemiren. Atau memakai cara yang kedua, kalian bisa naik angkutan kota dengan jurusan Kalibaru dan turun di pertigaan Desa Kemiren. Dari sana, kalian bisa berjalan kaki atau naik ojek selama beberapa menit untuk mencapai Desa Adat Osing Kemiren.

Pantai Boom

Pantai Boom adalah pantai yang terletak di pusat kota Banyuwangi. Pantai ini terkenal dengan landmark ikoniknya, yaitu sebuah monumen berbentuk belati. Di sini, kalian bisa bersantai di taman, menikmati pemandangan laut, atau mencicipi kuliner khas Banyuwangi. Lokasinya terletak di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi. Jarak dari stasiun Banyuwangi Kota sekitar 5 kilometer. Bukanya 24 jam, sedangkan untuk harga tiketnya gratis (mungkin kalian akan dikenai harga parkir saja).

Wisata Banyuwangi yang Dekat dengan Stasiun Ketapang

Bangsring Underwater

Bangsring Underwater terletak cukup dekat dengan Stasiun Ketapang Banyuwangi. Jarak antara kedua tempat tersebut adalah sekitar 4 kilometer. Bangsring Underwater adalah sebuah objek wisata bahari yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Di sini, kalian bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, diving, dan melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang.

Harga tiket masuk Bangsring Underwater untuk dewasa Rp 10.000,- dan untuk anak-anak Rp 5.000,-. Jam buka Bangsring Underwater adalah setiap hari pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB. Rute menuju Bangsring Underwater, kalian bisa naik ojek, taksi, atau menyewa motor dari Stasiun Ketapang Banyuwangi menuju Bangsring Underwater.

Pantai Watudodol

Pantai Watudodol terletak cukup dekat dengan Stasiun Ketapang Banyuwangi. Jarak antara kedua tempat tersebut adalah sekitar 2 kilometer. Pantai Watudodol adalah pantai yang terkenal dengan keindahan pasirnya yang berwarna hitam dan ombaknya yang tenang. Di sini, kalian bisa bersantai di tepi pantai, berenang di laut, atau bermain pasir. Pantai di Banyuwangi ini tidak kalah indah dibandingkan dengan pantai lain seperti pantai di Malang atau pantai di Pacitan.

Harga tiket masuk Pantai Watudodol untuk dewasa Rp 5.000,- dan untuk anak-anak Rp 3.000,-. Jam buka Pantai Watudodol adalah setiap hari dan 24 jam. Rute menuju Pantai Watudodol kalian bisa naik ojek, taksi, atau menyewa motor dari Stasiun Ketapang Banyuwangi menuju Pantai Watudodol.

Wisata Snorkeling pulau menjangan dan Tabuhan

Wisata snorkeling di Pulau Menjangan dan Tabuhan bisa diakses dari Stasiun Ketapang Banyuwangi.

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan terkenal dengan taman nasionalnya yang indah dan terumbu karang yang masih terjaga. Di sini, kalian bisa melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang masih alami.

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan terkenal dengan airnya yang jernih dan ombaknya yang tenang. Di sini, kalian bisa snorkeling dan melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang indah.

Jarak dari Stasiun Ketapang Banyuwangi ke dermaga terdekat untuk menuju Pulau Menjangan dan Tabuhan adalah sekitar 4 kilometer. Kalian bisa naik ojek, taksi, atau menyewa motor dari Stasiun Ketapang Banyuwangi menuju dermaga.

Bagikan di:
[simple-author-box]

Artikel dari Penulis